Sukses

Ladies, Wajib Tahu! Kista Ovarium Bisa Menyebabkan Perut Kembung

Meskipun kista ovarium bisa tidak menunjukkan gejala, akan tetapi bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang dirasakan. Salah satunya perut terasa kembung. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Perut kembung akibat terlalu kenyang setelah makan atau terlalu banyak minum. Namun, bagaimana bila Anda perhatikan, kondisi perut semakin lama semakin terasa tidak nyaman? Apakah harus dicurigai dan memeriksa kesehatan?

Jawabannya, tentu saja iya. Khususnya bagi para perempuan, Anda patut curiga karena bisa saja kondisi ini disebabkan oleh kista ovarium. Mungkin Anda berpikir kalau kista ovarium sangat mudah dideteksi dan punya gejala tertentu, kan?

Namun, sebenarnya tidak selalu begitu. Kista ovarium, kantung kecil yang dapat terbentuk di dalam atau di dalam ovarium (dua kelenjar seukuran almond di kedua sisi rahim), merupakan hal yang umum terjadi—dan seringkali datang dan pergi tanpa tanda atau gejala sama sekali. Namun di lain waktu, kista ovarium menyebabkan perut kembung dan gejala tidak nyaman lainnya.

Tentu saja, kembung memiliki banyak penyebab, mulai dari apa yang Anda makan hingga siklus menstruasi Anda. Namun, jika Anda merasa lebih kenyang dari biasanya—dan terutama jika rasa kenyang itu disertai rasa sakit—penting untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit seperti kista ovarium.

Inilah yang perlu diketahui tentang kista ovarium dan kembung, dan apakah kista bisa menjadi penyebab perut Anda membuncit.

Apa Itu Kista Ovarium?

Dikutip dari HealthCentral, Jumat (5/1/2024), selama setiap siklus menstruasi, setiap ovarium membentuk kantung berisi cairan yang disebut folikel atau kista. Saat Anda berovulasi, kista tersebut pecah dan melepaskan sel telur, jelas Lewis Lipscomb, M.D., dokter kandungan-ginekolog (OB/GYN) di Novant Health Triad Obstetrics & Gynecology di Winston Salem, NC.

“Sekitar masa ovulasi, seorang wanita mungkin merasa 'kembung' dan merasa tidak nyaman di area panggulnya,” katanya.

Itu karena perubahan hormonal yang menyebabkan retensi air sepanjang siklus Anda. Dalam kasus ini, kista tidak menyebabkan kembung, melainkan terjadi secara bersamaan dan keduanya terkait dengan menstruasi.

Namun, terkadang kista terbentuk karena alasan lain selain siklus menstruasimu. "Misalnya, kista ovarium dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan seperti endometriosis atau kista ovarium dapat terbentuk ketika berbagai jenis jaringan berkumpul di ovarium Anda," kata Scott Chudnoff, ketua departemen kebidanan dan ginekologi dan kesehatan wanita di Maimonides Health di Brooklyn, NY.

"Dalam kasus yang jarang terjadi, kista ovarium bisa bersifat kanker," ucap Dr. Chudnoff. Jika Anda merasa menderita kista, Anda harus membuat janji bertemu penyedia layanan kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Empat Jenis Kista Ovarium

“Ada banyak jenis kista ovarium, dan jenis kista ovarium dapat memengaruhi gejala yang mungkin dialami seseorang, termasuk kembung,” kata Dr. Chudnoff.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), hal ini meliputi:

  • Cystadenomas

Suatu jenis tumor jinak yang dapat terbentuk di permukaan luar ovarium. Ini bisa tumbuh sangat besar, meski tidak berbahaya.

  • Endometrioma

Kista yang berhubungan dengan endometriosis.

  • Functional cysts

Jenis kista ovarium yang paling umum. Ini biasanya tidak menimbulkan gejala dan hilang dengan sendirinya dalam 6 hingga 8 minggu.

  • Kista teratoma (alias dermoid)

Tumor jinak yang berisi jaringan (seperti kulit atau rambut). Ini bisa berupa sesuatu yang Anda miliki sejak lahir atau sesuatu yang tumbuh. Dalam kasus yang jarang terjadi, mereka bisa menjadi kanker.

3 dari 4 halaman

Kenapa Kista Ovarium Bisa Sebabkan Kembung?

Beberapa jenis kista, termasuk yang berhubungan dengan kanker ovarium, menghasilkan hormon seperti estrogen, progesteron, testosteron, dan hormon perangsang tiroid. Terkadang kista dermoid juga dapat menghasilkan beberapa hormon.

“Salah satu dari hormon-hormon ini dapat berdampak pada fungsi usus dan menyebabkan kembung,” jelas Dr. Chudnoff.

Jenis kista lain, seperti kista hemoragik, endometrioma, dan kista dermoid dapat mengeluarkan darah atau cairan, yang selanjutnya dapat memengaruhi fungsi usus dan menyebabkan kembung. Selain itu, ukuran kista merupakan faktor penyebab kembung.

“Umumnya, semakin besar kista, semakin besar kemungkinan kista tersebut menyebabkan gejala lain, seperti kembung atau ketidaknyamanan lainnya,” jelas Dr. Chudnoff.

Selain itu, kondisi kesehatan termasuk endometriosis dan polycystic ovary syndrome (PCOS) juga dapat menyebabkan kista ovarium dan gejala seperti kembung.

"Dalam kasus ini, gejalanya kemungkinan besar lebih terkait dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya dibandingkan kista itu sendiri," catat Dr. Chudnoff.

Lalu di mana tepatnya Anda akan melihat gejala jika kista ovarium yang menyebabkan kembung dan kram?

"Kista biasanya mempengaruhi area perut bagian bawah dan Anda mungkin melihat lebih banyak perubahan di satu sisi dibandingkan sisi lainnya, tergantung pada lokasi kista," kata Devora Aharon, ahli endokrinologi reproduksi, spesialis infertilitas, dan OB/GYN di RMA New York.​

4 dari 4 halaman

Gejala Lain Kista Ovarium

Meskipun beberapa kista tidak memiliki gejala, kista lainnya juga dapat menyebabkan kembung dan gejala lainnya, lapor MedlinePlus. Ini mungkin termasuk:

  • Sering ingin buang air kecil.
  • Kembung atau bengkak di perut bagian bawah.
  • Kesulitan dalam mengosongkan usus Anda.
  • Merasa kenyang walaupun hanya makan sedikit.
  • Infertilitas.
  • Nyeri saat buang air besar.
  • Nyeri disertai muntah dan/atau mual (ini bisa menjadi tanda ovarian torsion, yaitu ketika ovarium terpelintir sehingga suplai darah terputus atau kista pecah).
  • Menstruasi yang menyakitkan atau siklus yang berat atau lebih ringan dari biasanya.
  • Nyeri panggul yang terus-menerus, pegal, terjadi saat bergerak, atau berhubungan seks.
  • Bercak atau berdarah.
  • Bertambahnya berat badan​.

Cara Mendiagnosis Kista Ovarium

Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut dan merasa mungkin menderita kista ovarium, ada baiknya Anda membuat janji temu dengan penyedia layanan kesehatan yang dapat mengetahui riwayat kesehatan lengkap.

"Dari sana, kista ovarium dapat didiagnosis melalui pemeriksaan panggul dan pemeriksaan pencitraan, biasanya USG," kata Dr. Lipscomb.

"Seandainya kista Anda berisi komponen padat atau tidak beraturan (dibandingkan cairan), dokter Anda mungkin akan meminta MRI untuk mengevaluasinya," kata Dr. Aharon. Komponen padat mungkin merupakan tanda adanya kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.