Sukses

Jenis-jenis Emosi Dasar Menurut Psikolog, Apa Saja Itu?

Psikolog Paul Eckman mengidentfikasi enam emosi dasar yang menurutnya dialami secara universal di semua budaya manusia. Emosi yang ia identifikasi adalah kebahagiaan, kesedihan, rasa jijik, ketakutan, keterkejutan, dan kemarahan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejatinya, banyak jenis emosi yang mempunyai pengaruh terhadap cara Anda hidup dan berinteraksi dengan orang lain. Terkadang, sepertinya Anda dikendalikan oleh emosi-emosi ini. Pilihan yang Anda buat, tindakan yang Anda ambil, dan persepsi yang Anda miliki, semuanya dipengaruhi oleh emosi yang Anda alami pada saat tertentu.

Para psikolog mencoba mengidentifikasi berbagai jenis emosi yang dialami manusia. Beberapa teori berbeda muncul untuk mengategorikan dan menjelaskan emosi yang dirasakan manusia ini. Selama tahun 1970-an, psikolog Paul Eckman mengidentfikasi enam emosi dasar yang menurutnya dialami secara universal di semua budaya manusia. Emosi yang ia identifikasi adalah kebahagiaan, kesedihan, rasa jijik, ketakutan, keterkejutan, dan kemarahan. Ia kemudian memperluas daftar emosi dasarnya dengan memasukkan hal-hal seperti kebanggaan, rasa malu, dan kegembiraan.

Psikolog Robert Plutchik mengemukakan "roda emosi" yang cara kerjanya mirip dengan roda warna. Emosi dapat digabungkan untuk membentuk perasaan yang berbeda, seperti halnya warna dapat dicampur untuk menciptakan corak lain.

Menurut teori ini, emosi yang lebih mendasar bertindak seperti blok bangunan. Emosi yang lebih kompleks, terkadang campur aduk merupakan campuran dari emosi-emosi yang lebih mendasar. Misalnya, emosi dasar kegembiraan dan kepercayaan dapat digabungkan untuk menciptakan cinta.

Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa ada lebih banyak emosi mendasar daripada yang diperkirakan sebelumnya. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of National Academy of Sciences, para peneliti mengidentifikasi 27 kategori emosi yang berbeda.

Namun, alih-alih sepenuhnya berbeda, para peneliti menemukan bahwa orang-orang mengalami emosi ini secara bertahap. Untuk mengetahui lebih lengkap perihal jenis emosi dasar ini, yuk simak ulasan berikut ini. Seperti yang dilansir dari halaman Verywell Mind pada Minggu, 1 Oktober 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kebahagiaan

Dari berbagai jenis emosi, kebahagiaan cenderung menjadi emosi yang paling diperjuangkan orang. Kebahagiaan seringkali didefinisikan sebagai keadaan emosional yang menyenangkan yang ditandai dengan perasaan puas, gembira, puas, dan sejahtera.

Penelitian tentang kebahagiaan telah memikat secara siginifikan sejak tahun 1960-an dalam sejumlah disiplin ilmu, termasuk cabang psikologi yang dikenal sebagai psikologi positif. Jenis emosi ini terkadang diungkapkan melalui ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan nada suara.

Meskipun kebahagiaan dianggap sebagai salah satu emosi dasar manusia, hal-hal yang Anda anggap menciptakan kebahagiaan cenderung sangat dipengaruhi oleh budaya. Misalnya, pengaruh budaya pop yang cenderung menekankan bahwa mencapai hal-hal tertentu seperti membeli rumah atau memiliki pekerjaan bergaji tinggi akan menghasilkan kebahagiaan. 

Sudah banyak yang mempercayai bahwa kebahagiaan dan kesehatan saling berhubungan dan penelitian telah mendukung gagasan bahwa kebahagiaan dapat berperan dalam kesehatan fisik dan mental. Kebahagiaan telah dikaitkan dengan berbagai hasil, termasuk peningkatan umur panjang dan peningkatan dengan berbagai dampak kesehatan yang buruk. 

3 dari 5 halaman

2. Kesedihan

Kesedihan adalah jenis emosi lain yang sering didefinisikan sebagai keadaan emosi sementara yang ditandai dengan perasaan kecewa, duka, keputusasaan, ketidaktertarikan, dan suasana hati yang buruk. Seperti emosi lainnya, kesedihan adalah sesuatu yang dialami semua orang dari waktu ke waktu.

Dalam beberapa kasus, orang mungkin mengalami periode kesedihan yang berkepanjangan dan bisa membuat depresi. Jenis dan tingkat keparahan kesedihan ini bisa berbeda tergantung pada akar penyebabnya dan cara orang mengatasi perasaan tersebut.

Kesedihan seringkali membuat orang melakukan mekanisme penanggulangan, seperti menghindari orang lain, mengobati diri sendiri, dan lain sebagainya. Perilaku seperti itu justru bisa memperparah perasaan sedih dan memperpanjang durasi emosi.

3. Takut

Ketakutan adalah emosi kuat yang juga memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup. Saat Anda menghadapi bahaya dan mengalami ketakutan, Anda mengalami apa yang disebut respons. Otot Anda menjadi tegang, detak jantung dan pernapasan Anda meningkat, dan pikiran Anda menjadi lebih waspada, mempersiapkan tubuh Anda untuk lari dari bahaya atau berdiri dan melawan.

Respons ini membantu memastikan bahwa Anda siap menghadapi ancaman di lingkungan Anda secara efektif. Ekspresi emosi jenis ini dapat mencakup ekspresi wajah (melebarkan mata), bahasa tubuh (bersembunyi atau melarikan diri), dan reaksi ifisiologis (pernapasan dan detak jantung cepat).

Tentu saja, tidak semua orang mengalami ketakutan yang sama. Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap rasa takut dan situasi atau objek tertentu lebih mungkin memicu emosi ini. Ketakutan adalah respons emosional terhadap ancaman langsung. Anda juga dapat mengembangkan reaksi serupa terhadap ancaman yang diantisipasi atau bahkan pemikiran Anda tentang potensi bahaya, dan inilah yang umumnya Anda anggap sebagai kecemasan.

Sebaliknya, beberapa orang justru mencari situasi yang memicu rasa takut. Olahraga ekstrem dan sensasi lainnya dapat menimbulkan rasa takut, tetapi beberapa orang tampaknya berhasil dan bahkan menikmati perasaan tersebut.

4 dari 5 halaman

4. Rasa Jijik

Jijik adalah salah satu dari enam emosi dasar yang dijelaskan oleh Eckman. Rasa jijik ini bisa bermula dari beberapa hal, antara lain rasa, pandangan, atau bau yang tidak enak. Para peneliti percaya bahwa emosi ini berkembang sebagai reaksi terhadap makanan yang mungkin berbahaya atau berakibat fatal. Ketika orang mencium atau merasakan makanan yang sudah tidak enak, misalnya, rasa jijik adalah reaksi yang khas.

Kebersihan yang buruk, infeksi, darah, pembusukan, dan kematian juga dapat memicu respons rasa jijik. Ini mungkin cara tubuh menghindari hal-hal yang mungkin membawa penyakit menular. Orang juga dapat mengalami rasa jijik moral ketika mereka mengamati orang lain melakukan perilaku yang mereka anggap tidak menyenangkan, tidak bermoral, atau jahat.

5. Amarah

Kemarahan bisa menjadi emosi yang sangat kuat yang ditandai dengan perasaan permusuhan, kegelisahan, frustrasi, dan antagonisme terhadap orang lain. Seperti rasa takut, kemarahan juga berperan dalam respons melawan atau lari tubuh Anda. Ketika suatu ancaman menimbulkan perasaan marah, Anda mungkin cenderung menangkis bahaya dan melindungi diri sendiri. 

Meskipun kemarahan sering kali dianggap sebagai emosi negatif, terkadang kemarahan bisa menjadi hal yang baik. Hal ini dapat bersifat konstruktif dalam membantu memperjelas kebutuhan Anda dalam suatu hubungan, dan juga dapat memotivasi Anda untuk mengambil tindakan dan menemukan solusi terhadap hal-hal yang mengganggu Anda.

Namun, kemarahan bisa menjadi masalah bila berlebihan atau diungkapkan dengan cara yang tidak sehat, berbahaya, atau merugikan orang lain. Kemarahan yang tidak terkendali dapat dengan cepat berubah menjadi pelecehan, atau kekerasan. 

Kemarahan yang tidak terkendali juga dapat mempersulit pengambilan keputusan yang rasional dan bahkan dapat berdampak pada kesehatan fisik Anda. Kemarahan telah dikaitkan dengan penyakit jantung koroner dan diabetes. Hal ini juga dihubungkan dengan perilaku yang menimbulkan risiko kesehatan seperti mengemudi secara agresif, konsumsi alkohol, dan merokok.

5 dari 5 halaman

6. Kaget

Kaget adalah salah satu dari enam tipe dasar emosi manusia yang awalnya dijelaskan oleh Eckman. Kaget biasanya berlangsung cukup singkat dan ditandai dengan respons fisiologis terkejut setelah terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Jenis emosi ini bisa positif, negatif, atau netral. Kaget yang tidak menyenangkan, misalnya, mungkin melibatkan seseorang yang melompat dari balik pohon dan menakuti Anda saat Anda berjalan menuju mobil di malam hari.

Kaget adalah jenis emosi lain yang dapat memicu respons melawan atau lari. Saat terkejut, orang mungkin mengalami ledakan adrenalin yang membantu mempersiapkan tubuh untuk melawan atau melarikan diri.

Kaget dapat berdampak penting pada perilaku manusia. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung tidak memperhatikan kejadian mengejutkan. Inilah sebabnya mengapa peristiwa mengejutkan dan tidak biasa dalam berita cenderung lebih diingat dibandingkan peristiwa lainnya. Penelitian juga menemukan bahwa orang cenderung lebih terpengaruh oleh argumen yang mengejutkan dan belajar lebih banyak dari informasi yang mengejutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.