Sukses

Lakukan Ini Untuk Meningkatkan Asupan Vitamin D yang Dibutuhkan Tubuh

Berikut ini hal-hal yang dapat dlakukan untuk meningkatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang dikatakan banyak dokter kepada Anda, pola makan sehat yang kaya nutrisi dapat mencegah sebagian besar kekurangan vitamin—tidak diperlukan suplemen. Namun, ada beberapa pengecualian terhadap aturan tersebut. 

Secara khusus, sebuah laporan baru mengatakan bahwa banyak orang kekurangan vitamin D, yang biasanya diproduksi di kulit saat terkena sinar matahari. Masalah ini terutama terjadi pada bulan-bulan musim hujan dan awan mendung jarang menangkap sinar matahari.

Meskipun suplemen dapat membantu Anda kembali ke tingkat yang memadai, laporan tersebut menunjukkan bahwa pedoman vitamin D saat ini masih sangat kurang. Ingin tahu bagaimana cara menghindari kekurangan umum ini? Inilah yang harus dilakukan untuk menghindari masalah seperti dihimpun dari Bestlife.

Kekurangan vitamin D dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang, otot, dan jantung

Vitamin D penting untuk pengembangan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Karena membantu tubuh Anda menyerap kalsium, memiliki kadar kalsium yang cukup pada akhirnya dapat membantu mencegah osteoporosis. Vitamin ini juga penting untuk kesehatan otot Anda, karena kalsium membantu kontraksi otot, menurut Cedars Sinai. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa "status vitamin D berkorelasi positif dengan kekuatan otot dan stabilitas postur tubuh."

Kini, laporan baru yang dipresentasikan pada Sesi Ilmiah American Heart Association (AHA) 2023 mengatakan bahwa vitamin D sangat penting bagi individu yang mungkin berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan jantung. Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan tingginya insiden serangan jantung dan stroke, penelitian lain menguatkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebanyakan orang kekurangan vitamin D, kata studi baru

Studi AHA merekrut 632 peserta dengan riwayat serangan jantung atau masalah kardiovaskular lainnya. Mereka membagi kelompok tersebut menjadi dua, memberikan kelompok pertama perawatan standar dan memberikan kelompok kedua suplemen vitamin D yang lebih tinggi. 

Mereka terus memberikan suplemen pada kelompok kedua hingga setiap individu mencapai 40 nanogram vitamin D per mililiter (ng/mL)—yang secara luas dianggap sebagai jumlah optimal.

Pada akhirnya, mereka mengetahui bahwa orang membutuhkan lebih banyak vitamin untuk mencapai tingkat yang memadai dibandingkan standar perawatan yang disarankan. 

Meskipun sebagian besar anak-anak dan orang dewasa direkomendasikan membutuhkan 600 IU vitamin D, para peneliti menetapkan bahwa 51 persen subjek penelitian memerlukan 5.000 hingga 8.000 IU untuk mencapai tingkat tersebut. Lima belas persen peserta membutuhkan lebih banyak lagi—10.000 IU.

 

3 dari 4 halaman

Hal ini dapat berdampak besar pada kesehatan Anda

Penelitian ini masih berlangsung, namun jika temuan ini mengonfirmasi bahwa mencapai 40 ng/mL vitamin D dapat mengurangi risiko masalah kardiovaskular, hal ini dapat mengubah standar perawatan. Dalam hal ini, “dokter harus lebih proaktif dalam menguji dan mengobati kadar vitamin D yang rendah,” kata penulis studi Heidi May, PhD, ahli epidemiologi kardiovaskular di Intermountain Health, kepada New York Post.

Namun, penting juga untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum meningkatkan asupan Anda secara signifikan. Mengonsumsi suplemen yang mengandung terlalu banyak vitamin D bisa menjadi racun dalam kasus yang jarang terjadi. 

Hal ini dapat menyebabkan hiperkalsemia, suatu kondisi di mana terlalu banyak kalsium menumpuk di dalam darah, berpotensi membentuk endapan di arteri atau jaringan lunak. "Hal ini juga dapat mempengaruhi kecenderungan orang yang menderita batu ginjal yang menyakitkan," tulis Harvard Health Publishing.

 

4 dari 4 halaman

Inilah yang harus dilakukan

Mayoritas asupan vitamin D Anda harus tetap berasal dari sinar matahari. Pada hari musim panas yang cerah, Anda hanya membutuhkan sekitar 10 menit paparan sinar matahari langsung untuk mendapatkan cukup sinar matahari. 

Namun, pada hari musim hujan, ketika sebagian besar kulit Anda tertutup, Anda mungkin memerlukan sinar matahari hingga dua jam di wajah Anda untuk mendapatkan jumlah sinar matahari yang sama.

Makanan Anda juga bisa menjadi sumber penting vitamin D. Ikan berlemak, keju, kuning telur, hati, jamur, dan susu yang diperkaya, sereal, dan jus semuanya dapat membantu Anda mencapai jumlah yang disarankan.

Dan terakhir, suplemen dapat membantu Anda menghindari kekurangan vitamin D jika kadar vitamin D Anda rendah (dokter Anda dapat menentukannya melalui tes darah). 

Bicaralah dengan tim perawatan Anda untuk mendiskusikan risiko dan manfaat menaikkan level Anda, dan buatlah rencana yang sesuai untuk Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.