Sukses

Mengenal Metastasis, Penyebaran Kanker di Tubuh Seperti yang Dialami Vidi Aldiano

Vidi Aldiano membagikan foto saat lakukan terapi kanker metastasis

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi dan penyintas kanker Vidi Aldiano mengungkapkan kabar terbaru terkait kondisinya. Tak disangka, ia sebenarnya menjalani perawatan intensif tiap tiga minggu sejak tahun lalu.

Perawatan tersebut ia sebut "day spa" dan mesti ia lakukan karena sel kanker di tubuhnya telah bermetastasis atau menyebar ke sejumlah titik. Hal tersebut ia ungkap lewat akun Instagram resminya. 

"Hari spa berikutnya buat gue. Maaf, tapi ini bakal jadi unggahan untuk jangka panjang. Sudah memasuki tahun ketiga di mana gue menjadi penyintas kanker. Jarang sebenarnya mau update hal-hal seperti ini, tapi hari ini I just feel like sharing,” tulis suami Sheila Dara Aisha itu.

Sebagaimana yang diketahui, sebelumnya Vidi Aldiano sempat menjalani pengobatan kanker ginjal stadium 3 pada Desember 2019. Kondisi tersebut bahkan mengharuskannya melakukan operasi pengangkatan ginjal di Singapura. 

Setelah operasi pengangkatan ginjal, pria itu masih harus rutin menjalani kemoterapi sampai diketahui bahwa kanker telah bermetastasis atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Mengutip dari Cancer.net, metastasis berarti kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang berbeda dari tempat awalnya. Ketika ini terjadi, dokter akan mengatakan kanker telah “bermetastasis.”

Istilah "kanker metastatik", "kanker stadium lanjut", dan "kanker stadium 4" juga dapat digunakan untuk menggambarkan metastasis, namun istilah-istilah ini dapat memiliki arti yang agak berbeda. Istilah kanker stadium lanjut juga dapat digunakan untuk menggambarkan kanker berukuran besar yang belum menyebar ke bagian tubuh lain.

Bagaimana metastasis berkembang?

Metastasis adalah bentuk jamak dari metastasis. Metastasis paling sering berkembang ketika sel kanker melepaskan diri dari tumor utama dan memasuki aliran darah atau sistem limfatik tubuh. 

Sistem ini membawa cairan ke seluruh tubuh. Artinya, sel kanker dapat berpindah jauh dari tumor aslinya dan membentuk tumor baru ketika menetap dan tumbuh di bagian tubuh lain.

Metastasis juga dapat berkembang ketika sel kanker dari tumor utama pecah dan tumbuh di area terdekat, seperti di hati, paru-paru, atau tulang.

Semua jenis kanker bisa menyebar. Terjadinya hal ini bergantung pada beberapa faktor, termasuk:

  • Jenis kanker
  • Seberapa cepat kanker itu berkembang
  • Faktor lain tentang perilaku kanker yang mungkin ditemukan oleh dokter

Apakah metastasis merupakan jenis kanker yang sama seperti sebelumnya?

Ya, kanker yang sudah menyebar ke daerah lain mempunyai nama yang sama dengan kanker aslinya. Misalnya, kanker payudara yang menyebar ke hati disebut kanker payudara metastatik, bukan kanker hati. Hal ini karena kanker bermula dari payudara dan pengobatan yang digunakan adalah kanker payudara.

Kanker dapat menyebar ke hampir seluruh bagian tubuh. Namun kanker tertentu lebih mungkin menyebar ke area tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vidi Aldiano Dirawat Intensif Per 3 Minggu, Sel Kanker Menyebar ke Sejumlah Titik Sejak Tahun Lalu

Vidi Aldiano menyebut kanker sebagai titipan Tuhan. Sayangnya, tahun lalu titipan Sang Khalik berkelana ke sejumlah titik atau organ tubuhnya. Mau tak mau tindakan medis harus ditempuh agar kondisi kesehatan pelantun “Nuansa Bening” tak memburuk.

“Mungkin banyak yang belum tahu bahwa tahun lalu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik, sehingga mengharuskan gue akhirnya punya appointment spa day ini tiap 3 minggu,” Vidi Aldiano menjelaskan.

“Seiring waktu berjalan, gue belajar berdamai dengan keadaan dan bersyukur untuk apapun yang Tuhan berikan selama ini. Selama gue masih diberikan kekuatan untuk melawan penyakit ini, gue ga boleh cupu,” janjinya.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Vidi Aldiano Pamer Foto Bareng DPR IAN, Curhat Dibantu Mengatasi Depresi dan Kecemasan

DPR IAN baru saja menggenapi line-up Asian Sound Syndicate 2023 sebagai penampil, Minggu, 27 Agustus 2023. Di balik aksi panggungnya, ternyata ada Vidi Aldiano yang "starstruck." Pelantun Nuansa Bening ini pun pamer foto bareng DPR IAN.

Bersama deretan potret tersebut, yang juga memperlihatkan momen kebersamaan dengan sesama penyanyi Indonesia, Isyana Sarasvati, serta dua artis lain dari Dream Perfect Regime (DPR), DPR LIVE dan DPR CREAM, Vidi menulis keterangan cukup panjang.

Ia menulis dalam bahasa Inggris yang artinya, "Maaf, tapi unggahan ini akan cukup panjang. Ada kalanya saya masih berjuang mengatasi kecemasan dan depresi, terutama pada tahun 2019 sampai 2020. Bukan waktu yang mudah bagi saya untuk berkarya dan menghadapi semua suara di kepala saya pada masa itu."

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Cerita Vidi Aldiano Bertemu DPR IAN yang Jadi Penolongnya Saat Alami Depresi, Sempat Ngobrol Bareng

Festival musik Asia, "Asian Sound Syndicate Vol.2" telah sukses diadakan pada tanggal 26-27 Agustus 2023 lalu di JIEXPO Kemayoran. Festival musik ini melibatkan musisi K-Pop, Jepang, sampai Indonesia dengan genre R&B, Hip Hop, dan Pop.

DPR IAN, sebagai salah satu musisi asal dari Australia tersebut juga hadir untuk mengisi line-up festival musik tersebut sebagai penampil. Musiknya pun tidak hanya disukai oleh kalangan umum saja, tapi juga dari kalangan musisi lokal, salah satunya adalah Vidi Aldiano. Pelantun lagu "Tak Bisa Bersama" tersebut terlihat berfoto bersama dengan DPR IAN.

Tidak hanya dengan DPR IAN, kamera ponsel Vidi juga menangkap momen kebersamaannya dengan sesama musisi Indonesia, Isyana Sarasvati, dan dua artis lain yang juga berasal dari Dream Perfect Regime (DPR), yaitu DPR LIVE dan DPR CREAM.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.