Sukses

7 Makanan Ini Dapat Membantu Memutihkan Gigi Secara Alami, Apa Saja?

Berikut tujuh makanan yang direkomendasikan dokter gigi dan ahli diet untuk senyum yang memesona.

Liputan6.com, Jakarta - Senyuman putih cerah memancarkan rasa percaya diri dan membantu Anda menampilkan wajah terbaik. Namun, usia dan jumlah kopi yang Anda minum setiap pagi dapat menyebabkan perubahan warna gigi dan akan membuat Anda merasa kecil hati jika Anda merasa tidak bisa memperlihatkan kulit putih mutiara Anda. 

Ada beberapa perawatan yang tersedia untuk mengatasi perubahan warna gigi Anda, termasuk strip pemutih yang dijual bebas atau layanan profesional. Namun jika Anda mencari pendekatan pemutihan gigi yang lebih alami dan terjangkau, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencoba beberapa makanan yang dapat membantu memutihkan gigi Anda.

“Meskipun makanan itu sendiri tidak dapat memutihkan senyuman secara drastis, ada beberapa makanan yang dapat membantu menjaga dan memperbaiki penampilan Anda,” Sean Kutlay, DDS, dokter gigi selebriti kosmetik, mengatakan kepada Best Life, Selasa (31/10/2023).

Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan dokter gigi dan ahli diet untuk senyum yang memesona.

1. Stroberi

"Stroberi seringkali direkomendasikan untuk senyum yang sehat dan bersinar. Stroberi mengandung asam malat yang dapat membantu memutihkan gigi," jelas Lauren Becker, DDS di Lauren Becker Dentistry.

Seperti yang dicatat oleh Kelsey Costa, MS, ahli gizi terdaftar (RDN) dan spesialis penelitian kesehatan di Koalisi Nasional untuk Perawatan Kesehatan (NCHC), asam malat adalah "zat pemutih alami" yang juga meningkatkan produksi air liur jika Anda memiliki mulut kering, yang mana dapat membantu mencegah perubahan warna juga.

"Jangan berlebihan mengonsumsi stroberi. Ini karena stroberi bersifat asam dan dapat mengikis enamel Anda seiring waktu," menurut Khouloud Sobh, DMD, dokter gigi di Risas Dental and Braces di Phoenix, Arizona.

Namun jika Andaidak suka stroberi, semangka juga mengandung asam malat, jadi Anda bisa mencobanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Nanas

Nanas adalah buah lain yang dapat membantu Anda mendapatkan senyum putih yang Anda cari. “Nanas mengandung bromelain yang dapat menghilangkan noda pada permukaan gigi,” kata Nathan Oakes, DMD, anggota dewan di American Academy of Clear Aligners dan pemilik praktik di Aspen Dental.

Menurut Costa, bromelain merupakan enzim yang mengejar protein. “Ini termasuk protein di lapisan pelikel (lapisan protein air liur), yang bertindak sebagai pelindung gigi, tetapi juga dapat menyerap pigmen dari makanan Anda."

Madelyn Larouche, ahli diet terdaftar, menyebutkan bahwa Anda juga perlu mendapatkan nanas dari bagian produk segar. “Perlu dicatat bahwa nanas segar memiliki kandungan bromelain tertinggi,” katanya. 

"Nanas kalengan kehilangan bromelain selama proses pengalengan." Pepaya adalah buah lain yang mengandung bromelain, jadi Anda dapat memilih buah tropis berdasarkan preferensi Anda.

3 dari 6 halaman

3. Seledri

Beralih ke sayuran, seledri mentah adalah pilihan yang bisa dipilih untuk senyum yang lebih cerah. Oakes mencatat bahwa ini adalah bahan abrasif alami yang dapat menghilangkan noda di permukaan saat Anda mengunyahnya.

"Seledri merupakan sumber serat dan vitamin seperti vitamin C dan A, dan tekstur sayuran ini dapat membantu mengikis partikel dan bakteri dari gigi Anda," tambah Sobh. 

"Simpan saja benang gigi di dekatmu, karena seledri bisa sangat berserabut dan tersangkut di sela-sela gigi."

Cesar Sauza, RDN di NCHC, menambahkan bahwa seledri mentah dan mentimun mentah sama-sama bermanfaat karena kadar H2O-nya.

“Seledri dan mentimun sebagian besar mengandung air, sehingga bisa membilas gigi kita saat kita mengunyahnya,” katanya, seraya menyebutkan bahwa keduanya adalah camilan sempurna setelah makan.

Namun, menurut dokter gigi kosmetik selebriti Bill Dorfman, DDS, Anda harus berhati-hati saat mengandalkan bahan abrasif, karena bahan tersebut mungkin tidak akan memberikan efek jangka panjang yang Anda cari.

“Makanan tertentu memiliki efek abrasif ringan yang mungkin membuat gigi tampak putih, namun makanan tersebut hanya menghilangkan noda permukaan yang menumpuk di permukaan gigi seiring waktu,” katanya.

“Warna gigi seseorang ditentukan oleh warna alami dentin, lapisan di bawah email, dan ini bervariasi dari orang ke orang berdasarkan genetika dan usia.”

Dorfman menambahkan bahwa jika Anda juga mengonsumsi makanan yang menghitamkan gigi seperti soda, anggur merah, dan kopi makanan renyah tersebut kemungkinan besar tidak akan memberikan efek apapun.

4 dari 6 halaman

4. Soda Kue

Meskipun soda kue bukanlah sesuatu yang bisa Anda konsumsi sebagai camilan, bahan ini adalah salah satu solusi tertua untuk membuat senyum lebih putih Anda bahkan mungkin menyadarinya diiklankan di pasta gigi yang Anda beli.

“Soda kue sering dianggap sebagai obat rumahan alami untuk memutihkan,” kata Becker, juga menambahkan peringatan. Berhati-hatilah saat menggunakan baking soda, karena menggunakannya terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada gigi Anda.

Meski begitu, Kutlany merekomendasikan untuk memasukkan soda kue ke dalam rutinitas Anda. “Sejumlah kecil soda kue yang dicampur dengan pasta gigi dapat membantu mencerahkan gigi sebagai bagian rutin dari rutinitas kebersihan mulut Anda,” katanya.

5 dari 6 halaman

5. Wortel

Wortel juga termasuk dalam kategori "abrasif alami," yang berarti wortel berpotensi membantu menghilangkan noda di permukaan.

“Mengunyah wortel yang renyah dan mentah akan memijat gusi Anda dan membantu menghilangkan plak dan bakteri dari gigi Anda,” kata Sobh. Wortel juga membantu memperkuat enamel gigi Anda dengan menyediakan vitamin A dalam jumlah tinggi.

Jeffrey Sulitzer, DMD, kepala petugas klinis di SmileDirectClub, juga menunjukkan bahwa tekstur wortel yang kaku dapat "membantu menghilangkan kelebihan bakteri yang tersisa di gigi dan gusi." Apel dan sayuran hijau juga mempunyai efek serupa.

6 dari 6 halaman

6. Permen karet bebas gula

Kutlay juga merekomendasikan permen karet bebas gula setelah makan. “Ini membantu menjaga kebersihan gigi, menjaga kecerahan, menghilangkan residu di antara gigi, dan [memiliki] manfaat tambahan dalam mengurangi asam dan gigi berlubang,” katanya.

Sobh juga menyertakan permen karet bebas gula dalam daftar makanan bermanfaatnya, dan menyebutnya sebagai alternatif pengganti benang gigi saat bepergian—tapi jangan memilih merek yang super manis.

“Permen karet juga meningkatkan aliran air liur, yang membantu mencegah penumpukan plak dan kerusakan gigi,” katanya. “Tapi maklum, ini hanya berlaku untuk permen karet bebas gula.”

7. Produk susu

Sejak kecil, kita diajari bahwa kalsium membantu mendukung tulang yang kuat, termasuk gigi Anda. “Produk susu seperti keju, yogurt, dan susu menyediakan kalsium dan fosfat yang memperkuat enamel dan mendukung remineralisasi, sehingga berpotensi mengurangi noda di permukaan,” jelas Oakes.

Sulitzer mencatat bahwa jenis makanan ini juga melawan gigi berlubang, dan Larouche mencatat bahwa produk susu yang tinggi asam laktat, termasuk keju cottage, krim asam, dan yogurt Yunani, jauh lebih bermanfaat. 

“Asam laktat membantu melindungi email gigi Anda, dan kami tidak ingin kehilangannya karena jika hilang, maka akan hilang juga,” katanya. 

“Di bawah email gigi terdapat dentin, yang paling mudah ternoda. Jadi dengan melindungi email gigi, Anda pada dasarnya membantu gigi Anda tetap putih.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.