Sukses

Kerap Dianggap Sepele, Tulisan Tangan Ternyata Bisa Ungkap Banyak Hal Tentang Diri Anda

Grafologi, studi tentang tulisan tangan, menawarkan wawasan yang menarik tentang ciri-ciri kepribadian, pola perilaku, dan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda menganggap bahwa tulisan tangan Anda dapat mengungkapkan lebih banyak tentang Anda daripada sekadar kata-kata Anda di atas kertas? 

Grafologi, studi tentang tulisan tangan, menawarkan wawasan yang menarik tentang ciri-ciri kepribadian, pola perilaku, dan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Saat Anda menulis di atas kertas, tulisan tangan Anda adalah aktivitas neuromuskuler yang melibatkan pikiran sadar dan bawah sadar Anda. Hasilnya, tulisan tangan Anda dapat mengungkap cara kerja tubuh, pikiran, dan jiwa Anda yang rumit.

Manasi Thakkur, seorang Grafolog bersertifikat mengatakan, “Kami menyelidiki banyak aspek tulisan tangan, seperti margin, zona, ukuran, tekanan pena, kemiringan, jarak, dan banyak lagi. Dengan menganalisis pola pikir bawah sadar yang tercermin dalam bagaimana orang membentuk huruf mereka, tekanan yang mereka berikan, ukuran dan bentuk huruf mereka, dan banyak faktor lainnya, seseorang dapat memahami ciri-ciri tersebut.” 

Dengan memeriksa aspek tulisan tangan ini, ahli grafologi dapat menemukan ketidakseimbangan yang mengungkapkan ketidakseimbangan dalam tubuh, pikiran, dan jiwa. Berikut ini penjelasan bagaimana tulisan tangan dapat menggambarkan kepribadian Anda. Dilansir dari Times of India, berikut ulasannya:

Tulisan tangan miring

Jika tulisan tangan Anda miring ke kiri, itu mungkin menunjukkan bahwa Anda merasa tertekan atau cemas. Sebaliknya, jika tulisan tangan Anda miring ke kanan, itu menandakan bahwa Anda merasa percaya diri dan optimis. 

Demikian pula, ahli grafologi melihat faktor-faktor seperti tekanan dan kecepatan tulisan tangan Anda. Mereka percaya bahwa variasi faktor-faktor ini dapat menunjukkan kondisi kesehatan yang berbeda. Misalnya, perubahan tekanan atau kecepatan menulis yang tiba-tiba dapat mengindikasikan penyakit atau cedera fisik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ukuran huruf

“Selain itu, kami percaya bahwa ukuran dan bentuk huruf Anda dapat mengungkapkan apakah Anda rentan terhadap kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, tulisan tangan yang kecil dan sempit mungkin menunjukkan bahwa Anda rentan terhadap kecemasan atau depresi, yang dapat menjadi faktor risiko masalah kesehatan fisik tertentu. Demikian pula, huruf-huruf tertentu dapat menunjukkan potensi masalah kesehatan. 

"B" terbuka di bagian bawah mungkin menunjukkan masalah jantung sementara membiarkan huruf terbuka di bagian bawah dapat menunjukkan pengurasan energi dan kurangnya vitalitas,” kata Thakkur, yang juga pendiri ManasiAstro.com.

3 dari 5 halaman

Pembentukan lingkaran

Lingkaran dalam tulisan tangan dapat membantu menemukan emosi dan kepekaan seseorang. Putaran yang besar mungkin menunjukkan kepekaan yang tinggi dan sifat sensitif, sedangkan putaran yang sehat dapat membuat seseorang menjadi kreatif. 

Selain itu, ahli grafologi dapat mendeteksi ciri-ciri depresif dalam tulisan tangan dan berupaya memperbaiki tulisan tangan untuk meningkatkan kondisi mental, yang jika tidak dapat menyebabkan beberapa gangguan psikosomatis.

4 dari 5 halaman

Gaya penulisan

Menurut Thakkur, “Grafologi dapat menawarkan tanda-tanda awal kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit Parkinson. Perubahan tulisan tangan, seperti tulisan yang lebih kecil dan lebih sempit dari waktu ke waktu, mungkin merupakan indikasi awal penyakit Parkinson. Orang dengan penyakit Parkinson mungkin juga mengalami perubahan formasi dan spasi huruf dan mengalami kesulitan untuk tetap berada dalam garis halaman atau mempertahankan kecepatan menulis yang konsisten.”

Ahli grafologi juga dapat membimbing orang menuju kesejahteraan mental dan fisik yang lebih baik. Misalnya, mereka dapat mengidentifikasi jika seseorang terlalu menekan saat menulis, yang dapat mengindikasikan kemarahan dan agresi yang nantinya dapat menyebabkan tekanan darah dan diabetes. Demikian pula, memanjangkan surat mungkin tampak normal, tetapi itu bisa menjadi tanda kemalasan dan kelesuan, yang dapat menyebabkan masalah kolesterol tinggi.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Kesimpulannya, grafologi adalah alat yang ampuh yang dapat membantu orang memahami diri mereka sendiri dan orang lain dengan lebih baik. Ini dapat menawarkan wawasan tentang ciri-ciri kepribadian, pola perilaku, dan kesehatan secara keseluruhan. Dengan menganalisis cara orang membentuk huruf mereka, ahli grafologi dapat mengidentifikasi ketidakseimbangan dalam tubuh, pikiran, dan jiwa. Mereka dapat mendeteksi ciri-ciri depresif dalam tulisan tangan dan membimbing orang menuju kesejahteraan mental dan fisik yang lebih baik. Namun demikian, penting untuk diingat bahwa grafologi tidak boleh digunakan sebagai pengganti nasihat medis atau diagnosis profesional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.