Sukses

Belajar dari Warga Blue Zone, Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Hidup Sehat dan Panjang Umur

Konsumsi makanan ini bisa Anda adaptasi supaya hidup lebih sehat dan panjang umur.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda membayangkan akan berumur panjang? Bagi sebagian orang, tentunya ingin bisa memiliki masa hidup yang lebih lama hingga tua dan sehat. Nyatanya, ada banyak orang di dunia yang ternyata bisa memiliki umur panjang, bahkan usia mereka bisa mencapai 100 tahun? 

Dari wilayah Jepang, Kosta Rika, hingga Italia, penduduknya memiliki tingkat hidup tertinggi di dunia hingga usia 100 tahun, bahkan bisa lebih tua dan dikenal dengan wilayah Blue Zone. Lalu apa rahasia umur panjang mereka?

Ternyata, banyak orang dengan umur terpanjang ini memiliki kebiasaan sehat yang mirip. Termasuk bisa dilihat dari konsumsi makanan, seperti pola makan nabati dengan banyak karbohidrat, lemak sehat, dan serat. Dan makanan terbaik untuk panjang umur pun sebenarnya bisa kita dapatkan secara singkat saat berbelanja.

Ya, tidak sulit untuk memasukkan makanan ala Blue Zone ke dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Seperti dihimpun dari Insider, Rabu (6/9/2023), menurut Dan Buettner, penulis buku dan serial dokumenter Netflix: Live to 100: Secret of The Blue Zone, mengeksplorasi apa yang bisa dipelajari tentang cara mereka agar mengupayakan untuk tetap hidup sehat dan panjang umur.

Seperti misalnya, mereka jarang mengandalkan bahan-bahan eksotik atau mahal untuk makan sehat. Sebagian besar makanan pokok dalam diet Blue Zone adalah makanan sederhana dan mudah didapat seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, dan rempah-rempah yang mungkin bisa Anda temukan di toko bahan makanan.

Penasaran apa saja contohnya? Ini dia daftar makanan yang bisa Anda sontek. Yuk, dicek sekarang!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Olive oil

Bukan rahasia lagi bahwa minyak zaitun atau olive oil merupakan bahan penting dalam masakan dalam pola makan tradisional Mediterania, yang ditemukan di Blue Zone termasuk Sardinia, Italia, dan Ikaria, Yunani.

Minyak zaitun adalah bahan serbaguna untuk salad, saus, atau resep sederhana seperti tumis sayuran. Terlepas dari mana lemak tersebut muncul dalam makanan, sebenarnya lemak kaya akan jenis lemak penting yang dikenal sebagai asam lemak tak jenuh.

Manfaatnya dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol, serta antioksidan yang dikaitkan dengan penurunan risiko banyak penyakit. Termasuk beberapa jenis kanker.

Selain itu, minyak zaitun juga berperan untuk mengubah pola makan Anda. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa mengganti butter atau lemak olahan dengan minyak zaitun dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

2. Rempah-rempah

Elemen penting dari masakan Blue Zone adalah membuat makanan nabati menjadi lezat dengan penggunaan rempah-rempah dan juga tanaman herbal yang berani dan banyak. Sebab rempah-rempah menyediakan nutrisi nabati yang disebut antioksidan, yang memiliki sifat melawan penyakit.

Salah satu daya tarik bumbu dan rempah adalah membuat makanan dapat dinikmati tanpa menggunakan bahan tambahan olahan, seperti gula, garam, dan perasa buatan.

Selain itu, rempah-rempah atau tanaman herbal, juga muncul dalam bentuk teh buatan sendiri. Seringkali dari tanaman yang ditanam di kebun, termasuk rosemary, sage, dan common mallow.

3 dari 4 halaman

3. Madu

Sudah bukan rahasia lagi, terlalu banyak gula bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Ini juga merupakan bahan utama dalam makanan ultraproses, yang dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Namun penduduk Blue Zone dapat hidup hingga usia 100 tahun tanpa mengorbankan rasa manisnya. Alasannya karena sebagian karena mereka menjadikan makan madu mentah sebagai kebiasaan yang sehat.

Menikmati sedikit madu yang belum diolah, baik sesendok atau dalam teh herbal, bisa memberikan antioksidan dan dapat membantu mengurangi kolesterol.

4. Kacang-kacangan

Diet Blue Zone juga tidak harus melepaskan makanan ringan, tetapi Anda tidak akan melihat orang-orang yang berumur seratus tahun meraih sekantong keripik kentang.

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan favorit di seluruh dunia. Mulai dari pistachio di Kosta Rika hingga almond di Italia dan Yunani, atau berbagai jenis lainnya yang dinikmati di daerah lain seperti Loma Linda, California.

Kacang-kacangan adalah sumber mineral penting dan lemak tak jenuh, serta beberapa protein nabati. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga tinggi serat, penting untuk kesehatan usus dan metabolisme.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan kacang-kacangan bersama dengan makanan pada masyarakat Blue Zone lainnya, seperti biji-bijian, dapat menambah umur mereka hingga satu dekade.

4 dari 4 halaman

5. Buah-buahan dan sayur

Meskipun sayuran berdaun hijau merupakan sayuran penting dalam masakan Blue Zone, banyak masakan juga sangat bergantung pada makanan kaya karbohidrat. Seperti contohnya, kentang dan labu.

Selain itu, orang-orang di Okinawa juga suka mengonsumsi ubi ungu yang kaya akan vitamin dan mineral, dan merupakan makanan sehat yang penting di wilayah tersebut ketika sumber nutrisi lain sulit ditemukan.

Di Nicoya, Kosta Rika, makanan tradisionalnya menggabungkan labu bersama jagung dan biji-bijian, yang umumnya dikenal sebagai "tiga saudara perempuan" dan ditanam serta disiapkan bersama. Kombinasi ini menyediakan semua asam amino esensial untuk membentuk protein lengkap.

6. Biji-bijian

Jika ada satu makanan yang paling disukai di Blue Zones, itu adalah biji-bijian. Murah, mudah didapat, dan serbaguna, segala jenis biji-bijian mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang dapat membantu menyantap makanan agar Anda tetap kenyang dan memberikan energi yang seimbang. Mereka juga merupakan sumber protein nabati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.