Sukses

Heboh Perburuan Monster Terbesar Loch Ness, Berhasilkah Makhluk Itu Ditemukan?

Baru-baru ini digelar perburuan Loch Ness secara besar-besaran, lantas berhasilkah monster khayalan tersebut ditemukan?

Liputan6.com, Jakarta - Legenda Monster Loch Ness telah membuat banyak orang penasaran. Baru-baru ini digelar perburuan monster khayalan tersebut secara besar-besaran. Setelah 90 tahun munculnya penampakan pertama Loch Ness di zaman modern, para penggemar kembali mengunjungi danau indah di sudut tenang Dataran Tinggi Skotlandia ini dengan harapan mengubah mitos menjadi kenyataan.

Pihak penyelenggara menyebut acara akhir pekan itu sebagai perburuan “Nessie” terbesar yang diselenggarakan selama 50 tahun. Dan para pemburu datang dengan membawa bantuan teknologi tinggi yaitu sonar untuk memetakan dasar danau, drone pencitraan termal untuk memindai permukaan, dan hidrofon untuk mendengar suara-suara aneh dari kedalaman.

Acara ini bahkan terbuka untuk publik global, ratusan orang diundang untuk menonton siaran langsung permukaan air agar lebih banyak perhatian dalam pencarian.

Bahkan dengan semua mesin dan tambahan tenaga kerja, pertemuan di Loch Ness bertujuan untuk menghidupkan kembali pengetahuan lama dan juga menyelesaikan ilmu pengetahuan yang sulit.

Pihak penyelenggara mengatakan mereka merencanakan akhir pekan ini untuk membangkitkan minat generasi baru pemburu Nessie terhadap legenda tersebut.

“Ini tentang inspirasi,” kata Alan McKenna, kepala Loch Ness Exploration, sebuah kelompok penelitian independen yang berbasis di tepi danau yang merencanakan acara tersebut sebagai semacam panggilan bagi para sukarelawan, dilansir dari NBC News, Selasa (29/8/2023).

“Untuk alasan yang sangat egois, saya tidak ingin misteri Loch Ness atau ketertarikan terhadap Loch Ness itu sendiri berkurang dengan cara apapun.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Legenda Loch Ness seolah mencerminkan harapan orang yang memandangnya

Alasan “egois” tersebut tidak termasuk motif komersial, kata McKenna, yang menambahkan bahwa dia adalah sukarelawan yang tidak dibayar. Meskipun legenda tersebut dapat mendatangkan 41 juta pound (sekitar $52 juta) setiap tahunnya bagi perekonomian Skotlandia, menurut sebuah penelitian pada tahun 2018 yang dilaporkan oleh surat kabar Scotland’s Press and Journal, para penggemar seperti McKenna mengatakan bahwa pencarian ini sebenarnya hanya tentang bersenang-senang, menjaga kepercayaan, dan menjelajahi alam.

Ibarat permukaan danau, legenda Loch Ness seolah mencerminkan harapan orang yang memandangnya.

“Saya pikir dia punya bayi dan dia sedang menjaga mereka sekarang. Jadi itu sebabnya dia bersembunyi dari kita," kata Alba Sydow (8 tahun) saat dia mengamati danau bersama orangtuanya dari Deepscan, salah satu perahu pencari penyelenggara. 

Ayah Alba, Malcolm Begg, seorang karyawan perusahaan farmasi, memiliki gagasan yang sangat spesifik tentang monster itu.

“Saya pikir itu seperti diplodocus dengan sirip,” katanya, mengacu pada dinosaurus era Jurassic, sambil menyesali bahwa sebagian besar gambar monster itu terlalu berbintik untuk membedakan bentuk pastinya.

3 dari 4 halaman

Awal mula munculnya legenda Loch Ness

Fokus dari acara dua hari ini adalah di Loch Ness Centre, yang menyelenggarakan prosesnya bekerja sama dengan Loch Ness Exploration, sebuah tim peneliti sukarela. 

Pusat yang baru saja direnovasi ini bertempat di bekas hotel tempat Aldie Mackay, seorang karyawan hotel, melihat “binatang buas” atau “ikan mirip ikan paus” pada tahun 1933, penampakan monster modern pertama yang memicu fenomena global.

Namun, legenda tersebut berasal dari tulisan abad ketujuh di mana seorang biksu Irlandia melaporkan telah bertemu dengan “binatang air” yang menganiaya seorang perenang.

Alistair Matheson, nakhoda Deepscan, yang menjelajahi danau bersama sukarelawan pencari seperti Alba, menunjukkan bagaimana teknologi sonar kapal baru-baru ini menemukan garis sempurna monster besar berbentuk Nessie.

Namun, bentuk di layar radar Matheson ternyata adalah model Nessie yang tenggelam yang dibuat untuk film tentang monster tersebut dan kemudian ditinggalkan di dasar danau.

Bahkan logo Loch Ness Centre, gambar sejenis belut berpunuk yang sedang berlayar melintasi ombak di permukaan danau, berasal dari foto hitam-putih tahun 1934 yang kabur dan kemudian terbukti palsu.

Namun, Matheson menggambarkan dirinya sebagai “orang yang beriman,” meskipun ia membayangkan monster itu sebagai “sesuatu dari Bumi ini atau sesuatu yang sedikit lebih realistis” daripada makhluk kuno, alien, atau supernatural. 

Para ilmuwan berspekulasi bahwa penampakan tersebut bisa jadi adalah ikan lele berukuran besar atau belut raksasa. Namun selain mengosongkan seluruh danau, kata Matheson, tidak ada yang benar-benar dapat menyangkal legenda yang telah menjadi keyakinan banyak orang.

“Orang-orang datang ke sini, mereka putus asa, mereka mencari, terus mencari,” katanya. “Dan mereka benar-benar ingin berharap bahwa ada sesuatu yang kita manusia, Anda tahu, kami pikir kami bisa mengetahui segalanya, sampai batas tertentu.”

 

4 dari 4 halaman

Tidak ditemukan tanda-tanda adanya Loch Ness

Akhir pekan di Dataran Tinggi Skotlandia menarik perhatian beberapa orang yang menganggap Nessie lebih sebagai pekerjaan daripada hobi.

Ken Gerhard, seorang ahli kriptozoologi Amerika yang meneliti dan menulis tentang “hewan” yang hidup di pinggiran realitas yang kita ketahui, seperti Bigfoot, Chupacabra, dan Mothman, melakukan perjalanan ke Skotlandia dari Amerika hanya untuk acara tersebut.

“Saya 90% yakin dia ada,” kata Gerhard, yang juga tampaknya percaya pada feminitas monster itu. “Saya belum pernah melihat atau mengamati apa pun, tetapi jika Anda menyelami buktinya, Anda akan mendapatkan lebih dari seribu penampakan bagus yang sangat konsisten.”

Di luar “bukti” fotografis yang lemah, argumen utama orang-orang yang mendukung keberadaan Nessie adalah bahwa ukuran danau yang sangat besar dan perairan yang gelap dan bergambut membuat mustahil untuk mengesampingkan keberadaan makhluk besar sekalipun.

Memang benar, McKenna mengatakan mereka mendengar beberapa suara “sangat aneh” pada hari Jumat lalu, tapi sayangnya peralatan perekam belum terhubung ke sumber listrik.

“Mungkin saja gas tersebut keluar dari dasar danau,” katanya. “Bisa jadi itu binatang.”

“Tentu saja, itu bisa jadi adalah Monster Loch Ness yang sulit ditangkap,” tambahnya.

Jadi, jika ada di antara peserta yang mengharapkan akhir pekan ini menghasilkan wahyu, mereka akan pulang dengan kecewa.

Tidak ada yang menemukan monster itu tapi mungkin bukan itu intinya.

Bagi banyak orang ini adalah ziarah iman, semacam respons terhadap fakta-fakta nyata yang bersifat teknologi tinggi yang hanya memberi kita sedikit ruang untuk keajaiban dan misteri.

“Saya pikir akan selalu ada sebagian kecil dari diri saya yang ingin percaya,” kata Craig Whitefield seorang administrator medis dari Skotlandia yang menghabiskan akhir pekan mengamati permukaan danau dengan teropong.

Seperti relawan lainnya, Whitefield mengatakan bahwa hanya mengosongkan salah satu danau terbesar di dunia dan memeriksa setiap sudut dan celah dasar danau akan memuaskan rasa penasarannya.

“Sama halnya dengan setiap legenda di luar sana,” katanya. “Hanya perlu satu orang untuk percaya, dan itu akan terus berlanjut.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.