Sukses

Menurut Pakar Hubungan, Ini Tempat Terbaik untuk Putus dengan Pasangan

Ingin putus dengan pacar Anda? Pilih tempat ini agar semua berjalan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali, putus cinta dengan seseorang tidak pernah menjadi pilihan akhir. Maka sangat penting dalam mempersiapkan apa yang terjadi saat hubungan asmara tersebut putus dan berakhir.

Di mana Anda akan putus dengan pasangan Anda mungkin merupakan keputusan yang lebih penting daripada yang Anda kira. Salah satunya mengenai tempat yang memungkinkan perpisahan agar bisa berlangsung dengan mudah dan lancar.

“Faktor kuncinya adalah lamanya percakapan (dua kali lipat dari apa yang Anda tebak) dan kedalaman emosi (marah, sedih, acuh tak acuh),” ucap pendiri Strategy For Dating, mengatakan kepada Insider, Len Rubel.

Tentu, Anda ingin memilih lokasi yang memfasilitasi percakapan dan memenuhi tujuan Anda. Terlebih jika percakapannya akan panjang, pasti Anda ingin suatu tempat di mana Anda dapat duduk dalam waktu lama tanpa diganggu dan di mana Anda tidak akan merasa terganggu, tidak membuat frustrasi atau menjengkelkan orang lain.

Untuk itu, ketahui dulu beberapa tempat yang memungkinkan Anda dan pasangan untuk putus. Seperti misalnya, apakah memungkinkan untuk mengakhiri hubungan asmara yang memungkinkan privasi, seperti rumah Anda.

“Putus di tempat pribadi selalu merupakan pilihan terbaik karena dapat menyebabkan air mata dan menjadi sangat emosional,” kata terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Dr. Lori Whatley, LMFT, PsyD.

"Semakin pribadi semakin baik. Memilih tempat yang tidak membuat pasangan Anda merasa rentan adalah ide yang bagus," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Publik Bukanlah Pilihan Terbaik

Walaupun Anda memikirkan beberapa tempat umum, seperti restoran atau bar, tapi sebenarnya hal ini bukanlah ide yang cukup baik.

“Penting untuk selalu mempertimbangkan tingkat emosi yang diharapkan dan dampaknya terhadap pasangan, serta bagaimana mereka bereaksi,” kata Whatley. "Semakin emosional, semakin banyak privasi yang harus diperhatikan."

Tidak hanya itu, lokasi yang bising dan riuh membuat Anda berdua tidak bisa mendengar satu sama lain dengan jelas. Padahal semua itu sebenarnya hal yang krusial saat putus.

“Tempat-tempat seperti bar yang ramai atau teater yang sepi tidaklah ideal,” kata Rubel. "Anda juga ingin membiarkan pasangan Anda mengekspresikan diri dan bisa pergi segera setelah percakapan selesai. Jadi, meskipun restoran bisa menjadi drama yang bagus pada film, sebenarnya itu adalah lokasi yang sangat tidak pengertian dalam kehidupan nyata."

3 dari 4 halaman

Jangan Putus di Tempat dengan Kenangan Bersama

Jika Anda berdua pergi ke suatu tempat tertentu untuk minum kopi di akhir pekan, merayakan acara-acara khusus, atau ketika Anda perlu dihibur, putus dengan mereka di sana hanya akan menodai kenangan dan hubungan Anda berdua.

“Jangan akhiri hubungan di kedai kopi yang Anda dan pasangan kunjungi setiap pagi selama lima tahun terakhir,” chief communications director dari PeopleLooker, kata Justin Lavelle.

"Pertimbangkan bahwa Anda dan pasangan kemungkinan besar memiliki minat, orang, dan tempat yang sama selama bertahun-tahun. Hubungan mungkin telah berakhir, tetapi itu tidak berarti bahwa aspek-aspek lain tersebut harus dinodai oleh orang lain. Pilihlah tempat yang menurut Anda tidak memiliki ikatan emosional apa pun dengan mereka."

Tempat umum mungkin merupakan pilihan yang lebih baik, dalam situasi tertentu. Lavelle mengatakan bahwa jika Anda khawatir pasangan Anda akan bereaksi dengan marah atau kasar, putus di tempat umum lebih baik daripada dilakukan secara pribadi.

“Dengan begitu, jika pasangan Anda menunjukkan perilaku yang meragukan, orang lain akan hadir untuk menyaksikan dan membantu Anda jika diperlukan,” tambah Lavelle. "Atau, Anda dapat membawa teman dekat dan meminta mereka bersiaga jika pasangan Anda membahayakan keselamatan Anda."

4 dari 4 halaman

Bisa di Tempat Anda atau Tempat Dia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terkadang untuk memutuskan hubungan memang lebih nyaman di tempat yang cukup privasi sehingga tidak mengganggu orang lain. Untuk itu, Anda bisa memilih apakah akan mengatakan putus saat pasangan ke rumah Anda atau malah sebaliknya.

Tentunya hal ini ada banyak kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saat Anda berada di rumah pasangan, Anda bisa segera meninggalkan tempat tersebut beberapa saat setelah kalian berdua putus. Namun, jika pasangan berada di rumah Anda, situasi mungkin menjadi tidak nyaman sehingga Anda sendiri tidak sanggup untuk melakukannya.

Pada akhirnya, Anda mungkin harus menyadari bahwa putus dengan seseorang tidaklah mudah, di mana pun Anda memilih untuk melakukan percakapan.

Meskipun beberapa lokasi mungkin cocok atau lebih cocok untuk Anda berdua, yang dapat Anda lakukan hanyalah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan pilihan dan memilih salah satu yang menurut Anda akan membuat percakapan sedikit lebih mudah bagi kalian berdua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.