Sukses

Tanggal Merah Bulan September 2023 Berapa Hari? Cek Daftarnya di Sini

Adapun tanggal merah bulan September 2023 ini sudah tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB).

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan September hanya ada satu libur Nasional 2023. Pada Kamis, 28 September 2023 menjadi tanggal merah atau libur nasional untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Adapun tanggal merah bulan September 2023 ini sudah tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB). Keputusan tersebut tertuang dalam SKB No. 1006/2022, No. 3/2022, dan No. 3/2022 dari situs resmi Kemenkoppmk, ada sekitar 15 hari libur nasional dan juga daftar cuti bersama di tahun 2023 ini.

Hal itu diputuskan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Tentang Hari Libur Nasional 2023 dan Cuti Bersama tahun 2023 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas.

Selain peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pada tahun 2023 ini tersisa satu hari Libur Nasional. Sementara untuk libur cuti bersama, hanya tersisa satu di akhir tahun 2023.

Namun, ada beberapa peringatan hari besar pada bulan September, di antaranya:

  • 1 September: Hari Polisi Wanita (Polwan)
  • 3 September: Hari Palang Merah Indonesia
  • 4 September: Hari Jilbab Internasional
  • 8 September: Hari Pamong Praja
  • 9 September: Hari Olahraga Nasional
  • 11 September: Hari Radio Republik Indonesia
  • 15 September: Hari Demokrasi Internasional
  • 21 September: Hari Alzheimer Internasional
  • 29 September: Hari Jantung Sedunia

Berikut sisa hari Libur Nasional 2023:

  • 28 September: Maulid Nabi Muhammad SAW
  • 25 Desember : Hari Raya Natal

Sementara itu, ini sisa Libur Cuti Bersama tahun 2023:

  • 26 Desember : Hari Raya Natal

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan yang bisa dilakukan saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Bagi umat muslim, Rabiul Awal adalah bulan yang dimuliakan dan bulan yang ditunggu oleh umat Islam. Karena di bulan inilah Nabi Muhammad SAW dilahirkan. 

Dalam Kalender Islam atau Hijriyah, Maulid Nabi SAW dirayakan setiap 12 Rabiul Awal setiap tahunnya. Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut tahun ini jatuh pada Kamis, 28 September 2023.

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, umat Muslim dianjurkan melakukan sejumlah amalan. Lantas apa saja amalan yang bisa dilakukan umat muslim dalam memperingati Maulid Nabi? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber:

1. Puasa Sunah

Salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad adalah berpuasa. Rasulullah SAW selalu memperingati hari lahirnya dengan berpuasa pada hari Senin. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadits berikut ini:

"Pada hari itu aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan (atau hari itu diturunkan Al-Qur’an kepadaku)". (HR. Muslim)

Artikel tentang empat amalan yang bisa umat muslim lakukan saat peringatan Maulid Nabi menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang tiga zodiak paling berorientasi pada keluarga menurut astrologi.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang ketahui lima tanda kanker serviks yang perlu dideteksi sejak dini.

2. Bersedakah

Selanjutnya amalan sunnah untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa dilakukan ialah bersedekah. Hal ini dilakukan untuk memperingati kelahiran Rasulullah sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Terlebih lagi keutamaan bersyukur bagi umat muslim salah satunya ialah Allah akan menambah nikmat dan dilapangkan rizkinya. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surah Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

"Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, 'Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih'," (QS Ibrahim ayat 7).

3. Berzikir

Berzikir kepada Allah SWT juga bisa menjadi salah satu amalan yang dilakukan umat muslim untuk memperingati Maulid Nabi. Hal ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dan supaya setiap muslim selalu mengingat Allah.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ar-Ro’d ayat 28 yang berarti:

"Yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tentram dengan dzikir pada Allah, ingatlah dengan dzikir pada Allah itu, maka hati pun akan merasa aman dan tentram." (QS Ar-Ro’d;28).

4. Membaca Sholawat

Salah satu amalan sunah untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah membaca sholawat sebanyak-banyaknya. Sholawat nabi bisa dibaca kapan saja tanpa mengenal waktu mulai dari pagi, siang, sore, dan malam. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surah Al-Qur’an berikut ini:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al Ahzab: 56).

3 dari 3 halaman

Cara Cek Hari Libur Nasional di Ponsel

Anda juga bisa melihat jadwal hari libur nasional 2023 di smartphone melalui aplikasi Google Calender tanpa harus terlihat berantakan, karena tergabung dengan jadwal acara atau catatan lain di kalender. Caranya:

  • Buka aplikasi Google Calendar di smartphone,
  • Pilih opsi tiga garis di bagian pojok kiri atas lalu pilih Setelan
  • Ketuk Hari libur
  • Hari libur negara dan wilayah akan muncul
  • Di samping kalender hari libur langganan, ketuk Hanya hari libur nasional
  • Di bagian bawah, pilih Oke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.