Sukses

Top 3: Waspadai Tanda Dini Diabetes di Penglihatan yang Tak Boleh Diabaikan

Artikel tentang dokter ingatkan tanda dini diabetes di penglihatan yang tak boleh diabaikan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Penglihatan kabur, yang bisa datang "secara bertahap atau tiba-tiba", adalah tanda peringatan utama diabetes, jelas seorang dokter. Menurut Dr Chien Wong, meskipun penyakit mata "sangat umum" pada penderita diabetes bukan berarti menjadi gejala pertama, perubahan penglihatan bisa menjadi indikator awal.

Direktur dan konsultan ahli bedah mata di OCL Vision, Dr Wong mengatakan: "Di Inggris, hampir semua orang dengan tipe 1, dan hampir dua pertiga dari mereka dengan diabetes tipe 2, akan menderita beberapa derajat penyakit mata diabetes dalam waktu 20 tahun setelah didiagnosis."

Sementara itu, penglihatan kabur mungkin merupakan salah satu gejala pertama yang harus Anda perhatikan.

Ketika kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi, lensa di dalam mata bisa membengkak - mengakibatkan penglihatan kabur untuk sementara. Sebaliknya, kadar gula darah yang sangat rendah dapat menyebabkan masalah serupa.

Dr Wong menekankan pentingnya mengidentifikasi perubahan penglihatan "sejak dini", seperti yang dilaporkan oleh Express.co.uk.

“Diabetes menyebabkan pembuluh darah normal di retina – lapisan saraf sensitif di bagian belakang mata – menjadi rusak seiring berjalannya waktu. Ketika pembuluh darah rusak, cairan dapat bocor dan menyebabkan pembengkakan retina,” jelas Dr. Wong.

Artikel tentang dokter ingatkan tanda dini diabetes di penglihatan yang tak boleh diabaikan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 6 budaya Jepang paling terkenal yang wajib diketahui wisatawan.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang 6 zodiak paling agresif dan tak segan berlaku kasar.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Dokter Ingatkan Tanda Dini Diabetes di Penglihatan yang Tak Boleh Diabaikan

 

Mereka juga bisa berhenti bekerja sepenuhnya di area yang dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal pembuluh darah baru yang berdarah, dan pada kasus lanjut ablasi retina atau glaukoma. Kunci untuk mencegah hal ini terjadi adalah mengidentifikasinya sejak dini, sebelum terjadi kerusakan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki.

Dia menambahkan bahwa "munculnya floaters, atau titik-titik kecil yang tiba-tiba, yang mungkin menandakan pendarahan di dalam mata Anda, harus diselidiki oleh ahli optik berpengalaman "sesegera mungkin."

Diabetes.co.uk menyarankan: "Penglihatan kabur dapat memengaruhi satu mata (penglihatan kabur unilateral) atau kedua mata (penglihatan kabur bilateral), dan dapat terjadi sering atau jarang. Terlepas dari seberapa sering itu terjadi, itu tidak boleh dibiarkan tidak diobati karena bisa menjadi indikator masalah mata lain yang lebih serius."

Penglihatan kabur juga terdaftar sebagai salah satu gejala utama diabetes oleh NHS. Panduan juga menyatakan Anda harus mengunjungi dokter Anda sesegera mungkin jika Anda mengalami gejala utama, yang juga meliputi:

  • merasa sangat haus
  • buang air kecil lebih sering dari biasanya, terutama di malam hari
  • merasa sangat lelah
  • penurunan berat badan dan kehilangan massa otot
  • gatal di sekitar penis atau vagina, atau
  • sariawan yang sering terjadi

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 6 Budaya Jepang Paling Terkenal yang Wajib Diketahui Wisatawan

Jepang terkenal memiliki salah satu budaya terkaya dan paling menarik di dunia. Banyak praktik dan tradisi kuno negara ini yang masih utuh sampai sekarang yang membantu membentuk gaya hidup Jepang yang unik dan persepsi global.

Sementara sebagian besar orang Barat memikirkan sushi, samurai, dan pegulat sumo ketika mereka berpikir tentang budaya Jepang, gagasan ini hampir tidak menggores permukaan orang Jepang dan budaya mereka yang beraneka ragam.

Jika Anda sedang bersiap-siap untuk berlibur ke Negeri Matahari Terbit, menuju ke sana untuk keperluan bisnis, atau sekedar ingin mewaspadai dan menghormati masyarakat negeri ini, berikut deretan tradisi dan ritual yang perlu Anda ketahui untuk berbaur dengan penduduk setempat dan tidak mengalami culture shock ketika berada di sana.

Dilansir dari The Japanese Shop, Selasa (15/8/2023), berikut ulasannya.

1. Tradisi upacara minum teh 

Upacara minum teh adalah bagian umum dari budaya Jepang. Kebiasaan formal namun bergaya ini ditanggapi dengan cukup serius. Upacara ini sangat dipengaruhi oleh praktik Buddhis dan acara tersebut dapat disamakan dengan pengalaman meditatif.

Upacara minum teh Jepang memiliki arti yang dalam bagi negara dan mereka yang diundang harus merasa terhormat.

Jika Anda diundang ke acara seperti itu, ketahuilah bahwa setiap tamu berperan dalam upacara tersebut dan akan duduk sesuai dengan peringkat mereka. Para tamu harus sangat menyadari etiket upacara minum teh Jepang karena ini bisa menjadi ritual yang cukup rumit.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 6 Zodiak Paling Agresif dan Tak Segan Berlaku Kasar

Beberapa orang sepertinya tidak bisa melepaskan kepalan tangan mereka — atau rahang, dalam hal ini. Mereka hampir selalu mengeluarkan uap dari telinga mereka dan melayangkan amarah lebih sering dari yang dapat Anda hitung.

Mereka akan meledak pada ketidaknyamanan terkecil, dan jika diprovokasi, mereka pasti akan melakukan pukulan pertama. Jika Anda mengenal seseorang yang cocok dengan deskripsi ini, ada baiknya Anda melihat astrologi mereka.

Berikut ini daftar zodiak paling agresif, dari sedikit bermusuhan hingga benar-benar konfrontatif seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Cancer

Zodiak Cancer ingin Anda berpikir bahwa mereka lembut dan peduli sepanjang waktu. Dan meskipun benar dalam banyak kasus, Betty Andrews, pelatih kehidupan, peramal, dan paranormal di Fresh Start Registry, mengatakan bahwa mereka ahli dalam menyembunyikan kemarahan dan agresi mereka.

"Saat mereka merasa terancam atau tertantang, waspadalah," kata Andrews. Kepiting ini dapat mendidih tanpa suara, terutama saat merasa dikhianati. Mereka tidak akan keras, tetapi mereka juga tidak akan ragu untuk mengeluarkan komentar yang menyinggung.

Jika ada, mereka akan menggunakan agresi mereka sebagai cara untuk mengendalikan situasi. Coba saja dan pertahankan Cancer di sisi baik Anda, atau hal-hal lain dapat menurun dengan cepat.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini