Sukses

Studi: Mainan Anak Saat Kecil Berpengaruh pada Kesuksesannya di Masa Dewasa

Jenis mainan yang dimainkan anak-anak dapat berdampak besar pada kesuksesan mereka di masa dewasa, menurut sebuah laporan akademis.

Liputan6.com, Jakarta Jenis mainan yang dimainkan anak-anak dapat berdampak besar pada kesuksesan mereka di masa dewasa, menurut sebuah laporan akademis. Dilansir Independent, Minggu (1/10/2023), Dr Jacqueline Harding, pakar perilaku anak, mengatakan permainan masa kanak-kanak yang berulang-ulang dapat memberikan jejak memori jangka panjang dan berpotensi mengarahkan jalur karier mereka secara tidak sadar. 

Dan mereka dapat membantu mengembangkan dan memperdalam kemampuan pemecahan masalah serta meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Dr Harding menjelaskan bagaimana kegembiraan di awal kehidupan karena bermain dengan mainan dapat menjadi pendorong yang kuat dalam pengambilan keputusan di kemudian hari.

Hal ini mengikuti penelitian terhadap 1.000 orang tua anak usia 0-7 tahun, yang menemukan bahwa 75 persen orang tua membeli mainan yang mereka harap akan berkontribusi terhadap kesuksesan masa depan anak mereka.

Lebih dari separuh (51 persen) menganggap mainan anak mereka sangat penting untuk mengembangkan keterampilan penting mereka, yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini dilakukan oleh Mattel, pencipta Thomas & Friends, yang telah merilis buku putih dari King’s College London yang mengungkapkan manfaat sosial dan kognitif dari bermain kereta api untuk anak-anak.

Dr Jacqueline Harding berkata, “Mainan favorit cenderung dimainkan hampir setiap hari dan tindakan berulang inilah yang dapat meninggalkan jejak pada otak anak yang sedang berkembang.”

“Jadi, sudah jelas bahwa permainan yang dilakukan anak-anak secara rutin dapat memiliki efek jangka panjang dan bahkan mungkin secara tidak sadar mengarahkan mereka ke arah karier tertentu.”

“Tentu saja, hal ini sulit untuk dibuktikan karena ada banyak faktor lain yang terlibat, tetapi menganggap serius mainan adalah ide yang bagus karena anak-anak menghabiskan begitu banyak waktu untuk berinteraksi dengan mainan tersebut, dan memilih dengan bijak sesuai dengan minat masing-masing dapat memberikan keuntungan yang nyata,” tambahnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mainan dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas

Manfaat terbesar yang diyakini orang tua diperoleh anak-anak dari mainan dalam meningkatkan keterampilan kritis adalah peningkatan keterampilan motorik halus mereka (68 persen).

Hampir sebanyak 67 persen mengatakan bahwa mainan mendorong imajinasi dan kreativitas, sementara 63 persen berpendapat mainan dapat membantu keterampilan pemecahan masalah.

Sementara 86 persen berpendapat bahwa mainan dapat berdampak besar atau sedang terhadap peningkatan peluang anak untuk sukses berkarir di masa depan.

Namun dalam memilih mainan untuk anak-anak mereka, prioritas utamanya adalah mainan yang sesuai dengan usianya (59 persen). Ada pula yang ingin memastikan bahwa mainan tersebut aman (55 persen) atau melebihi nilai pendidikan yang dirasakan (47 persen).

Diketahui juga bahwa 58 persen memiliki merek atau lini mainan tertentu yang mereka gunakan khusus untuk nilai perkembangannya. Namun 21 persen takut anak-anak mereka tidak bermain dengan mainan edukatif sesering yang mereka inginkan, menurut data OnePoll.com.

3 dari 4 halaman

Bermain tak hanya memberikan manfaat yang signifikan selama masa kanak-kanak tetapi juga saat dewasa

Dr Harding menambahkan, “Salah satu wawasan yang menakjubkan adalah bahwa pada usia dua tahun anak-anak terlibat dalam tingkat kerja mental yang sama seperti orang dewasa ketika terlibat dalam permainan imajinatif.

“Sudah diketahui bahwa permainan khayalan dan aktivitas kreatif menawarkan banyak manfaat mengejutkan yang memiliki manfaat biologis dan neurologis yang menarik bagi anak-anak dan orang dewasa.

“Selama masa kanak-kanak, otak dikenal sangat menyerap, hal ini dikenal sebagai ‘neuroplastisitas’.

“Dengan kata lain, mempelajari aspek-aspek kehidupan menjadi lebih mudah sehingga bermain tidak hanya memberikan manfaat yang signifikan selama masa kanak-kanak tetapi juga di masa dewasa nanti.”

Hal ini muncul setelah buku yang ditulis oleh Dr Salim Hashmi, seorang peneliti dari King’s College, meninjau lebih dari 1.600 makalah penelitian ilmiah untuk mengeksplorasi manfaat bermain kereta mainan.

Salah satu manfaat utama yang diidentifikasi Dr Hashmi adalah anak-anak yang bermain dengan mainan kereta api dapat mengembangkan pemikiran dan keterampilan sosial yang lebih baik, memungkinkan mereka untuk belajar dan mempraktikkan kolaborasi, kerja sama, dan pemahaman sosial sambil berinteraksi dengan orang lain.

4 dari 4 halaman

Bermain juga dapat mengembangkan dan menyempurnakan keterampilan berpikir anak

Penelitiannya juga menyoroti bagaimana bermain dengan kereta mainan memungkinkan anak-anak mengembangkan dan menyempurnakan keterampilan berpikir penting, sehingga berkontribusi pada kemampuan pemecahan masalah mereka.

Berbicara tentang penelitiannya untuk Thomas & Friends, Dr Hashmi berkata, “Membangun jalur, mengatur gerbong kereta, membayangkan skenario, dan menerapkannya selama bermain kereta dapat merangsang perkembangan kognitif dan meningkatkan pemikiran kritis, analisis spasial, dan keterampilan pengambilan keputusan.”

“Permainan kolaboratif dengan kereta mainan dapat membantu mendorong kerja tim, negosiasi, dan kolaborasi, saat anak-anak berbagi sumber daya, ide, dan bermain bersama.”

“Selain itu, bermain dengan mainan kereta api memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan dan melatih kemampuan pemecahan masalah. Secara keseluruhan, bermain kereta api adalah cara terbaik bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan utama,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.