Sukses

7 Cara Menjaga Postur Tubuh yang Baik Saat Duduk dalam Waktu Lama

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh saat duduk lama di depan komputer.

Liputan6.com, Jakarta Kita hidup di masa di mana kita menghabiskan sebagian besar hari kita dengan duduk di depan laptop. Mungkin sebagian dari Anda sudah merasakan efek jangka panjang dari posisi duduk ini, seperti kekakuan otot atau nyeri punggung. Duduk lama berdampak buruk pada kesehatan kita, dan kita perlu menyeimbangkannya dengan memperhatikan postur tubuh yang benar.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh. Namun harap diingat bahwa artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan untuk saran medis, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda. Nah, dilansir dari Brightside, berikut ulasannya.

1. Pastikan kursi Anda pas untuk Anda

Seperti sepatu, kita perlu memastikan bahwa sepatu itu pas untuk ukuran kita sendiri, karena sepatu itu dapat membuat perbedaan dalam kesehatan dan kenyamanan kita. Pilihan terbaik adalah memilih yang dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat mengubah ketinggian kursi atau sudut sandaran, tergantung pada kebutuhan Anda.

Ada juga dua poin utama yang perlu diingat saat memilih kursi ergonomis. Yang pertama adalah memeriksa dan melihat apakah dudukan kursi setidaknya satu inci lebih lebar dari pinggul Anda di setiap sisi sehingga Anda memiliki penyangga paha yang cukup. Kedua, periksa apakah setidaknya ada jarak 0,5 inci antara tepi kursi dan bagian belakang lutut Anda. Bantalan yang empuk juga akan membantu mencegah kompresi pada paha dan bokong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Periksa penyangga pinggang kursi

Kursi yang ramah postur tubuh harus memiliki penopang punggung yang baik, yang berarti kursi itu berkontur sedemikian rupa sehingga mengikuti kurva alami berbentuk S tulang belakang kita. Kursi yang tidak menopang daerah pinggang atau punggung bagian bawah dapat menyebabkan efek merusak dan meratakan tulang belakang.

Namun, kursi dengan fitur penyangga punggung mungkin mahal dan tidak praktis untuk perusahaan dengan banyak pekerja. Alternatif yang lebih murah adalah menggunakan handuk yang digulung atau bantal kecil sebagai bantalan punggung. Namun harap perhatikan ukuran yang tepat, karena handuk yang lebih besar dapat membuat tulang belakang Anda berada pada posisi yang canggung dan menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan.

 

3 dari 5 halaman

3. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mendapatkan posisi duduk yang benar

Sekarang setelah Anda mengetahui kursinya, hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana cara duduk yang benar di atasnya. Anda bisa mulai dengan duduk di ujung kursi dan membungkuk penuh, dengan leher dan bahu dimajukan ke depan.

Kemudian perlahan-lahan luruskan tulang belakang Anda dengan menarik kepala dan bahu ke atas, dan dorong punggung bawah ke depan. Tahan pose ini selama beberapa detik sebelum melepaskannya sedikit, lalu geser ke belakang hingga Anda mencapai sandaran.

4. Jaga agar kaki Anda tetap rata di lantai

Menyilangkan kaki dapat mengurangi aliran darah dan dapat menyebabkan nyeri otot, jadi para ahli menyarankan agar kaki tetap lurus dan tertanam kuat di lantai. Mereka juga menyarankan untuk melepas tumit saat Anda duduk dan menggunakan pijakan kaki jika telapak kaki Anda tidak dapat mencapai lantai.

4 dari 5 halaman

5. Sadarilah sudut duduk Anda

Siku dan lutut idealnya ditekuk pada sudut 90°, sedangkan pinggul bisa sedikit melampaui sudut kanan untuk mengakomodasi sandaran punggung. Layar komputer harus disesuaikan setinggi mata untuk menghindari ketegangan pada leher dan mata. Keyboard juga harus ditempatkan sekitar 4 hingga 6 inci dari tepi meja sehingga pergelangan tangan dan tangan memiliki ruang untuk beristirahat.

6. Hindari kelelahan otot dengan memberi diri Anda alasan untuk berdiri sesekali

Bahkan jika Anda menemukan kursi paling ergonomis di luar sana, duduk berlebihan tetap dapat menyebabkan masalah kesehatan dan cedera otot. Untuk menghindarinya, usahakan agar darah Anda mengalir dengan berdiri dan bergerak. Jika memungkinkan, istirahatlah setidaknya satu menit setiap 30 menit. Anda juga dapat mengatur alarm atau timer untuk mengingatkan Anda bahwa Anda perlu menjauh dari kursi Anda sebentar.

 

 

5 dari 5 halaman

7. Lakukan gerakan berikut untuk menyeimbangkan postur tubuh Anda

Terakhir adalah lakukan gerakan “Wall Side”. Ini adalah latihan sederhana yang mengatur ulang tubuh Anda, dan meredakan ketegangan di leher dan bahu. Langkah pertama adalah berdiri dengan punggung menempel ke dinding, dan dengan lutut sedikit ditekuk dan lengan terentang di atas kepala.

Pertahankan punggung tangan, siku, bahu, dan tulang belakang menempel ke dinding saat Anda menggeser lengan ke bawah, hanya sampai Anda turun di bawah bahu. Kemudian angkat kembali lengan Anda dan ulangi pola ini 10-12 kali.

Ada juga beberapa pose yoga, seperti "Gomukhasana" atau Pose Cow Face, yang meredakan ketegangan otot. Ini melibatkan menekuk lengan ke belakang dan membuat tangan saling bertemu di belakang. Ada juga "Virasana", di mana Anda duduk di atas tumit sambil menjaga dada dan tubuh tetap lurus. Pose ini membantu Anda beradaptasi dengan postur tubuh yang lebih baik saat Anda kembali duduk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.