Sukses

6 Manfaat Telur yang Dapat Kamu Peroleh Bila Rutin Mengonsumsinya

Apakah telur benar-benar menyehatkan? Lalu bagaimana jadinya jika kamu memakannya setiap hari? Simak Manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memakan telur setiap hari!

Liputan6.com, Jakarta - Telur telah menjadi menu favorit semua orang selama bertahun-tahun. Meskipun santapan berbentuk bulat ini tampak seperti sumber protein yang tidak berbahaya dan terjangkau, ada banyak informasi yang salah seputar nutrisinya.

Telur adalah salah satu makanan tinggi protein yang harganya paling terjangkau di toko kelontong, harganya dibanderol mulai Rp20.000 sampai Rp30.000-an per 1kg. Protein ini dapat bertahan di lemari es hingga lima minggu, jadi kamu tidak perlu khawatir jika protein tersebut akan cepat rusak, seperti jenis protein lainnya yaitu daging, ikan, atau unggas.

Mengganti makanan berprotein dengan telur untuk setiap harinya, dari makanan protein lain yang lebih mahal dapat membantumu menghemat uang dan mengurangi sisa makanan. Selain itu, telur sangat serbaguna sehingga dapat digunakan dalam segala hal, mulai dari frittata untuk sarapan hingga shakshuka untuk makan malam.

Meskipun sebagian orang percaya bahwa kandungan kolesterolnya tinggi, terutama bagian kuning telur, yang dikatakan dapat berbahaya bagi kesehatan, para ahli berpendapat bahwa kuncinya adalah tidak berlebihan. Namun, apakah telur benar-benar menyehatkan? Lalu bagaimana jadinya jika kamu memakannya setiap hari?

Inilah yang dikatakan ilmu pengetahuan tentang pengaruh mengonsumsi telur sehari terhadap tubuh dari waktu ke waktu. Seperti yang telah dilansir dari Eatingwell, ada enam manfaat telur bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi setiap harinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memberikan Energi

Meskipun porsinya kecil dan terjangkau, telur memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Kuning telur khususnya, merupakan sumber nutrisi penting seperti vitamin B12, vitamin D, dan kolin, yang semuanya penting untuk membantu tubuh kita memproses makanan menjadi energi yang kita butuhkan.

Ditambah lagi, kombinasi protein dan lemak sehat memberi telur daya tahan, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama.

Menyehatkan Rambut dan Kulit

Telur merupakan sumber beberapa vitamin B, termasuk vitamin B2, B5, dan B12. Semua nutrisi tersebut memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh, termasuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Semua vitamin B larut dalam air, artinya vitamin tersebut tidak bertahan lama di tubuh dan tidak mudah disimpan, jadi mengonsumsi telur secara teratur adalah cara yang baik untuk memastikan kebutuhan tubuhmu terpenuhi.

Telur juga kaya akan asam amino (protein pembangun) seperti metionin yang dapat membantu meningkatkan warna dan kelenturan kulit serta kekuatan rambut dan kuku.

3 dari 4 halaman

Menjernihkan Pikiran

Telur kaya akan kandungan mikronutrien kolin, yang digunakan untuk membantu menciptakan membran sel dan neurotransmitter penting dalam tubuh. Kolin adalah zat penting untuk daya ingat, suasana hati, kontrol otot, dan fungsi sistem saraf secara umum, jadi masuk akal mengapa tidak mendapatkan cukup kolin dapat membuat kamu menjernihkan pikiran. Mengonsumsi satu butir telur telah memenuhi sekitar 6% kebutuhan kolin harian kita, sehingga mengonsumsi telur dapat membantu mendukung kesehatan otak.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meskipun telur mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi, salah satunya adalah kolesterol. Satu butir telur menghasilkan sekitar 207 miligram kolesterol, yaitu 69% dari batas harian yang direkomendasikan oleh Pedoman Diet untuk Orang Amerika.

Meskipun demikian, mengonsumsi makanan berkolesterol tidak berhubungan langsung dengan peningkatan kadar kolesterol darah. Faktanya, kolesterol makanan memiliki dampak minimal terhadap kadar kolesterol darah kita. Beberapa penelitian bahkan berpendapat bahwa tidak ada cukup bukti untuk rekomendasi batas kolesterol DGA.

Sebuah tinjauan baru-baru ini di Nutrients menyatakan, bahwa meskipun beberapa makanan tinggi kolesterol dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, terutama kandungan lemak jenuh dalam kuning telur, tetapi telur dan udang merupakan pengecualian karena nilai gizinya yang tinggi.

4 dari 4 halaman

Tulang menjadi Kuat

Vitamin D penting untuk berbagai proses tubuh. Ini membantu mengatur tekanan darah, menurunkan risiko kanker tertentu, dan dapat memainkan peran positif dalam kesehatan mental. Salah satu fungsi terpenting vitamin D adalah membantu kita menjaga kesehatan tulang.

Hal ini dilakukan dengan meningkatkan penyerapan kalsium di usus, dan membantu menjaga kadar kalsium dan fosfor dalam kisaran yang mendorong pertumbuhan tulang yang sehat dan remodeling tulang.

Satu butir telur memenuhi 6% kebutuhan vitamin D kita, jadi menambahkan satu butir telur ke piring setiap hari dapat memberikan manfaat yang menyehatkan tulang.

Menjernihkan Mata

Kuning telur mengandung dua karotenoid, lutein, dan zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata. Zat tadi memainkan peran penting dalam perkembangan mata dan kesehatan penglihatan. Penelitian menunjukkan, bahwa tiga kandungan tadi bahkan bisa membantu menurunkan risiko penyakit mata umum yang berkaitan dengan usia.

Sayuran berdaun gelap adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang bagus, jadi resep seperti Sawi Goreng Tumis dengan Telur & Bawang Putih dapat membantu kamu mendapatkan manfaat ini sekaligus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.