Sukses

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Balikan dengan Mantan Kekasih

Jangan langsung balikan dengan mantan setelah putus, perhatikan lima hal berikut ini terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah putus cinta, mungkin Anda tak langsung melupakan mantan pasangan Anda. Ada saatnya Anda rindu dipeluk oleh pasanganmu, Anda merindukan aroma pasangan Anda, dan Anda merindukan keintiman dengan pasangan Anda.

Perasaan ini begitu kuat sehingga Anda mungkin berada dalam posisi mencari kembali mantan kekasih untuk mencoba berbaikan. Anda mungkin mencoba menyelamatkan hubungan asmara Anda atau Anda mungkin ingin memulai kembali hubungan tersebut. 

Pasalnya,tak sedikit orang yang bisa dengan mudah melupakan masa lalu dan membuka hati untuk orang baru. Sehingga tak jarang orang yang memutuskan untuk kembali ke pelukan mantan kekasih.

Namun sebelum balikan dengan mantan, kamu wajib memperhatikan beberapa hal ini. Dilansir dari Well and Good, Kamis (7/12/2023), berikut ulasannya:

1. Pastikan Anda sedang melalui masa patah hati saat putus cinta

Menjadi sedih dan kesepian setelah putus cinta tidak bisa dihindari. Saat Anda berada di tengah-tengah momen kelam dan menyedihkan, Anda tergoda untuk mengisi kekosongan hanya dengan kembali bersama mantan.

Namun hal ini, kata Rainie Howard, pakar hubungan dan penulis Deciding To Love, jelas bukan ide bagus.

"Sisihkan waktu untuk menyembuhkan diri sendiri dari patah hati yang akan memungkinkan Anda berada dalam ruang yang lebih sehat dan tidak lagi dikendalikan oleh, atau takut terhadap, tindakan orang lain karena prioritas utama Anda adalah menjaga diri sendiri," dia berkata. 

"Beri diri Anda waktu untuk pulih sehingga Anda dapat dengan jelas membuat keputusan terbaik untuk diri Anda sendiri."

Setelah Anda berhasil melewati kesedihan, Anda akan dapat memutuskan secara rasional apakah ini adalah sesuatu yang benar-benar ingin Anda coba lagi atau tidak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pertimbangkan mengapa hubungan kalian berakhir

Saat suatu hubungan berakhir, mudah untuk melihatnya kembali yang berarti Anda mungkin dengan mudah "lupa" bahwa orang tersebut sudah melakukan kesalahan yang membuat Anda ingin mengakhiri hubungan dengannya. 

“Selalu pertimbangkan alasan berakhirnya hubungan,” kata Howard, yang mencatat bahwa ini adalah langkah penting untuk mengevaluasi apakah Anda kembali ke hubungan yang tidak sehat atau tidak. 

Hanya karena waktu telah berlalu, “jangan berasumsi mereka sudah berubah,” tambahnya. Karena jika Anda melakukannya, Anda berisiko mengalami masalah yang sama seperti yang pertama kali membuat Anda putus asa.

3 dari 5 halaman

3. Lakukan secara perlahan

Jangan berharap untuk melanjutkan apa yang Anda tinggalkan sebelumnya. "Perlakukan hubungan ini seperti Anda memperlakukan hubungan baru lainnya. Luangkan waktu Anda dan mulailah perlahan-lahan," kata Howard. 

“Pastikan untuk memiliki batasan dan jangan menurunkan standar Anda karena hubungan Anda di masa lalu dengan mereka.” Jika banyak waktu telah berlalu sejak perpisahan, penting untuk menggunakan periode "lambat" ini sebagai waktu untuk mengenal versi baru (idealnya lebih baik) satu sama lain dan memastikan bahwa Anda benar-benar pasangan yang cocok. 

“Beri tahu mereka bagian-bagian kehidupan Anda yang telah berubah dan berkembang, dan beri mereka waktu untuk mengenal diri Anda yang baru sambil mendengarkan dan mempelajari apa yang baru bagi mereka,” kata Howard.

4 dari 5 halaman

4. Tinggalkan masa lalu

Yang terpenting, saat Anda mulai bergerak move on dalam hubungan Anda, lepaskan semua hal lama. “Fokuslah pada keadaan hidup Anda saat ini dan jangan biarkan diri Anda terus memikirkan masa lalu,” kata Howard.

Lakukan yang terbaik untuk memaafkan, melupakan, dan tetap hadir sehingga Anda dapat mulai membangun sesuatu yang baru dan mungkin bahkan lebih baik daripada yang pertama kali Anda lakukan.

5 dari 5 halaman

5. Ketahui kapan waktunya untuk pergi selamanya

Tidak peduli seberapa besar Anda merindukan mantan, penting untuk diingat bahwa tidak semua hubungan layak untuk ditinjau kembali. Sebelum Anda mulai mengirimkan pesan teks "Aku masih mencintaimu," luangkan waktu untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan sulit, dan pertimbangkan apakah orang ini benar-benar layak mendapat tempat dalam hidup Anda atau tidak. 

“Jika hubungan itu sangat beracun dan penuh kekerasan, bukanlah ide yang baik untuk kembali bersama,” kata Howard.

"Selain itu, jika Anda masih memiliki masalah kepercayaan yang mendalam karena perselingkuhan atau pengkhianatan, mungkin bukan ide yang baik untuk kembali bersama, terutama jika Anda baru saja mengakhiri hubungan yang memilukan." Menjauh mungkin terasa sulit, tapi terkadang, itu yang terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.