Sukses

Tak Banyak Diketahui, Ini 6 Manfaat Mendengarkan Audiobook Bagi Kesehatan Mental

Mendengarkan audiobook memiliki sejumlah manfaat yang dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan. Salah satunya bermanfaat bagi kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Audiobook merupakan salah satu media di mana isi buku diubah menjadi format audio sehingga dapat didengarkan. Dengan demikian, buku yang seharusnya dibaca secara visual dapat dinikmati melalui pendengaran.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas audiobook meningkat dan menjadi salah satu hiburan bagi banyak orang selama pandemi. Faktanya, pada tahun 2020 industri audiobook mengalami peningkatan sebesar 12% dari penjualan sebelumnya, dan hal ini merupakan pertumbuhan tercepat dalam penerbitan buku.

Mendengarkan audiobook memiliki sejumlah manfaat yang dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan, salah satunya bermanfaat bagi kesehatan mental. Audiobook memberikan Anda kemudahan dalam berbagai situasi seperti saat sedang di perjalanan, berolahraga, atau melakukan pekerjaan lainnya. Audiobook dapat menjadi alternatif bagi seseorang yang ingin mengefisienkan waktu dalam mengerjakan dua hal sekaligus.

Tidak hanya itu, mendengarkan audiobook juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan mental. Berikut 6 manfaat audiobook bagi kesehatan mental yang dilansir dari laman Bestlife pada Jumat (11/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menurunkan Tingkat Stres

Audiobook dapat menurunkan dan meredakan stres. Dengan mendengarkan narasi yang menenangkan melalui audiobook dapat membantu Anda dalam melepaskan ketegangan. Tidak hanya itu, audiobook juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan membantu dalam mengalihkan pikiran Anda dalam pola pikir yang negatif. Faktanya, membaca buku selama 6 menit dalam sehari telah terbukti dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Hal ini juga terbukti pada audiobook yang terbukti memiliki manfaat yang sama pada otak seperti buku cetak.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Audiobook dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif Anda tetap utuh seiring dengan bertambahnya usia, kata para ahli.

“Mendengarkan buku audio melibatkan otak dengan cara yang sama seperti membaca buku cetak, menstimulasi fungsi kognitif seperti perhatian, ingatan, dan pemahaman. Latihan mental ini dapat membantu menjaga pikiran tetap tajam dan berpotensi mengurangi risiko penurunan kognitif," Jelas Marissa Moore, seorang terapis dan konsultan kesehatan mental di Mentalyc.

 

3 dari 4 halaman

3. Peningkatan Fokus dan Konsentrasi

Mendengarkan audiobook dapat melatih kemampuan Anda dalam berkonsentrasi dan memusatkan perhatian pada satu hal. Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh Moore, seorang terapis dan konsultan kesehatan mental yang menjelaskan bahwa mendengarkan audiobook dapat meningkatkan konsentrasi, hal ini karena adanya keterlibatan otak dengan isi cerita yang disampaikan dan hal ini membutuhkan fokus dan perhatian sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang.

4. Mengatasi Kesepian

Bagi seseorang yang mengalami perasaan kesepian atau terisolasi, mendengarkan audiobook dapat menjadi salah satu alternatif yang memberikan kenyamanan dan hiburan melalui suara dan cerita yang disajikan. Keterkaitan antara nataror dan karakter dalam isi audiobook tersebut dapat mengatasi rasa kesepian yang Anda rasakan. Mendengarkan audiobook dengan narasi yang hangat dan memikat juga dapat membantu mengatasi rasa kesendirian karena Anda akan merasa seperti ada seseorang yang mendampingi Anda.

4 dari 4 halaman

5. Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Mendengarkan cerita dan karakter dalam audiobook dapat membantu Anda merasa terhubung dengan emosi dan pengalaman karakter dalam cerita tersebut. Pemahaman emosi dari mendengarkan audiobook dapar berdampak positif pada hubungan interpersonal dan kesadaran diri sehingga dapat mendorong kesehatan mental yang lebih baik.

Mendengarkan audiobook juga dapat membantu seseorang dalam memproses emosi mereka sendiri sehingga dapat memahami sudut pandang orang lain. Mendengarkan cerita dari berbagai perspektif dapat mendorong empati dan pemahaman, serta mendorong pandangan positif terhadap kehidupan Anda.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mendengarkan audiobook sebelum tidur dapat membantu Anda dalam meningkatkan kualitas tidur. Sehingga, hal tersebut dapat memberikan efek positif yang signifikan terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Namun meskipun mendengarkan audiobook dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan mental, audiobook tidak boleh menggantikan aspek penting lain dari perawatan kesehatan mental, seperti terapi profesional, praktik perawatan diri, dan mencari dukungan saat dibutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.