Sukses

Mengenal Skiatika, Kondisi Nyeri Punggung Kronis yang Sempat Bikin Adele Pingsan

Kondisi ini sempat membuat Adele pingsan saat sedang berada di belakang panggung.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini Adele memang tengah disibukkan dengan pagelaran konser yang bertajuk Weekends with Adele The World Tour.  Namun pada akhir Agustus lalu, ia dikabarkan pingsan saat sedang berada di belakang panggung. Di mana, Adele sendiri sedang melangsungkan konser di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dihimpun dari Mirror UK, Jumat (8/9/2023), penyanyi berusia 35 tahun ini mengatakan seluruh tubuhnya harus 'diangkat dari lantai' setelah dia terjatuh karena kesakitan. Bahkan, Adele mengatakan kepada para penggemar di The Colosseum bahwa salah satu anggota timnya mendapatinya tidak dapat bergerak ke belakang panggung selama serangan skiatika terjadi.

Menurut The Sun, Adele terpaksa mengambil waktu istirahat dan meninggalkan panggung saat terjadi gejolak ini di akhir pekan. Ia mengakui, “Saya akan duduk dan mengistirahatkan penyakit skiatika saya.”

Dia mengatakan kepada orang banyak bahwa dia telah 'membual' tentang kesembuhan dari sakit punggung kronisnya tetapi 'kemudian Tuhan memulihkannya kembali.' Setelah tertatih-tatih melintasi panggung, Adele mengaku.

"Saya punya dua [lagu] lagi, saya harus pergi ke sisi lain panggung. Saya harus berjalan tertatih-tatih akhir-akhir ini karena saya menderita penyakit skiatika yang sangat parah."

Dalam sebuah wawancara dengan The Face pada tahun 2021, pelantun Someone Like You ini berbagi wawasan tentang hidupnya dengan kondisi punggung yang melemah dengan mengatakan, "Saya telah merasakan sakit di punggung saya selama, seperti, separuh hidup saya. Punggung saya kembali kambuh, biasanya karena stres atau karena postur tubuh yang salah."

Lalu, sebenarnya seperti apa itu penyakit skiatika yang diidap oleh penyanyi asal Inggris ini hingga mengganggu kesehatannya? Untuk informasi selengkapnya, yuk, baca sampai habis!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Skiatika yang Adele Alami

Dilansir dari Clevelandclinic, skiatika adalah nyeri saraf akibat cedera atau iritasi pada saraf skiatik Anda. Selain rasa sakit, penyakit ini juga bisa menyebabkan kesemutan atau mati rasa di punggung atau bokong yang mungkin juga menjalar ke kaki Anda. Gejala yang lebih parah juga mungkin terjadi.

Saraf skiatik Anda adalah saraf terpanjang dan paling tebal di tubuh Anda. Lebarnya mencapai 2 sentimeter. Terlepas dari namanya, itu bukan hanya satu saraf. Ini sebenarnya adalah kumpulan saraf yang berasal dari lima akar saraf yang bercabang dari sumsum tulang belakang Anda.

Anda memiliki dua saraf skiatik, satu di setiap sisi tubuh Anda. Setiap saraf skiatik melewati pinggul dan bokong Anda di satu sisi. Mereka masing-masing turun ke kaki di sisi tubuh Anda hingga mencapai tepat di bawah lutut Anda.

Sesampainya di sana, saraf tersebut terpecah menjadi saraf lain yang terhubung ke bagian bawah, termasuk tungkai bawah, kaki, dan jari kaki.

Menderita skiatika berarti Anda dapat mengalami nyeri ringan hingga parah di mana saja yang memiliki saraf yang terhubung ke saraf skiatik.

Gejalanya dapat memengaruhi punggung bagian bawah, pinggul, bokong, atau kaki. Beberapa gejala mungkin meluas hingga ke kaki dan jari kaki, bergantung pada saraf spesifik yang terkena.

3 dari 4 halaman

Gejala dan Penyebab Skiatika

Gejala skiatika dapat meliputi:

  • Nyeri

Nyeri skiatika terjadi karena adanya tekanan pada saraf yang terkena. Kebanyakan orang menggambarkan nyeri skiatika sebagai rasa terbakar atau seperti sengatan listrik. Rasa sakit ini juga sering menjalar atau menjalar ke kaki di sisi yang terkena. Nyeri umumnya timbul saat batuk, bersin, menekuk atau mengangkat kaki ke atas saat berbaring telentang.

  • Kesemutan atau paresthesia

Hal ini mirip dengan perasaan yang Anda rasakan ketika ada kaki yang tertidur karena duduk bersila.

  • Mati rasa

Ini adalah saat Anda tidak dapat merasakan sensasi pada kulit di area punggung atau kaki yang terkena. Hal ini terjadi karena sinyal dari punggung atau kaki Anda mengalami kesulitan mencapai otak Anda.

  • Kelemahan otot

Ini adalah gejala yang lebih parah. Ini berarti sinyal perintah otot mengalami kesulitan mencapai tujuannya di punggung atau kaki Anda.

  • Inkontinensia urine atau inkontinensia tinja

Ini adalah gejala yang sangat parah. Ini berarti sinyal yang mengontrol kandung kemih dan usus Anda tidak mencapai tujuannya.

Penyebab Skiatika

Skiatika dapat terjadi karena kondisi apa pun yang mempengaruhi saraf skiatik. Hal ini juga dapat terjadi karena kondisi yang mempengaruhi salah satu dari lima saraf tulang belakang yang berkumpul membentuk saraf skiatik.

Kondisi yang dapat menyebabkan skiatika antara lain:

  • Herniated disks.
  • Degenerative disk disease.
  • Spinal stenosis.
  • Foraminal stenosis.
  • Spondylolisthesis.
  • Osteoarthritis.
  • Cedera.
  • Mengalami kehamilan.
  • Tumor, kista, atau pertumbuhan lainnya dalam tubuh.
  • Conus medullas syndrome.
  • Cauda equina syndrome.
4 dari 4 halaman

Apa Saja Faktor Terjadinya Skiatika?

Karena skiatika dapat terjadi karena berbagai alasan, ada banyak faktor risiko potensial, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Memiliki cedera saat ini atau sebelumnya

Cedera pada tulang belakang atau punggung bagian bawah meningkatkan risiko terkena linu panggul.

 

  • Berat badan berlebih atau obesitas

Tulang belakang Anda seperti derek konstruksi ketika berdiri tegak. Beban yang Anda bawa di bagian depan tubuh Anda adalah beban yang harus diangkat oleh tulang belakang (bangau) Anda. Otot-otot di punggung Anda seperti kerekan dan kabel, yang menarik agar Anda tetap vertikal. Semakin banyak beban yang Anda miliki, semakin banyak otot punggung Anda harus bekerja. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan punggung, nyeri, dan masalah lainnya.

  • Memiliki "core" yang tidak mencukupi

Core Anda adalah istilah untuk otot punggung dan perut (daerah perut). Seperti analogi derek, memiliki core yang lebih kuat seperti meningkatkan komponen derek untuk menangani beban yang lebih berat. Otot-otot perut Anda penting karena membantu menopang otot punggung Anda.

  • Pekerjaan Anda

Pekerjaan yang memerlukan angkat berat, banyak membungkuk, atau bekerja dengan posisi yang janggal atau tidak biasa dapat meningkatkan risiko masalah pinggang. Namun, pekerjaan dengan duduk dalam waktu lama – terutama tanpa penyangga punggung yang tepat – juga dapat meningkatkan risiko masalah punggung bawah.

  • Tidak menggunakan postur yang baik saat mengangkat

Meskipun Anda sehat secara fisik dan aktif, Anda tetap rentan terkena skiatika jika Anda tidak mengikuti bentuk tubuh yang benar saat angkat beban, latihan kekuatan, atau aktivitas serupa.

  • Menderita diabetes

Diabetes tipe 2 meningkatkan risiko neuropati perifer terkait diabetes. Hal itu merusak saraf Anda, termasuk saraf mana pun yang dapat menyebabkan atau berkontribusi terhadap skiatika.

  • Ketidakaktifan fisik

Duduk dalam waktu lama dan kurangnya aktivitas fisik dapat berkontribusi pada peningkatan risiko skiatika.

  • Menggunakan tembakau

Penggunaan nikotin dapat memengaruhi sirkulasi dan meningkatkan risiko nyeri kronis. Itu termasuk kondisi seperti linu panggul.

  • Penyebab yang tidak diketahui

Banyak kasus skiatika tidak memiliki penyebab yang dapat ditemukan oleh penyedia layanan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.