Sukses

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Akhir Pekan untuk Merasa Lebih Bahagia

Akhir pekan merupakan kesempatan yang baik untuk mempraktikkan kebahagiaan, berikut 5 hal menyenangkan untuk membuat akhir pekanmu lebih bahagia!

Liputan6.com, Jakarta - Bila kamu menganggap kebahagiaan sebagai sebuah praktik, bukan sebuah keadaan yang harus dicapai secara permanen, kamu mungkin menemukan bahwa ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan. Namun, seperti praktik lainnya, dibutuhkan waktu dan fokus untuk membangun landasan yang kuat dari rasa bahagia. Oleh karena itu, penting bagimu untuk membuat rencana akhir pekan dalam menjaga kesejahteraan hidupmu.

Adanya waktu luang, seperti weekend merupakan kesempatan yang baik untuk mempraktikkan kebahagiaan dengan memprioritaskan hal-hal yang kamu sukai dan memaksimalkan pemulihan. Faktanya, para ahli kesehatan mental mengatakan bahwa beberapa kebiasaan akhir pekan adalah hal yang umum dilakukan oleh orang-orang yang bahagia.

Melansir dari halaman Best Life pada Kamis (28/11/23), terdapat beberapa hal menyenangkan yang dapat kamu lakukan untuk mengisi akhir pekan. 

1. Quality Time Bersama Orang yang Dicintai

Untuk menciptakan kebahagiaan, segelintir orang pasti akan memilih untuk terhubung dengan teman dan orang-orang terkasih, seperti keluarga atau pasangan. Kamu bisa melakukan quality time sambil makan malam yang dapat menambah perasaan mewah dan mengurangi lelah.

Menikmati makan malam bersama beberapa teman dekat atau keluarga memungkinkan terjadinya percakapan yang lebih dalam dan bermakna daripada sekadar bersosialisasi dengan banyak orang tanpa tujuan. Hal ini akan membantu kamu untuk saling mengejar ketertinggalan dan menciptakan rasa kebersamaan.

2. Perawatan Diri

Setelah melalui satu minggu yang panjang dan sibuk, sebagian orang mengetahui bahwa penting menyediakan waktu untuk mempraktikkan perawatan diri. Hal ini bisa termasuk olahraga, membaca buku, mandi, pergi ke bioskop, atau apa pun yang dapat memulihkan energi dan mengisi hari-harimu agar lebih menyenangkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menyiapkan Rencana untuk Minggu Depan

Bila kamu merasa tres selama lima dari tujuh hari dalam seminggu, tidak peduli seberapa memulihkannya akhir pekanmu, kamu akan tetap merasa kesal. Itulah sebabnya para ahli mengatakan bahwa orang yang paling bahagia biasanya menghabiskan sebgian akhir pekannya untuk merencanakan minggu yang akan datang. Hal ini bisa melibatkan penetapan tujuan, menyiapkan makanan atau mengatur pekerjaanmu.

Dengan mengesampingkan hal-hal di masa depan, kamu akan merasa lebih tenang dan lebih siap menghadapi minggu depan. Namun, jangan menghabiskan seluruh akhir pekan dengan fokus pada masa depan. Kamu juga harus menikmati waktu akhir pekanmu.

4. Eksplor Hal-hal yang Memberimu Tujuan

Tidak ada aktivitas akhir pekan yang bisa membuat semua orang bahagia. Kuncinya ialah mencari tahu aktivitas mana yang memberimu tujuan, lalu buatlah rencana akhir pekan berdasarkan aktivitas tersebut.

Bila kamu ingin lebih bahagia, mulailah dengan bertanya pada diri sendiri, apakah kamu mengisi ulang tenang sendiri atau bersama orang lain, atau bahkan keduanya?. Kebanyakan dari kamu membutuhkan perpaduan dari kedua hal tersebut. Kemudian, tanyakan pada diriu, apa nilai-nilai dan bagaimana kamu merasa lebih terhubung dan terpenuhi?

3 dari 3 halaman

5. Bermain di Alam

Menghabiskan waktu di luar ruangan adalah aktivitas akhir pekan yang populer di kalangan pecinta alam. Hal ini bukan suatu kebetulan, waktu yang dihabiskan di alam sebenarnya bisa menjadi faktor utama yang mendukung kebahagiaanmu.

Faktanya, sebuah studi tahun 2023 mencatat bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, peserta yang ditugaskan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di alam atau sekadar memperhatikan bagaimana alam sehari-hari yang ditemui dalam rutinitas, membuat mereka merasa memiliki tingkat makna hidup yang lebih tinggi. Pada segelintir orang, peningkatan perasaan bermakna ini berkontribusi pada peningkatan perasaan bahagia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.