Sukses

Menuju Pemilu 2024, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Calon Presiden

Dalam hitungan hari, Indonesia akan melaksanakan pemilu di tahun 2024 mendatang. Melihat hal ini, kita sebagai warga negara wajib memilih calon sesuai apa yang dicita-citakan bangsa. Lantas, apa saja yang perlu kita perhatikan saat memilih kandidat calon presiden nantinya?

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan umum (pemilu) menjadi sarana demokrasi guna mewujudkan sistem pemerintahan negara yang berkedaulatan rakyat. Dari beberapa kandidat yang kita pilih, satu di antaranya akan menjadi pemimpin yang bisa membawa suatu negara ke arah maju, atau bahkan mundur.

Dalam praktiknya, pemilu akan menjadi ajang penentu hal tersebut, kita sebagai warga negara harus memilih calon pemimpin mumpuni dan tidak bisa asal coblos, karena satu suara memiliki konsekuensinya sendiri.

Lantas, hal apa yang dapat kita lakukan untuk persiapan pemilu 2024 nanti agar kita tidak salah dalam memilih presiden?

Melansir dari Medium, Jumat (20/10/2023), ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan dari masing-masing calon kandidat presiden kita nanti.

1. Pahami Apa yang Diperjuangkan Kandidat

Sangat penting bagi kita untuk memahami apa yang sebenarnya kita inginkan dari politik, sebelum mulai mengevaluasi kandidat, dan menyingkirkan mereka dari daftar calon yang akan dipilih. Anda harus mengetahui calon seperti apa yang Anda inginkan untuk memimpin negaramu?

Setelah Anda mengetahui apa yang diinginkan dari politik, sekarang saatnya mencari tahu posisi para kandidat!

Saat ini, tidak ada alasan bagi sebuah kampanye politik, betapapun buruknya hal tersebut, untuk tidak memuat platform kebijakan lengkapnya di situs webnya. Politisi dapat membicarakan apa pun yang mereka inginkan tentang “ide-ide bagus untuk X” dan “rencana yang telah diteliti dengan baik untuk melakukan Y,” namun jika mereka tidak memiliki ringkasan kebijakan di situs webnya pada tahun ini, artinya mereka tidak serius untuk menjalaninya.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah periksa situs web para kandidat, dan lihat bidang kebijakan mana yang mereka jadikan prioritas. Kemudian, baca ide-ide kebijakan konkrit yang mereka miliki untuk masing-masing kebijakan tersebut.

Apakah kebijakan tersebut masuk akal bagimu? Apakah mereka mengatasi masalah yang akan membuat perbedaan untuk negara, atau kehidupan orang-orang di sekitar? Apakah rencana mereka bersifat bertahap, atau apakah mereka berjanji bahwa perubahan akan terjadi dengan cepat, mudah, dan terlalu bagus untuk menjadi kenyataan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pahami Sejarah Politik Mereka

Seperti kata Shakespeare, “masa lalu adalah prolog.” Kandidat politik membuat ratusan pernyataan tentang apa yang akan mereka lakukan jika kita memilihnya, namun cara yang paling dapat diandalkan untuk memprediksi bagaimana mereka akan memerintah adalah dengan melihat bagaimana perilakunya di masa lalu.

Lalu bagaimana cara mengetahui riwayat politik seorang kandidat? Sekali lagi, internet adalah penyelamatnya. Setiap outlet berita akan selalu meliput aspek masa lalu politik masing-masing kandidat seiring berjalannya kampanye.

Namun, media memberikan cakupan yang sangat tidak setara berdasarkan siapa yang mereka yakini akan menarik pengunjung terbanyak.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengunjungi situs web “Bijak Memilih” untuk melihat seluruh rekam jejak para partai dan anggota mereka yang mencalonkan diri sebagai presiden.

Platform ini mengakui diri bersifat independen, di sana Anda akan menemukan banyak informasi tentang profil partai, tokoh partai, riwayat pemungutan suara, bahkan rekam jejak korupsi tiap partai.

3 dari 4 halaman

3. Ingat, Tidak Ada yang Memerintah Sendiri

Ketika kita telah memutuskan kandidat mana yang akan dipilih, ingatlah bahwa siapa pun yang terpilih harus membentuk koalisi politik di setiap kebijakan yang Anda ingin mereka wujudkan.

Mengusulkan ide-ide bagus adalah satu hal, namun jika seorang kandidat belum menunjukkan kemampuannya untuk bekerja sama dengan anggota DPR dan Senat untuk mendukung ide tersebut dengan dukungan yang signifikan secara politik, maka Anda memilih seseorang yang memiliki masa kepresidenan yang sangat lembam.

Istilah “arus utama” sering digunakan untuk menunjukkan bahwa seorang kandidat mempunyai kebijakan yang mudah diadopsi oleh berbagai kalangan politik. Ini merupakan cara yang mudah, atau bahkan malas untuk menentukan apakah kebijakan seorang kandidat dapat membangun koalisi yang luas.

Dukungan politik merupakan penentu seberapa baik kandidat dalam membangun koalisi. Dukungan untuk jabatan Presiden diperoleh dengan susah payah, dan menunjukkan bahwa seorang kandidat telah meyakinkan para profesional politik lainnya, organisasi advokasi, dewan editorial surat kabar, dan pemimpin opini, bahwa mereka layak untuk didukung.

Jadi, lihatlah halaman dukungan dari setiap kandidat yang Anda pertimbangkan. Mereka akan memberi tahu banyak hal tentang seberapa efektif mereka ketika tiba waktunya untuk memerintah, bukan secara otokratis, namun sebagai salah satu cabang pemerintahan demokratis.

4 dari 4 halaman

4. Utamakan Karakter & Etika

Karakter dan etika harus sangat diperhitungkan. Jika kita berbicara tentang seorang Presiden AS, kita bisa berbicara tentang checks and balances, batasan otoritas eksekutif, dan supremasi hukum. Namun kenyataannya, kita telah menganugerahi eksekutif kita dengan kekuasaan dan pengaruh yang luar biasa.

Seorang Presiden yang tidak memiliki etika, kejujuran, dan integritas tidak hanya berdampak negatif terhadap persepsi secara global, namun juga memberikan contoh nasional bahwa korupsi dan ketidakjujuran dapat diterima di negara kita sendiri.

Ada alasan mengapa kita sudah lama percaya bahwa para pemimpin kita di bidang militer, penegakan hukum, seni, hiburan, dan bahkan politik, harus berpegang pada standar etika tertinggi.

Dengan memperhatikan para pemimpin kita saat mereka tidak mencalonkan diri, Anda dapat mengetahui apakah mereka jujur atau berbohong demi mencapai tujuan mereka. Anda dapat memahami apakah mereka yakin bahwa peraturan yang mereka keluarkan berlaku untuk kita semua.

Dan Anda akan memahami apakah mereka akan benar-benar menepati janji saat kampanyenya, atau melupakannya saat mereka mulai meraih jabatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.