Sukses

5 Makanan Ini Ternyata Bisa Membuatmu Keringat Berlebih

Berikut ini makanan yang dapat membuat Anda keringat berlebih

Liputan6.com, Jakarta Menyebutnya musim kemarau yang panas mungkin meremehkan. Namun, gelombang panas yang berbahaya faktanya terjadi di mana-mana termasuk di Indonesia. Tetapi bahkan jika Anda berusaha untuk tetap tenang — seperti bepergian dengan kantong es atau tinggal di dalam ruangan dengan pendingin udara — Anda masih bisa berkeringat berlebihan karena makanan Anda.

Ya, bukan hanya makanan pedas atau sup panas yang bisa membuat Anda berkeringat. Berikut ini daftar makanan yang bisa membuat Anda lebih banyak berkeringat seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Cokelat hitam

Jika Anda mencoba menikmati suguhan manis sambil tetap berada di sisi yang lebih sehat, Anda mungkin tertarik pada cokelat hitam. Itu memang memiliki manfaat kesehatan, tetapi dari semua cokelat, cokelat hitam juga mengandung kafein paling banyak, menurut Cocoelectric.

Itu bisa menjadi sifat yang menyusahkan selama musim yang membuat Anda gerah. Demikian menurut Lisa Richards, seorang ahli gizi dan pendiri Diet Candida.

"Makanan yang mengandung kafein berpotensi menyebabkan peningkatan keringat karena efek stimulasi pada tubuh," katanya.

Menurut Richards, kafein untuk sementara dapat meningkatkan detak jantung, laju metabolisme, dan laju darah — yang semuanya dapat meningkatkan suhu tubuh Anda.

"Saat tubuh bekerja untuk mendinginkan diri, keringat dipicu sebagai mekanisme pendinginan alami," jelasnya. "Sementara efek kafein pada keringat bervariasi di antara individu, tidak jarang orang mengalami peningkatan keringat setelah mengonsumsi produk kaya kafein seperti cokelat hitam."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Keripik kentang

Sebelum Anda mengambil segenggam keripik kentang untuk ngemil, ingatlah bahwa makanan ringan ini juga merupakan makanan olahan dengan kadar natrium yang tinggi.

"Keripik berkontribusi pada retensi air dalam tubuh," kata Taylor Osbaldeston, RHN, ahli gizi holistik terdaftar dan pimpinan nutrisi untuk Durand Integrated Health Group, kepada Best Life.

Faktanya, kelebihan natrium dalam keripik dapat "menyebabkan kembung dan peningkatan suhu tubuh, mendorong tubuh berkeringat dalam upaya mengatur panas internalnya," kata Osbaldeston.

 

3 dari 4 halaman

3. Kelapa

Ada beberapa hal yang lebih menyegarkan dari kelapa, entah itu berupa air kelapa segar atau yang lebih memanjakan, seperti es krim kelapa. Namun kelapa memiliki kandungan lemak yang tinggi, menurut Kieran Sheridan, seorang ahli fisioterapi dan pendiri GulfPhysio.

'Kelapa adalah makanan tinggi lemak, yang berarti mereka akan lebih cenderung membuat Anda berkeringat saat berada di cuaca panas,' jelas Sheridan. "Ini karena saat tubuh Anda memanas, ia mulai memecah sel-sel lemak dan melepaskan energi yang tersimpan sebagai panas."

4. Permen

Camilan manis lainnya juga dapat meningkatkan keringat Anda, terlepas dari kandungan kafeinnya. Faktanya, sebagian besar permen mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi, yang juga merupakan pemicu utama keringat, menurut Osbaldeston.

"Makanan manis menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang cepat, yang menyebabkan peningkatan produksi panas metabolisme," katanya. "Untuk menghilangkan panas ini, tubuh mulai berkeringat."

 

4 dari 4 halaman

5. Cabai

Yang ini mungkin tampak agak jelas, tetapi perlu diulang. Dan bahkan jika Anda sangat menyadari bahwa makanan pedas membuat kelenjar keringat Anda berkobar, Anda mungkin tidak tahu mengapa.

Michael May, FRCS, direktur medis dan ahli bedah utama dari Wimpole Clinic yang berbasis di London, menjelaskan bahwa cabai mengandung bahan yang disebut capsaicin. Itulah yang memanaskan mulut Anda—dan seluruh tubuh Anda.

"Capsaicin memicu reseptor saraf dan meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan keringat sebagai respons pendinginan alami," kata May.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.