Sukses

Gajian Bisa Saving Tapi Tetap Bisa Shopping, Begini Caranya!

Ketika rekening sudah terisi dengan gaji, nggak jarang uang bulanan dari perusahaan tempatmu bekerja, suka 'nggak betah' alias habis dengan cepat. Di satu sisi, kamu juga pasti punya keinginan bisa saving tapi tetap bisa shopping.

Liputan6.com, Jakarta Dalam satu bulan, ada satu hari yang paling ditunggu-tunggu para pekerja alias karyawan. Yup, apalagi kalau bukan harinya gajian yang menjadi reward atas kerja kerasmu selama satu bulan. 

Ketika rekening sudah terisi dengan gaji, nggak jarang uang bulanan dari perusahaan tempatmu bekerja, suka 'nggak betah' alias habis dengan cepat. Di satu sisi, kamu juga pasti punya keinginan bisa saving tapi tetap bisa shopping. 

Nah, biar kamu Bebas Cemas jelang akhir bulan, tentunya gajimu mesti dikelola dengan baik dan bijak. Gimana caranya? Simak pencerahannya berikut ini ya: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ingat Skala Prioritas yang Bikin Happy

Setiap bulan, kamu mengeluh tentang kondisi keuangan yang mulai menipis? Yup, setop berhenti menyalahkan gaji! Bukan penghasilan bulananmu yang salah, tapi karena kamu kurang mengatur pengeluaran dengan pasti. 

Maka dari itu, cobalah membuat skala prioritas agar hidupmu makin happy. Kunci utama skala prioritas terletak pada pengelolaan. Jadi, mulailah membuat anggaran keuangan yang paling sederhana versimu. Dengan membuat anggaran pengeluaran, kamu jadi tahu detail kemana uang dibelanjakan.

3 dari 6 halaman

2. Bekerja Lebih Keras di Usia Produktif

Artinya, kamu bukan sekadar mengandalkan penghasilan dari pekerjaan utama. 

Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahkan dengan memanfaatkan skill yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa menjadi side hustler, misalnya menjalankan usaha online, seperti menjadi reseller atau membangun usaha yang paling mudah menurutmu buat dijalankan. 

4 dari 6 halaman

3. Lunasi Kewajibanmu Segera

Kebanyakan orang memiliki kewajiban yang harus dibayarkan segera. Mulai dari membayar cicilan kredit atau tagihan rutin seperti biaya listrik, tagihan telepon, ari, dan lainnya yang harus segera dibayar. 

Ketika gajian tiba, inilah yang harus masuk skala prioritasmu. Sekadar tips, jika kamu memiliki cicilan kredit, prioritaskan utang atau cicilan yang bunganya paling besar, untuk segera dilunasi. Kemudian lunasi yang bunganya lebih kecil. 

5 dari 6 halaman

4. Jangan Lupa Nabung 10%

Setelah kamu melunasi kewajiban setiap bulan, jangan lupa untuk sisihkan 10% penghasilanmu untuk ditabung. Dengan menabung, tentunya dapat membuat hidupmu lebih nyaman dan percaya diri terhadap kondisi keuangan. 

6 dari 6 halaman

5. Jangan Beli Barang Cuma Buat Pamer

Setelah melakukan poin satu sampai empat, inilah saatnya bagimu untuk terus mengingatnya, ketika kamu berbelanja. Kamu bisa saving dan tetap bisa shopping, asalkan membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan. Ingat, jangan beli barang hanya untuk sekadar pamer ke teman-temanmu. Jadikan kebutuhanmu sebagai pertimbangan utama, sebelum membeli barang. 

Nah, buat kamu yang sering banget cemas di tengah bulan karena uang di rekening sudah 'sekarat' saatnya ubah kebiasaanmu sekarang! Berpeganglah pada pikiran tentang masa depanmu agar bisa bebas finansial. 

Maka dari itu, agar pengeluaranmu terkontrol dengan jelas, mulai sekarang andalkan DANA untuk setiap transaksi. Itu karena DANA memiliki beragam fitur yang mempermudahmu dalam bertransaksi karena kamu dapat melihat riwayat transaksi dengan jelas. 

Selain itu, DANA juga memiliki fitur DANA Protection yang membuatmu Bebas Cemas karena dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, berlapis dan dinamis, untuk menjamin keamanan transaksimu sebagai user. Misalnya, setiap kamu bertransaksi dengan DANA, transaksimu akan dilindungi oleh PIN DANA, Kode OTP, atau DANA Viz (fitur Verifikasi Wajah di DANA). 

Selain itu, jika terjadi hal yang nggak diinginkan, DANA juga selalu siap memberikan bantuan 24/7. Jadi, kamu bisa langsung menghubungi DIANA, asisten virtual di aplikasi DANA, lewat fitur Pusat Resolusi untuk menyampaikan masalah yang kamu alami. 

Lebih hebatnya lagi, DANA juga memberikan Garansi 100% Uang Kembali, sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku di DANA, saat kamu bertransaksi. 

Makanya, yuk, transaksi lewat DANA! Segera download dan pakai aplikasi DANA sekarang

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini