Sukses

Sejarah Hari Ayah Nasional yang Diperingati Setiap Tanggal 12 November

Penting juga bagi kita untuk mengetahui sejarah Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya tanggal 12 November di Indonesia diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Peringatan ini dibuat sebagai ungkapan kasih sayang dan hormat kepada sosok ayah. 

Seperti yang kita tahu, tak hanya ibu sosok ayah juga sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Mengingat pentingnya peran dan figur seorang ayah, hal ini patut untuk diapresiasi oleh semua orang. Hari Ayah adalah momen yang tepat untuk melakukannya. 

Selain mengucapkan terima kasih, kita juga bisa menunjukkan kasih sayang kepada sang ayah. Itu mengapa penting juga bagi kita untuk mengetahui sejarah Hari Ayah Nasional. 

Hari Ayah Nasional sendiri pertama kali diperingati pada 12 November 2006 silam. Peringatan tersebut diprakarsai oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). 

Peringatan Hari Ayah nasional bermula saat PPIP merayakan Hari Ibu dengan mengadakan lomba menulis surat untuk ibu. Pada akhir acara, mayoritas peserta lomba pun mempertanyakan kepada panitia mengenai penyelenggaraan lomba menulis surat untuk Hari Ayah. 

Namun saat itu belum ada agenda nasional untuk memperingati ayah. Padahal peran ayah sama pentingnya dengan peran ibu dalam keluarga. PPIP lantas melakukan audiensi ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surakarta untuk menyusun agenda peringatan Hari Ayah di Indonesia.

Pada 12 November 2006 usai melakukan audiensi, PPIP pun menggelar deklarasi di Pendapi Gede Balai Kota Solo yang dihadiri ratusan orang dari berbagai kalangan. PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Hari Ayah Nasional. Peristiwa ini menjadi tonggak sejarah penetapan Hari Ayah Nasional dengan peringatan dilakukan pada tanggal 12 November setiap tahunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Inspirasi Ucapan Hari Ayah

1. Semua pria bisa memiliki anak, tapi hanya orang spesial yang bisa menjadi ayah, dan itulah alasannya aku memanggilmu ayah, karena kau spesial untukku. - Wade Boggs

2. Warisan terbesar seorang ayah adalah dapat membuat keluarganya sebagai teladan. – Ahmad Dahlan

3. Hal terbaik untuk diberikan kepada musuhmu adalah ampunan; kepada lawan, toleransi; teman, hatimu; anak Anda, contoh yang baik; ayah, rasa hormat; ibumu, kebanggaan; diri sendiri, kehormatan; umat manusia, amal. - Benjamin Franklin

4. Ayah juara satu seluruh dunia. - Andrea Hirata

5. Ayah adalah yang teristimewa di dunia, sebab dari keringatnya ia memberi tapak untuk melangkah. - Abdurahman Faiz

6. Sebenarnya, aku ingin kembali, Ayah. Pulang ke teduh matamu. Berenang di kolam yang kau beri nama rindu. - Pramoedya Ananta Toer

7. Pada setiap napasnya, ayah memancangkan tiang-tiang asa agar langkahmu sampai pada bianglala. - Abdurahman Faiz

8. Hati seorang ayah adalah maha karya alam. - Antoine François Prévost

9. Cinta itu perjuangan. Seperti seorang ibu berjuang melahirkan anak-anaknya. Bagaikan sosok ayah bersusah payah menafkahi kehidupan keluarganya. Semuanya perlu direncanakan, dipikirkan masak-masak, diperhitungkan, diusahakan, sebagai wujud cinta. - Rhein Fathia

10. Engkau kan selalu ada di hatiku, sebab di sana kau tetap hidup. - Jamie Cirello

11. Tak peduli dimana engkau berada, jiwamu selalu bersamaku. Karena kutahu semasa hidup kau selalu mendukungku. - Tram Tiara T. von Reichenbach

12. Ayahku mengajariku menghargai diri sendiri. Ia selalu mengatakan bahwa aku cantik dan membuatku merasa berharga. - Dawn French

13. Tidak ada pria yang berdiri lebih tinggi daripada saat dia membungkuk untuk membantu seorang anak. - Abraham Lincoln

14. Kekuatan seorang ayah dalam kehidupan seorang anak, tidak tertandingi. - Justin Ricklefs

15. Menjadi apa kita bergantung pada apa yang ayah kita ajarkan kepada kita. - Umberto Eco

3 dari 3 halaman

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Hari Ayah

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat Hari Ayah nasional, berikut ulasannya:

1. Buatkan Ayah Sarapan

Ayah layak mendapatkan sarapan yang lezat tepat ketika dia bangun. Biarkan dia tidur, lalu kejutkan dia dengan sarapan di tempat tidur di Hari Ayah Nasional.

Atau kamu juga bisa mengajak ayah memasak sarapan bersama. Biarkan dia tidur, lalu kejutkan dia dengan semua bahan untuk makanan sarapan favoritnya. Nyalakan musik dan mulailah memasak bersama.

2. Piknik

Siapkan makan siang makanan favorit ayah dan nikmati piknik di luar di taman setempat. Kamu juga bisa berpiknik dengan ayah di dekat rumah dan makan di tempat terbuka di taman atau halaman depan.

3. Bagikan kenangan favorit tentang ayah

Berbagi dan tunjukan kenangan favorit kamu tentang ayah. Hal itu akan membuat kenangan favorit tersebut tetap segar dalam pikiran.

Hal ini juga dapat membuat ayah merasa dicintai, dihargai dan membantu menumbuhkan rasa nostalgia atau perasaan memiliki. 

Kamu juga bisa membuat video kenangan terhebat keluarga kamu selama bertahun-tahun dan ajaklah semua orang duduk untuk menontonnya bersama-sama. Pastikan untuk memutarnya di layar lebar sehingga semua orang dapat melihatnya.

4. Ajak ayah berbelanja

Ayah kamu mungkin mengatakan bahwa dia tidak menginginkan apa pun tahun ini, tapi itu bisa berubah jika kamu membiarkannya memilih apa yang dia inginkan selama berbelanja.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.