Sukses

Sering Dikira Sehat, 7 Camilan Ini Ternyata Tidak Baik untuk Tubuh

Makanan ini sering dianggap lebih sehat, tapi sebenarnya tidak. Apakah ada camilan favorit Anda di dalamnya? Yuk, cek segera!

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang di supermarket, khususnya untuk belanja, pasti Anda akan tergiur dengan etalase makanan sehat yang ditawarkan di sana. Namun sebenarnya, berbelanja makanan sehat itu tidak selalu sesederhana kelihatannya, lho. 

Misalnya saja, makanan yang dianggap sehat tersebut mungkin tidak bermanfaat bagi tubuh Anda seperti yang diharapkan. Sebagai contoh beberapa camilan sehat yang sering Anda konsumsi di sela-sela waktu makan. 

Tentu saja, ngemil di antara waktu makan sebenarnya bisa menawarkan banyak manfaat kesehatan, contohnya menuntaskan rasa lapar dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tetap tercukupi dengan baik.

Meskipun semua makanan dapat dimasukkan ke dalam pola makan seimbang, beberapa camilan tidak sesehat kelihatannya. Baik itu kalori tersembunyi, natrium tinggi, lemak berlebih, atau racun tersembunyi dalam kemasannya, beberapa camilan dapat menggagalkan tujuan kesehatan Anda.

Namun tidak perlu khawatir. Seperti yang sudah dihimpun dari Health, Sabtu (16/12/2023), ada beberapa daftar camilan tidak sehat yang sebaiknya Anda batasi konsumsinya atau makan secukupnya saja. Beberapa daftar di bawah ini mungkin akan membuat Anda sedikit tercengang!

1. Yogurt dengan berbagai rasa

Beberapa orang tidak menyukai plain yogurt, jadi produsen memberikan berbagai pilihan rasa untuk menjadi alternatif yang bagus. Namun, yogurt perasa biasanya mengandung banyak gula tambahan.

Nah, bagi Anda yang tidak menyukai plain yogurt, coba untuk memberikan topping sendiri di rumahSalah satunya dengan menambahkan buah-buahan segar sendiri. Jadi, Anda tetap mendapatkan rasa manis dan manfaat tambahan serat dari buah utuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Makanan beku

Banyak perusahaan menawarkan makanan beku rendah kalori yang bisa dijadikan camilan di antara waktu makan utama Anda. Meskipun kalorinya bisa masuk ke dalam jumlah total harian Anda tanpa perlu khawatir, kandungan natriumnya adalah cerita lain. Makanan beku cenderung mengandung natrium, karena bertindak sebagai pengawet, sehingga makanan tetap segar sampai disiapkan.

Dietary Guidelines for Americans yang terbaru merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram natrium setiap hari. Satu kali makan kecil, yang bahkan mungkin tidak memuaskan rasa lapar Anda, mungkin mencakup setengah dari asupan natrium harian Anda yang direkomendasikan.

Jika makanan cepat saji dapat membantu Anda tetap pada jalurnya, pertimbangkan memasak dalam jumlah banyak dan membekukan porsi individu untuk digunakan nanti. Dengan cara ini, Anda mengontrol bahan dan jumlah natrium yang digunakan.

3. Trail mix

Trail mix sering kali diiklankan sebagai camilan bergizi, dan hal ini bisa terjadi jika dimakan dalam jumlah sedang. Trail mix merupakan camilan padat nutrisi, artinya mengandung banyak kalori dalam porsi kecil. Tiga ons campuran makanan ringan, atau segenggam kecil, bisa menyediakan hampir 400 kalori.

Mengingat segenggam kecil kemungkinan besar tidak akan memuaskan rasa lapar Anda, kalori tersebut dapat bertambah dengan cepat dan menggagalkan tujuan kesehatan terutama yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Sebagai gantinya, pertimbangkan segenggam mixed nuts. Mereka dapat menyediakan protein dan lemak sehat, serta bebas dari permen dan kismis.

3 dari 4 halaman

4. Pretzel

Meskipun pretzel tampak sehat, tapi sebenarnya camilan tersebut tidak memberikan banyak manfaat nutrisi. Satu ons pretzel mengandung lebih dari 100 kalori dan 300 miligram (mg) natrium. Jika Anda mendambakan camilan renyah, pertimbangkan sayuran segar dan hummus.

5. Rice cake atau kue beras

Selama bertahun-tahun, kue beras telah mendapatkan reputasi sebagai camilan sehat dan rendah kalori. Namun, kue beras dibuat dengan olahan nasi putih, yang berarti rendah serat dan nutrisi penting lainnya.

Dan tanpa banyak kandungan protein, makanan ini dapat dengan cepat meningkatkan gula darah Anda dan menyebabkan penurunan gula yang parah. Selain itu, jika Anda mengonsumsi pilihan kue beras yang diberi rasa, Anda mungkin juga mengonsumsi natrium dan gula berlebih. Sebagai gantinya, cobalah sepotong roti panggang gandum dengan olesan selai kacang dan irisan pisang.

4 dari 4 halaman

6. Minuman olahraga

Minuman olahraga atau sport drink biasanya dikaitkan dengan aktivitas fisik. Meskipun dapat membantu menggantikan elektrolit penting setelah latihan keras, banyak dari kita tidak memerlukan rehidrasi yang intens. Banyak minuman olahraga yang mengandung gula dan kalori serta tidak menawarkan banyak manfaat nutrisi lainnya. Sebaliknya, pilihlah air yang bagus.

7. Protein bar

Protein bar bisa menjadi cara terbaik untuk mendukung pemulihan otot, tapi tidak semua protein diciptakan sama. Sebagai contoh, beberapa protein bar mengandung protein susu seperti kasein dan whey, sementara yang lain menggunakan protein nabati seperti kedelai, beras merah, dan kacang polong. Masing-masing menawarkan manfaat kesehatan, tapi profil asam aminonya akan berbeda, begitu pula daya cernanya.

Dan sayangnya, meskipun tampak sehat, sebagian besar protein bar mengandung bahan-bahan yang diproses sebagai ultra processs food seperti sirup jagung fruktosa tinggi, yang dapat menyebabkan disregulasi metabolisme, dan minyak inti sawit yang difraksionasi, yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Singkatnya, semakin banyak kalori dan semakin banyak protein batangan, semakin banyak pula kalori yang dikonsumsi. gram gula yang dikandungnya, semakin menyerupai permen batangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.