Sukses

Tak Hanya Menyenangkan, Ini Manfaat Menari Bagi Kesehatan Mental

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, banyak manfaat menari bagi kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Menari merupakan bentuk ekspresi seni yang melibatkan gerakan tubuh yang teratur dan mengikuti tempo. Biasanya, menari dilakukan dengan musik sebagai pengiring.

Setiap jenis tarian memiliki gaya, teknik, dan koreografi yang berbeda-beda. Ada beberapa tarian yang populer termasuk balet, tarian jazz, hip-hop, tari kontemporer, tari tradisional, dan lain sebagainya.

Menari dapat dipentaskan secara langsung, dijadikan sebagai aktivitas rekreasi dan hiburan, atau sebagai sarana olahraga. Oleh karena itu, menari sering dijadikan sarana untuk berolahraga karena tidak hanya menyenangkan, menari memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Menari melibatkan gerakan yang melibatkan kekuatan, kecepatan, dan keseimbangan. Oleh karena itu, melakukan tarian secara langsung dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik, kekuatan otot, mengembangkan fleksibilitas tubuh, dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, banyak manfaat menari bagi kesehatan mental. Menari dapat membantu meredakan stres, meningkatkan suasana hati, mengurangi gejala depresi dan menari dapat bermanfaat untuk mengekspresikan diri secara kreatif melalui gerakan tubuh dan hal ini dapat memberikan pembebasan emosional.

Secara tidak langsung, Anda tidak hanya menggerakkan tubuh dengan cara yang berirama dan mengekspresikan perasaan. Namun, Anda juga membakar kalori dan menghilangkan stres secara bersamaan.

Manfaat menari bagi kesehatan mental memang tidak terlalu terlihat, namun manfaatnya sangat banyak dan baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Berikut beberapa jenis tarian yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kesehatan mental, dan manfaat lainnya dari menari, seperti melansir dari Verywellmind, Kamis (18/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Tarian yang Baik untuk Kesehatan Mental

1. Tarian Koreografi

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Aging Neuroscience menunjukkan bahwa dengan melakukan tarian koreografi akan melindungi otak dari degenerasi saraf yang diakibatkan oleh penuaan.

Dengan demikian, menari bukan hanya aktivitas aerobik yang baik untuk kesehatan fisik Anda, namun juga baik untuk kesehatan otak.

Dengan melakukan tarian koreografi, Anda akan secara kognitif menstimulasi otak Anda saat mempelajari langkah-langkah tarian. Oleh karena itu, menari mungkin merupakan salah satu aktivitas fisik terbaik yang dapat Anda pilih untuk kesehatan otak.

2. Tarian Bersama Orang Lain

Dalam sebuah penelitian terbaru yang berbasis di Brasil, menari yang tersinkronisasi dengan orang lain memungkinkan orang untuk merasa lebih dekat satu sama lain dan memupuk persahabatan. Tarian ini juga meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit.

Dalam studi penelitian, ketika para peserta menari, zat kimia bahagia yang disebut endorfin dilepaskan. Endorfin merupakan pereda nyeri alami dalam tubuh yang diproduksi sebagai respons terhadap stres atau ketidaknyamanan yang terjadi.

3 dari 4 halaman

3. Tarian Terapi

Beberapa orang memilih untuk melakukan terapi tari untuk meningatkan kesehatan mental. Terapi ini didefinisikan oleh American Dance Therapy Association (ADTA) sebagai suatu penggunaan psikoterapi gerakan untuk meningkatkan integrasi emosional, sosial, kognitif, dan fisik individu dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Sebuah penelitian menunjukkan efek gerakan tarian terhadap hasil psikologis seseorang dan temuannya cukup menjanjikan. Selain meningkatkan kualitas hidup, menari juga dapat menurunkan depresi dan kecemasan berlebih.

Tarian terapi melibatkan kombinasi gerakan, musik, dan ekspresi emosional untuk memfasilitasi penyembuhan fisik, emosional, dan mental. Tarian terapi dapat dilakukan secara individu atau dalam kelompok di bawah bimbingan seorang terapis tari terlatih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menari Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ada banyak manfaat yang dapat Anda dapatkan dari menari. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, menari juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental, di antaranya:

  1. Menjaga pikiran tetap fokus
  2. Meningkatkan harga diri
  3. Meningkatkan keterampilan sosial
  4. Meningkatkan endorphin
  5. Mudah bersosialisasi dengan orang lain
  6. Meningkatkan suasana hati
  7. Mengurangi kesepian
  8. Mengurangi depresi
  9. Mengurangi rasa cemas
  10. Membantu meningkatkan daya ingat
  11. Mencegah demensia
  12. Mengurangi persepsi nyeri

Selain itu, ada beberapa manfaat menari bagi kesehatan fisik, meliputi:

  1. Meningkatkan kekuatan otot
  2. Meningkatkan detak jantung
  3. Memperbaiki paru-paru
  4. Meningkatkan sirkulasi
  5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  6. Meningkatkan kebugaran aerobik
  7. Memperbaiki postur tubuh
  8. Membuat tulang lebih kuat
  9. Mengurangi risiko osteoporosis
  10. Membantu manajemen berat badan
  11. Meningkatkan fleksibilitas
  12. Koordinasi dan kelincahan yang lebih baik
  13. Meningkatkan daya tahan tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.