Sukses

4 Fakta Aspal Pasar Kembang Surabaya Meledak, Sebabkan Retakan Menggunung di Jalan

Berikut ini beberapa fakta aspal kembang surabaya meledak

Liputan6.com, Surabaya Viral video menggelembungnya aspal jalan setinggi hampir satu meter muncul di Pasar Kembang Surabaya. Ledakan tersebut membentuk retakan yang menggunung di jalan. Aspal meledak itu dipastikan bukan karena gas alam atau bom.

Ledakan tersebut terjadi pada Selasa (01/8/2023) sekitar pukul 05.30 WIB. Diketahui bahwa peristiwa aspal terangkat itu merupakan progres dari rehabilitasi pipa PDAM Surya Sembada, sub pengerjaan Jalan Dipenogoro Surabaya. Karenanya, masyarakat diimbau tidak perlu khawatir terkait peristiwa tersebut.

Berikut fakta-fakta terkait aspal Pasar Kembang Surabaya meledak yang menyebabkan retakan menggunung di jalan:

1. Permohonan maaf

Arief Wisnu Cahyono Direktur Utama PDAM Surya Sembada memohon maaf kepada pengguna jalan di Kota Surabaya atas kejadian tersebut.

"Ini kejadian yang tidak kami rencanakan, tapi kami berupaya secepat mungkin untuk mengatasi, melakukan rekondisi seperti sediakala," kata Arief seperti dilaporkan oleh Radio Suara Surabaya, Selasa pagi.

2. Akan diperbaiki sebelum jam sepuluh malam

Arief juga memastikan petugas PDAM Surya Sembada yang di lokasi akan mengembalikan kondisi jalanan tersebut sebelum pukul 22.00 WIB.

"Harus sudah selesai, jadi sudah tidak ada alat berat lagi. Sudah teraspal lagi bekasnya itu dan sudah seperti sediakala. Kira-kira jam sepuluh malam. Besok pagi sudah kembali seperti sediakala," ujar Arief.

3. Pekerjaan pipa sepanjang 150 km

Arief juga menjelaskan bahwa pekerjaan rehabilitasi pipa sepanjang 150 kilometer itu sudah dilaksanakan sejak dua minggu lalu.

"Pekerjaan itu sudah direncanakan sejak lama karena di bawah flyover ada pipa yang usianya sudah tua dan kebocorannya di situ. Baru bisa kami realisasikan tahun ini karena faktor kesulitan dan lainnya," kata dia.

4. Penanaman pipa tidak menggunakan galian terbuka

Masih menurut Arief, penanaman pipa itu dilakukan tidak dengan galian terbuka melainkan memakai teknik pengeboran atau drilling. Pipa yang lama dibiarkan, tidak diangkat, tapi pipa yang baru ditanam dengan cara ditarik dengan mesin. Setelah pipa baru tertanam, tanah di atas pipa akan dipadatkan.

"Mitigasi sudah dilakukan agar jalanan tidak terlalu macet dan perbaikan cepat. Tapi dalam pelaksanaannya, saat pipa itu baru ditarik, kami tidak tahu kondisi di bawah tanah. Makanya seolah-olah itu aspal Pasar Kembang Surabaya meledak karena semua tanahnya terangkat," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melihat Kepribadian Seseorang Lewat Golongan Darahnya

Jika sebelumnya Anda mungkin pernah membaca kepribadian berdasarkan angka favorit, warna favorit, atau bentuk-bentuk anggota tubuh hingga kebiasaan, namun ada pula cara lain untuk mengetahui kepribadian individu lewat golongan darahnya. 

Studi tentang kepribadian seseorang didasarkan pada empat golongan darah utama golongan darah A, B, O, dan AB. Praktik mempelajari kepribadian atau IQ seseorang berdasarkan golongan darahnya cukup terkenal di Jepang. Dilansir dari Jagran Josh, Rabu (2/8/2023), berikut cara mengetahui kepribadian seseorang lewat golongan darahnya. 

1. Kepribadian Orang dengan Golongan Darah A

Jika golongan darah Anda A, maka Anda adalah orang yang kreatif, cerdas, kooperatif, dan bersemangat. Anda adalah orang yang berhati-hati dalam pengambilan keputusan. Anda pandai multi-tasking.

Anda terorganisir dengan baik dan lebih suka kerapihan dan barang-barang di tempat yang telah ditentukan. Anda lebih suka menjadi perfeksionis, penuh perhatian, dan konsisten pada apapun yang Anda lakukan. 

Orang dengan golongan darah A ditemukan lebih cerdas secara emosional. Anda lebih cenderung mempertimbangkan aturan sosial dan mempertahankan etiket. Anda cenderung tidak melakukan tindakan sembarangan. 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

10 Tanda Anda Memiliki Kepribadian yang Misterius

Apakah Anda memiliki kepribadian yang misterius? Dan apakah orang-orang tertarik pada aura misterius Anda? Orang misterius sering membangkitkan rasa ingin tahu orang lain, membuat mereka ingin mengungkap rahasia yang ada di bawah permukaan.

Namun seperti apa sebenarnya kepribadian yang dimiliki oleh orang misterius? Dilansir dari Body Language Matters, ini deretan tanda bahwa Anda memiliki kepribadian misterius dan alasan mengapa orang menganggap sifat ini begitu menarik.

1. Memperhatikan hal detaill 

Orang misterius seringkali sangat jeli, memperhatikan detail yang mungkin terlewatkan oleh orang lain. Mereka memperhatikan dunia di sekitar mereka dan menggunakan informasi ini untuk keuntungan mereka, membuat mereka tampak misterius dan cerdas.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Mengenal Shokuiku, Cara Makan ala Orang Jepang Agar Punya Tubuh Ideal

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda jika membicarakan soal Jepang? Pasti tidak jauh-jauh dari budaya atau kulinernya yang menggugah selera. Namun, tahukah Anda, kalau orang-orang Jepang juga dikenal dengan gaya hidupnya yang sehat?

Maka tidak mengherankan jika Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki angka harapan hidup yang cukup tinggi. Termasuk tidak sedikit pula mereka yang punya tubuh ideal, ya.

Hal ini bisa jadi karena kebiasaan makan orang Jepang yang sangat baik dan memiliki filosofi yang sudah diwariskan secara turun temurun, lho. Salah satu yang cukup dikenal yaitu shokuiku, yang merupakan filosofi Jepang yang bermaksud untuk mendorong orang-orang memiliki kebiasaan makan yang lebih sehat.

Shokuiku akan memberikan pedoman tentang bagaimana dan apa yang harus dimakan. Selain itu, bisa membantu Anda dalam mengubah cara pandang tentang makanan. Shokuiku menjadi pendekatan yang begitu sederhana, mudah, dan dapat membantu dalam mendukung pengelolaan berat badan serta meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.