Sukses

10 Cara Memanipulasi Orang dengan Teknik Persuasi dalam Ilmu Psikologi

Manipulasi orang lain dengan niat baik dapat dilakukan dengan trik psikologis, inilah 10 cara untuk melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pengalaman hidup, kita sering kali mendapati diri berhadapan dengan jaringan hubungan yang rumit dengan orang lain. Baik dalam kehidupan pribadi, bisnis, atau sekadar diskusi rutin, kemampuan untuk memengaruhi dan terhubung dengan orang lain adalah bakat yang dapat membuka pintu menuju kemungkinan tak terbatas.

Memahami "cara memanipulasi orang" dapat berguna dalam situasi ini. Meskipun biasanya mempunyai arti negatif, manipulasi dapat digunakan untuk menjalin hubungan yang lebih dalam, memicu perubahan revolusioner, dan mengembangkan hubungan jangka panjang.

Apa itu Manipulasi Psikologis?

Manipulasi psikologis adalah jenis eksploitasi psikologis di mana seseorang mencoba memanipulasi pikiran, keyakinan, atau perilaku orang lain. Hal ini memerlukan pemanfaatan emosi dan kelemahan seseorang yang melalui permainan pikiran, penipuan, paksaan, dan jenis pengaruh psikologis lainnya.

Menggunakan psikologi untuk memanipulasi dapat mencapai beberapa tujuan, termasuk mengumpulkan informasi, mendapatkan keuntungan dalam negosiasi, atau sekadar membuat seseorang merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Bisa juga digunakan untuk tujuan yang lebih jahat, seperti mengendalikan, menipu, memberikan perlakuan diam-diam, atau bahkan mengeksploitasinya.

Melansir dari laman Pink Villa, ada 10 cara memanipulasi orang lain menggunakan trik psikologi diantaranya sebagai berikut.

1. Mirroring

Mirroring adalah proses meniru secara halus perilaku dan bahasa tubuh seseorang. Ini adalah teknik ampuh untuk membangun hubungan baik, serta membuat mereka menyukaimu. Dalam skenario ini, teknik manipulasi psikologis seseorang mungkin akan merasakan adanya kemiripan, lalu dia akan lebih mempercayaimu dan melakukan hal yang kamu inginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sanjungan

Sanjungan adalah cara mudah untuk memanipulasi seseorang, membuat mereka merasa nyaman dengan dirinya sendiri melalui pujian. Jika kamu ingin mereka melakukan sesuatu, mulailah dengan membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri.

3. Timbal balik

Timbal balik melibatkan menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai ganti dari sesuatu yang lain. Orang secara alami cenderung membalas bantuan, jadi jika kamu menawarkan sesuatu yang berharga kepada seseorang, kemungkinan besar mereka akan melakukan apa yang kamu inginkan sebagai balasannya.

4. Kewajiban

Kewajiban adalah perasaan berkewajiban terhadap seseorang karena suatu nikmat atau hutang di masa lalu. Orang lebih cenderung melakukan sesuatu jika mereka merasa berhutang budi kepada orang lain. Tawarkan sesuatu yang berharga, dan mereka akan cenderung melakukan apa yang kamu inginkan sebagai balasannya.

3 dari 4 halaman

5. Otoritas

Orang lain akan lebih mungkin melakukan apa yang diinginkan jika kamu terlihat memiliki otoritas atau kekuasaan atas mereka. Itu tip ampuh untuk memanipulasi seseorang. Gunakan bahasa tubuh dan suara untuk memancarkan rasa percaya diri dan kendali. Masyarakat cenderung tidak mempertanyakan seseorang yang memiliki posisi berkuasa.

6. Kelangkaan

Kelangkaan melibatkan penciptaan rasa urgensi atau terbatasnya ketersediaan sesuatu. Trik psikologi gelap ini sering kali membuat orang lebih cenderung bertindak jika mereka merasa kehabisan waktu atau peluang terbatas. Ciptakan rasa urgensi, dan orang-orang akan lebih mungkin melakukan apa yang kamu inginkan.

7. Komitmen

Komitmen melibatkan orang berkomitmen untuk melakukan sesuatu. Orang mungkin menepati komitmennya jika mereka merasa bertanggung jawab terhadap orang lain. Minta mereka untuk menabung, dan kemungkinan besar mereka akan melakukan apa yang kamu inginkan.

4 dari 4 halaman

8. Ketakutan

Ketakutan adalah trik psikologi yang ampuh untuk dimanipulasi. Orang lebih cenderung melakukan apa yang diinginkan, jika mereka takut akan konsekuensi ketika tidak melakukan hal tersebut. Gunakan rasa takut sebagai pilihan terakhir hanya untuk diperlukan.

9. Rasa bersalah

Rasa bersalah adalah emosi kuat yang dapat digunakan untuk memanipulasi orang lain. Orang lebih cenderung melakukan apa yang mereka inginkan jika merasa bersalah karena tidak melakukannya. Gunakan rasa bersalah mereka jika diperlukan.

10. Manipulasi Emosional

Manipulasi emosional adalah menggunakan emosi seseorang untuk membuat mereka melakukan apa yang kamu inginkan. Orang-orang lebih cenderung melakukan sesuatu jika mereka berpindah sebagian besar, teknik manipulasi gelap ini biasanya digunakan dalam cinta. Gunakan emosi positif seperti kegembiraan, kebahagiaan, dan cinta untuk membuat seseorang melakukan apa yang kamu inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.