Sukses

Pameran Karya Mahasiswa Product Design Engineering Binus, Hadirkan Hasil Inovasi Teknologi

Inovasi dari generasi muda menjadi salah satu kunci terpenting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, sehingga perlu ada wadah bagi kreativitas mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Peran inovasi teknologi dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi memang sangatl penting dan dapat memberikan dampak yang signifikan, terutama dalam hal promosi, memainkan peran kunci dalam menciptakan peluang baru, meningkatkan efisiensi, dan mendorong perkembangan ekonomi yang berkelanjutan.

Disamping itu, inovasi dari generasi muda menjadi salah satu kunci terpenting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, sehingga perlu ada wadah bagi kreativitas mereka.

Menyadari hal tersebut, BINUS ASO School of Engineering berinisiatif menggelar acara Product Design Engineering Exhibition.

Acara yang berlangsung pada 31 Juli dan 1 Agustus 2023 di Anggrek Campus BINUS Kemanggisan ini menghadirkan berbagai hasil karya para mahasiswa program Product Design Engineering di BINUS ASO.

Sesuai dengan namanya, Product Design Engineering Exhibition dari BINUS ASO terdiri dari berbagai booth yang menampilkan hasil inovasi para mahasiswa jurusan Product Design Engineering.

"Melalui acara ini, para mahasiswa dapat menawarkan ide dan solusi kreatif untuk bermacam-macam masalah di dunia nyata. Tak hanya hasil akhir berupa prototipe produk yang kasat mata, para partisipan juga diminta menunjukkan proses penciptaan ide dan produk dari awal sampai akhir," kata Head of Product Design Engineering Program, Ir. Yosica Mariana, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/9/2023).

Dengan kata lain, hal ini juga mencakup tahap konseptualisasi hingga perancangan prototipe untuk menunjukkan kerja keras serta dedikasi mereka kepada pengunjung.

Selain itu, setiap produk dan inovasi para mahasiswa juga berdasarkan prinsip keberlanjutan (sustainability), sesuai dengan salah satu pilar utama SDG (sustainable development goals) dari PBB yang bersifat internasional. 

Jadi, perancangan produknya perlu mempertimbangkan dampak bagi lingkungan, baik jangka pendek maupun panjang agar bisa meningkatkan pengalaman pengguna tanpa mengganggu kelestarian alam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan dan Manfaat Digelarnya Pameran

BINUS ASO School of Engineering menyelenggarakan Product Design Engineering Exhibition dengan satu tujuan utama, yakni memamerkan potensi kreatif para mahasiswanya. 

Dengan mendesain berbagai produk dan memperkenalkannya kepada khalayak umum, mahasiswa berkesempatan menerapkan ilmu teori di kelas untuk memecahkan masalah di kehidupan nyata.

Selain itu, mereka juga bisa melatih kemampuan komunikasi secara bersamaan, sejalan dengan visi misi BINUS ASO untuk menciptakan ahli dengan hard skill dan soft skill yang matang.

Selama durasi acara ini, para mahasiswa tentunya akan memiliki waktu untuk melihat hasil karya rekan-rekannya. Dengan demikian, mereka akan termotivasi untuk mencari ide kreatif serta bertukar pikiran dengan sesama mahasiswa.

Karena masyarakat umum juga bisa mengunjungi lokasi pameran ini, mereka dapat menemukan inspirasi untuk mencapai prestasi serupa atau bahkan lebih baik dari para mahasiswa. 

Tak hanya itu, pengunjung yang terdiri dari kalangan profesional, awam, hingga tenaga pengajar bisa memberikan kritik dan saran mengenai hasil karya mahasiswa, sehingga partisipan mampu mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan inovasi mereka untuk meningkatkannya.

“Masukan dari orang awam maupun pelaku industri itu penting supaya rencana desain lebih komprehensif. Makanya, kami ingin memberi wadah bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang melalui karya mereka,” ucap Ir. Yosica Mariana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.