Sukses

7 Kepribadian Orang yang Memiliki IQ Tinggi Menurut Sains

Menurut sains berikut ini deretan kepribadian orang cerdas atau memiliki IQ tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Kecerdasan dapat memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang, namun secara umum, kecerdasan dianggap sebagai kemampuan memahami informasi, memiliki kapasitas logika, pemahaman, kesadaran diri, kreativitas, dan kemampuan memecahkan masalah.

Ketika Anda sangat cerdas, Anda dianggap mempunyai kinerja otak yang besar atau memiliki IQ tinggi, dan orang-orang menganggap Anda pasti berpendidikan tinggi.

Banyak yang berpendapat bahwa seseorang dianggap sangat cerdas jika mereka dapat mengerjakan soal matematika yang sulit di kepala mereka atau menciptakan mesin untuk menyelamatkan dunia. 

Namun sebenarnya, beberapa ciri orang memiliki IQ tinggi umumnya tidak dikaitkan dengan memiliki kecerdasan yang tinggi. Umumnya mereka pun memiliki beberapa kepribadian yang dapat menggolongkan mereka sebagai orang dengan IQ di atas rata-rata. Menurut sains berikut ini deretan kepribadian orang dengan IQ tinggi dilansir dari Yourtango, Kamis (31/8/2023).

1. Memiliki Masalah dengan Mental Health

Dalam film (yang berdasarkan kisah nyata) "A Beautiful Mind", tokoh utama, John Nash, adalah seorang ahli matematika brilian yang menangani skizofrenia.

Hubungan antara penyakit mental dan kecerdasan sangat kontroversial, tetapi beberapa orang paling berbakat dalam sejarah seperti Edgar Allan Poe, Jackson Pollock, dan Amy Winehouse, semuanya menderita bipolar.

Alasan spesifik untuk hubungan ini tidak jelas, namun sebuah penelitian menemukan bahwa protein tertentu yang terkait dengan memori dan rasa ingin tahu juga dikaitkan dengan gangguan bipolar dan skizofrenia pada manusia.

Studi lain menunjukkan bahwa kemampuan yang dibutuhkan untuk memecahkan persamaan matematika yang rumit dan memproses informasi dengan cepat juga dapat membuat orang berisiko mengalami mania (sejenis gangguan bipolar).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sering Melontarkan Sumpah serapah

Jika Anda menemukan seseorang yang suka melontarkan sumpah serapah, mungkin Anda berpikir bahwa mereka bukan orang yang cerdas namun ilmu pengetahuan mengatakan sebaliknya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Studi Bahasa menemukan bahwa orang yang mengumpat memiliki kosakata yang lebih banyak (suatu sifat yang terkait dengan kecerdasan tinggi) dibandingkan mereka yang tidak.

3. Tak Takut Mengambil Risiko

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa individu yang terbuka terhadap tantangan baru dan tidak takut mengambil risiko cenderung lebih cerdas.

Studi tersebut menggunakan simulasi mengemudi dan menemukan bahwa peserta yang membuat keputusan berisiko selama tes memiliki lebih banyak materi otak putih, area otak yang terkait dengan fungsi kognitif.

3 dari 4 halaman

4. Orang yang Cerdas Memiliki Sifat Malas

Sebuah studi dari Florida Gulf Coast University menemukan bahwa orang yang lebih pintar cenderung lebih malas karena mereka memiliki rentang perhatian yang panjang. Orang yang berotak besar tidak harus terus-menerus melakukan sesuatu, mereka bisa duduk dan berpikir saat otak mereka semakin besar.

5. Anak Tertua Cenderung Lebih Pintar

Semua orang tahu bahwa anak tertua dalam sebuah keluarga cenderung berprestasi karena mendapat perhatian paling besar dari orang tuanya. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak tertua cenderung memiliki lebih banyak peraturan yang harus dipatuhi dan pengawasan orang tua yang lebih intens, terutama terkait pekerjaan rumah dan nilai.

4 dari 4 halaman

6. Kerap Menderita Kecemasan

Sebuah penelitian di SUNY Downstate Medical Center di New York menemukan bahwa orang yang mengalami kecemasan memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak menderita kecemasan.

Masuk akal jika Anda menderita kecemasan. Anda terus-menerus khawatir dan memikirkan berbagai hasil untuk suatu situasi, dan melihat hal-hal dari masa lalu yang dapat memengaruhi berbagai situasi. Orang-orang ini sangat pandai dalam pemecahan masalah, berpikir kritis, dan penalaran abstrak.

7. Kebanyakan Pecinta Kucing

Para peneliti dari Carroll University menganalisis 600 peserta mahasiswa dan menemukan bahwa pecinta kucing mendapat nilai lebih tinggi dalam tes kecerdasan dibandingkan pecinta anjing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.