Sukses

5 Kombinasi Warna Pakaian yang Sebaiknya Dihindari Menurut Stylist

Para stylist mengatakan ada beberapa warna yang tidak boleh Anda pakai bersamaan, warna apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Memadu padankan warna pakaian bisa menjadi hal yang mudah namun juga sulit untuk dilakukan. Pasalnya hal tersebut mungkin terlihat sederhana tapi salah memadukan warna bisa membuat penampilan kalian kurang menarik. 

Itu sebabnya stylist mengatakan ada beberapa warna pakaian yang tidak boleh Anda pakai bersamaan. Sally Samuels, pakar mode dan kepala desain di Savile Row Company, merekomendasikan penggunaan roda warna sebagai referensi saat mencoba menemukan paduan warna yang cocok. 

Umumnya, warna yang bersebelahan atau berlawanan satu sama lain cenderung berpadu dengan baik, walaupun ada pengecualian untuk hal ini. Beberapa warna yang berseberangan pada roda warna, yang dikenal sebagai warna komplementer, sebenarnya dapat menciptakan kontras yang terlalu tajam.

"Selain itu, memakai terlalu banyak warna berbeda menciptakan penampilan visual yang kacau" tambahnya. "Bidik tiga warna dalam pakaianmu agar tetap kohesif." Berikut adalah beberapa paduan warna yang sebaiknya Anda hindari menurut para stylist dilansir dari Best Life Online.

1. Hitam dan biru tua

Melony Huber, pakar mode, penata gaya, dan salah satu pendiri La Peony, tidak pernah memasangkan hitam dengan biru tua. Sebagian karena kedua warna yang sama-sama gelap ini terlalu dekat dan tidak menciptakan kontras yang cukup.

Jika Anda menginginkan tampilan netral, Huber merekomendasikan untuk memasangkan warna hitam dengan abu-abu. Atau, Anda bisa memakainya dengan warna nude atau blush pink untuk kombinasi yang lebih mencolok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ungu dan merah

Ungu dan merah dianggap sebagai warna analog, karena keduanya bersebelahan di roda warna. Konon, merah cerah dan ungu berani dapat bersaing untuk mendapatkan perhatian visual, menciptakan tampilan yang luar biasa, menurut Tracy Cheng, penata gaya pribadi dan pendiri blog mode Girl Shares Tips.

Sementara Huber mengatakan ungu lavender lebih mudah berpasangan dengan warna lain, dia mencatat bahwa warna ungu yang lebih dalam dan lebih cerah hanya dapat cocok dengan warna tertentu seperti abu-abu, putih, hitam, dan krem.

Cheng, sementara itu, menyarankan untuk menggabungkan merah dengan biru sebagai gantinya. "Mereka saling berhadapan di roda warna, menciptakan kontras yang menyenangkan saat dipasangkan," jelasnya. "Baik biru dan merah hadir dalam berbagai nuansa yang saling melengkapi satu sama lain. Misalnya, kemeja biru muda yang dipadukan dengan celana burgundy gelap menciptakan tampilan yang bersahaja namun elegan."

3 dari 5 halaman

3. Kuning dan hijau

Sementara kuning dan hijau adalah warna cantik yang dapat langsung menghidupkan pakaian apapun, Cheng mengatakan yang terbaik adalah memilih satu atau yang lain saat membuat ansambel.

"Saat dipakai bersama, mereka bisa menciptakan efek menggelegar yang tidak enak dipandang," katanya. "Menggabungkan dua warna ini bisa terlalu kuat karena kedua warna tersebut cukup cerah dan intens."

Sebagai alternatif, Cheng merekomendasikan untuk memakai hijau dengan coklat karena keduanya dianggap warna tanah. "Saat warna-warna ini dipadukan, mereka menciptakan palet harmonis yang membangkitkan rasa hangat, nyaman, dan rileks."

4 dari 5 halaman

4. Coklat dan abu-abu

Coklat dan abu-abu adalah warna kombo lain yang tidak menawarkan kontras yang cukup untuk menciptakan minat estetika, menurut Cheng.

"Ini membuat kedua warna menyatu satu sama lain, menghasilkan penampilan yang kusam," jelasnya. "Selain itu, karena coklat dan abu-abu sama-sama warna yang tidak cocok, efek keseluruhannya seringkali menjemukan dan tidak menarik."

Satu-satunya pengecualian? Jika Anda menggabungkan coklat yang sangat gelap dengan abu-abu muda. Kalau tidak, Cheng merekomendasikan memasangkan coklat dengan biru tua sebagai gantinya.

"Coklat menambah kehangatan pada kesejukan angkatan laut," katanya. "Kombinasi warna coklat hangat dengan warna biru tua menciptakan kontras seimbang yang enak dipandang." Jika Anda mengikuti rute ini, Cheng menyarankan untuk mengenakan warna coklat yang lebih terang dengan warna biru tua yang lebih gelap.

5 dari 5 halaman

5. Coklat dan kuning

Sementara emas metalik bisa terlihat memukau dengan warna coklat, kuning tidak selalu cocok dengan warna ini, kata Huber. Kombo itu bisa terlihat berlumpur, atau warna kuning cerah bisa menutupi warna coklat yang diredam.

"Saya akan memasangkan coklat dengan krim untuk palet netral atau dengan warna merah jambu untuk tampilan feminin di musim gugur," kata Huber kepada Best Life. Di musim semi dan musim panas, coba kenakan warna coklat dengan baby blue atau hijau muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.