Sukses

Memecahkan Rekornya Sendiri, Meryl Streep Raih Nominasi Baru di Ajang Golden Globe Awards 2024

Lewat perannya dalam serial Only Murders in the Building season 3, Meryl Streep memiliki kesempatan untuk memenangkan Golden Globe.

Liputan6.com, Jakarta Artis senior Meryl Streep tidak henti-hentinya mengukir prestasi. Di mana saat ini, dia menjadi aktor yang mendapatkan nominasi terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan Golden Globes. Dilansir dari Hindustan Times, Rabu (13/12/2023), setelah nominasi Golden Globes ke-81 diumumkan pada hari Senin, rupanya Meryl mendapatkan nominasi lain untuk penampilan terbaik sebagai aktor wanita pendukung.

Nominasi ini berasal dari perannya dalam serial Only Murders in the Building season 3, sehingga jumlah total nominasi yang pernah ia raih menjadi 33 kali pada ajang ini.

Nominasi ke-33 Meryl Streep tiba untuk serial Hulu yang terkenal, di mana ia memainkan peran Loretta Durkin, seorang aktor yang namanya mulai naik, setelah membintangi drama musikal seorang sutradara teater Oliver Putnam (Martin Short), kemudian menjadi kekasihnya untuk mengungkapkan pembunuhan.

Namun, dalam Golden Globes tahun ini, ia akan menghadapi persaingan ketat dalam kategori tersebut dari Elizabeth Debicki (The Crown), Abby Elliott (The Bear), Christina Ricci (Yellowjackets), J. Smith-Cameron (Succession) dan Hannah Waddingham (Ted Lasso).

Meryl sendiri telah memenangkan 9 Golden Globes dalam kariernya selama puluhan tahun. Dia telah dianugerahi penghargaan atas penampilannya dalam The Iron Lady, The French Letnan’s Woman, Angels in America, Adaptation, Julie & Julia, The Devil Wears Prada, Sophie’s Choice, dan Kramer vs. Kramer.

Pada tahun 2017, aktor tersebut memenangkan penghargaan Cecil B. DeMille untuk lifetime achievement pada acara tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta tentang Meryl Streep di Ajang Golden Globes Awards

Dilansir dari Etonline, berikut fakta menarik tentang Meryl Streep dan juga alasan kenapa dia juga dikenal sebagai Queen of the Golden Globes. Yuk, disimak!

1. Mendapatkan nominasi pertamanya pada tahun 1979

Lewat peran pendukung dalam film The Deer Hunter, dia berhasil mendapatkan nominasi Best Actress in a Supporting Role dalam Golden Globes dan menjadi nominasi pertamanya dalam ajang tersebut. Walaupun pada akhirnya, dia kalah dari Dyan Cannon untuk Heaven Can Wait.

Tahun berikutnya, Meryl dinominasikan kembali dan mendapatkan kemenangan pertamanya lewat film Kramer vs Kramer.

2. Memenangkan Golden Globes lebih banyak dari siapa pun

Dengan sembilan kali kemenangan atas namanya, dia menang dua kali lebih banyak dari runner up Jack Lemmon dan Shirley MacLaine. Meryl juga merupakan aktor yang paling banyak dinominasikan dalam sejarah, tentu saja.

3. Hanya ada tiga tahun Meryl tidak masuk nominasi

Hanya ada tiga tahun Meryl tidak masuk nominasi yaitu di 2008. Walaupun sebenarnya dia sebenarnya memiliki banyak film yang memenuhi syarat. Termasuk Dark Matters, Lions for Lambs, dan Rendition; 2011.

3 dari 3 halaman

4. Dinominasikan dalam berbagai kategori di tahun yang sama

Sudah berkali-kali dia mendapatkan nominasi dalam berbagai kategori di tahun yang sama. Pertama kali pada tahun 2003, dalam Best Supporting Actress for Adaptation dan Best Actress in a Drama lewat film The Hours. Dia memenangkan yang pertama.

5. Masuk dalam kedua kategori sebagai Best Actress di tahun yang sama

Pada tahun 2009, dia mendapat nominasi dalam Doubt in Drama dan Mamma Mia! lewat kategori Comedy or Musical. Pada akhirnya, dia kalah dalam keduanya, yang pertama dari Kate Winslet untuk Revolutionary Road dan yang terakhir dari Sally Hawkins untuk Happy-Go-Lucky.

6. Berkompetisi melawan dirinya sendiri di kategori yang sama

Meryl dinominasikan dua kali dalam Best Actress dalam kategori Comedy or Musical pada tahun 2010, untuk Julie & Julia dan It's Complicated. Ini adalah prestasi langka yang dicapai oleh beberapa aktor, termasuk Dennis Hopper dan Leonardo DiCaprio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.