Sukses

Kenali Gejala Terbaru Covid-19, Bukan Lagi Batuk

Covid-19 seiring berjalannya waktu memiliki gejala berbeda dengan gejala-gejala sebelumnya yang pernah timbul.

Liputan6.com, Jakarta - Pada awal pandemi Covid-19 terjadi, sulit untuk mengetahui apakah seseorang telah terinfeksi atau tidak, karena gejala yang ditimbulkan mirip penyakit umum lainnya. Gejala yang dirasakan pada umumnya seperti flu, demam, dan sakit kepala, di mana gejala-gejala tersebut timbul akan dirasakan oleh penderita pilek.

Beberapa efek samping lainnya yang dapat timbul adalah hilangnya rasa dan indra penciuman saat makan, akan tetapi seiring berjalannya waktu hal ini sudah tidak lagi terjadi. Gejala Covid-19 tampak telah berubah dan adanya perbedaan pola. Dokter mengatakan gejalanya berkembang dari satu gejala ke gejala lainnya.

Berbicara kepada NBC News, dokter mencatat bahwa COVID-19 sekarang telah menyerang saluran pernapasan, terutama bagian atas dan biasanya dimulai dengan sakit tenggorokan. Gejala ini bisa bervariasi dalam tingkat keparahan. Beberapa orang menggambarkan "sensasi terbakar" yang tidak biasa di tenggorokan mereka.

Sakit tenggorokan kemudian hilang, tepat pada saat penyumbatan mulai terjadi, yang mungkin disertai dengan gejala lain, seperti kelelahan, nyeri, demam, menggigil, sakit kepala, dan post-nasal drop (yang dapat menyebabkan batuk). Menurut McComsey, nyeri otot dan kelelahan bisa berlangsung beberapa hari, namun kemacetan bisa bertahan lebih lama.

Meskipun dokter memperhatikan pola munculnya gejala COVID-19, mereka juga memperhatikan bahwa gejala tertentu kurang menonjol. Batuk kering dulunya merupakan indikator kuat adanya infeksi COVID, serta hilangnya kemampuan pengecapan dan penciuman, namun hal ini sudah tidak umum lagi. Seperti yang telah dilansir dari Bestlife pada Senin (2/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Lain yang Sering Terjadi

Menurut perkiraan McComsey, hanya sekitar 10 hingga 20 persen pasien COVID-19 yang melaporkan kehilangan penciuman atau rasa, yang merupakan penurunan tajam dari 60 hingga 70 persen yang melaporkan hal tersebut pada masa-masa awal.

"Ini bukan gejala khas yang kita lihat sebelumnya. Gejalanya banyak hidung tersumbat, kadang bersin, biasanya sakit tenggorokan ringan," Erick Eiting, MD, wakil ketua operasi pengobatan darurat di Pusat Kota Mount Sinai di New York Kota.

Eiting juga mengatakan kepada NBC News bahwa lebih sedikit pasien yang melaporkan diare, yang merupakan salah satu indikator COVID-19. “Gejalanya berubah, namun tidak terlalu parah.”

Perubahan gejala sedikit sulit membedakan COVID-19 dari penyakit umum lainnya. Namun ada sisi baiknya, karena lebih sedikit pasien yang memerlukan rawat inap, sementara lebih banyak pasien yang mengalami gejala ringan.

“Hampir semua orang yang saya temui memiliki gejala yang sangat ringan,” kata Eiting kepada NBC News tentang pasien yang membutuhkan perawatan darurat. “Satu-satunya cara kami mengetahui bahwa itu adalah COVID-19 adalah karena kami kebetulan sedang mengujinya.”

3 dari 3 halaman

Mengapa Kasusnya Kini Lebih Ringan?

Dokter mengatakan kepada NBC News bahwa lebih banyak pasien yang sembuh tanpa pengobatan atau pil antivirus Paxlovid. Michael Daignault, MD, seorang dokter darurat di Providence Saint Joseph Medical Center di Burbank, California, menambahkan bahwa selama "gelombang kecil" yang kami alami sejak Juli, 99 persen pasien muda dengan gejala saluran pernapasan atas dipulangkan dengan perawatan suportif. Gejala yang lebih ringan kemungkinan besar disebabkan oleh peningkatan kekebalan, menurut beberapa dokter.

“Secara keseluruhan, tingkat keparahan COVID-19 jauh lebih rendah dibandingkan tahun lalu dan dua tahun sebelumnya. Hal ini bukan karena variannya yang kurang kuat. Namun karena respons imunnya lebih tinggi dari sebelum-sebelumnya,” kata Barouch.

Perubahan gejala saat ini, mungkin juga disebabkan oleh perubahan varian dari COVID itu sendiri. Menurut temuan dari Studi ZOE COVID 2022 yang diterbitkan di The Lancet, sakit tenggorokan dan suara serak lebih umum terjadi pada pasien yang terinfeksi varian Omicron dibandingkan Delta. Di sisi lain, kehilangan penciuman jauh lebih jarang dilaporkan pada mereka yang terinfeksi Omicron.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.