Sukses

Profil Kaesang Pangarep, Anak Jokowi yang Gabung PSI

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi bergabung ke politik dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Lantas, ketahui profil Kaesang Pangarep yang terjun ke dunia politik.

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi bergabung ke politik dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaesang resmi menjadi anggota PSI pada Sabtu, 23 September 2023, setelah menerima kartu tanda anggota (KTA) PSI yang diserahkan oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Solo.

Penyerahan KTA PSI kepada Kaesang Pangarep dilakukan setelah melakukan pertemuan secara tertutup antara petinggi PSI dengan Kaesang di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo. 

Lantas, ketahui profil Kaesang Pangarep yang terjun ke dunia politik.  

Profil Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep merupakan anak dari Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Ia anak bungsu dari tiga bersaudara. Kedua kakaknya, Gibran Rakabuming kini menjabat sebagai Walikota Solo dan Kahiyang Ayu merupakan istri dari walikota Medan. 

Pria yang lahir pada 25 Desember 1994 ini dikenal sebagai pengusaha makanan yang juga aktif di media sosial seperti Twitter dan Instagram.

Kaesang memulai pendidikan dasar di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo. Lalu ia melanjutkan SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureat. Setelah itu, ia melanjutkan kuliah di Singapore University of Social Sciences.

Kaesang Menikah dengan Erina Gundono

Kaesang dan Erina Gudono resmi menikah di  Yogyakarta, 10 Desember 2022. Erina Sofia Gudono adalah Puteri Indonesia DIY 2022 yang berhasil masuk Top 11 di kontes Puteri Indonesia 2022. 

Perempuan kelahiran 11 Desember 1996 tersebut menempuh studi Manajemen Keuangan di Universitas Gajah Mada (UGM). Erina melanjutkan pendidikan di Columbia University Master of Public Administration. 

Mas kawin yang diberikan Kaesang berupa seperangkat alat sholat, logam mulia 10, 12, 20 dam 22 gram, serta uang tunai senilai Rp300 ribu. Berat dari logam mulia sendiri pun menandakan tanggal akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Kaesang Gabung PSI

Sementara itu Kaesang Pangarep mengaku mengenal teman-teman PSI bukan hanya baru kali ini saja tetapi sudah cukup lama. Bahkan ia juga pernah beberapa kali bertemu dengan jajaran petinggi PSI maupun kader PSI untuk mengobrol maupun bertukar pikiran tentang parta politik yang berlambang bunga mawar itu.

“Saya juga sudah bertemu dengan Bro William, ada juga Bro Mongol dan yang pasti Bro Ketum. Waktu itu ketemu di podcast saya. Saya juga komunikasi intens dengan Pak Wamen dan Sis Grace juga. Alhamdulillah komunikasi selalu lancar, baik dan selalu cair. Tapi waktu kami mikir, kenapa nggak diseriusin aja atau sekalian (gabung PSI),” jelas Kaesang.

Menurut dia, berdasarkan hasil pembicaraan dengan para pengurus PSI itu muncul kesamaan visi dan misi terkait anak muda. Kaesang menginginkan agar para generasi muda bisa terlibat di sektor publik. Pasalnya selama ini setiap kali pemilu, anak-anak muda hanya dijadikan sebagai obyek pasif. Kemudian itu pun mencoba melihat ke Pemilu Thailand yang dimenangkan partai yang berisi anak muda.

“Kita mau mereka itu menjadi objek yang aktif. Karena mau gimanapun masa depan Indonesia untuk anak muda Indonesia. Saya lihat juga PSI ini partai yang bagus yang diisi anak-anak muda yang beritegritas. Mereka juga punya kompetensi juga dan yang penting itu mereka punya semangat untuk membuat Indonesia jauh lebih baik. Tapi sayangnya mereka kok nggak masuk Senayan,” ujar dia.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

PSI Gelar Kopdarnas Bahas Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum

PSI akan menggelar kopi darat nasional (kopdarnas). Kopdarnas ini beragendakan "Deklarasi Politik PSI" dan juga membahas soal Kaesang Pangarep.

"Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI. Acara dilangsungkan pada Senin 25 September 2023, pukul 18.30 WIB," isi undangan PSI.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, mengatakan, kopdarnas ini akan diikuti pengurus PSI seluruh Indonesia.

"Kebetulan besok Senin PSI akan ada Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) yang mengumpulkan pengurus PSI se-Indonesia," tulis Grace dalam keterangan tertulisnya, Minggu 24 September 2023.

Menurut dia, kopdarnas digelar, salah satunya untuk menjaring aspirasi dari seluruh dewan perwakilan wilayah yang mengharapkan Kaesang Pangarep bisa didapuk menjadi ketua umum, menggantikan masa kepemimpinan Giring Ganesha. Dia mengatakan, banyak kader yang meminta Kaesang untuk menjadi ketua umum. 

"Setelah Mas Kaesang kemarin jadi anggota PSI, banyak aspirasi dari DPW dan DPD PSI agar Mas Kaesang jadi Ketua Umum," jelas Grace.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.