Sukses

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Sebagai Eksfoliator hingga Bantu Cerahkan Kulit

Lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional karena diyakini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antioksidan. Berikut deretan manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta - Lidah buaya merupakan tanaman bertangkai pendek yang tumbuh di daerah gersang dan memiliki daun tebal, berdaging dan berwarna hijau runcing dengan tepi bergerigi yang mengandung zat seperti gel yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan karena spesies tanaman sukulen ini dikenal luas untuk obat-obatan dan perawatan kulit. 

Lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional karena diyakini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antioksidan.

Sementara gel lidah buaya sering digunakan secara topikal untuk menenangkan kulit terbakar, luka bakar ringan, iritasi kulit dan luka selain ditemukan di banyak perawatan kulit. produk karena efek pelembab dan menenangkan pada kulit.

Lidah buaya juga merupakan bahan umum dalam produk perawatan kulit dan kosmetik karena sifatnya yang melembabkan, menyejukkan, mendinginkan dan sering digunakan dalam pelembab, lotion, tabir surya dan produk perawatan rambut untuk meningkatkan hidrasi dan meredakan iritasi kulit. 

Namun, sementara lidah buaya umumnya dianggap aman untuk penggunaan topikal, beberapa orang mungkin alergi terhadapnya. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan uji tempel sebelum mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit.

Meski begitu, lidah buaya memiliki beragam kegunaan yang bisa kalian coba di rumah. Dilansir dari Hindustan Times, Selasa (16/5/2023), berikut ulasannya:

1. Lidah Buaya sebagai Eksfoliator Kulit

Lidah buaya berfungsi sebagai eksfoliator yang sangat baik. Saat digunakan sebagai scrub, ini menghilangkan kotoran, sel kulit mati dan rusak yang membentuk lapisan tebal di wajah Anda sehingga menyumbat pori-pori yang mengakibatkan jerawat.

Lapisan ini membuat kulit tampak gelap dan kusam, kehilangan kilau alaminya. Sebagai eksfoliator, ini memungkinkan bercak dan bekas luka gelap menjadi lebih terang dan akhirnya memudar seiring waktu. Menggosok wajah dua kali seminggu dengan scrub lidah buaya sangat dianjurkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Lidah Buaya sebagai Masker Pendingin

Sifat pendinginan lidah buaya akan memberi Anda tampilan yang segar dan menyegarkan. Ini membantu menenangkan kulit yang teriritasi yang dipengaruhi oleh sinar UV yang keras atau ruam kulit.

Saat digunakan sebagai masker, dapat meningkatkan kolagen, melembabkan kulit dan menambah kesegaran pada wajah. Menerapkan masker wajah lidah buaya dua kali seminggu dapat memberikan hasil terbaik.

3 dari 5 halaman

3. Lidah Buaya sebagai Pencerah Warna Kulit

Lidah Buaya dikenal karena sifat pencerah kulitnya. Ini mengandung senyawa depigmentasi alami yang dikenal sebagai aloin. Senyawa ini secara efektif mencerahkan bintik dan bercak hitam. Ini menghancurkan sel melanin yang ada dan mencegah pembentukan melanin lebih lanjut di kulit.

Saat digunakan dalam krim untuk area seperti siku dan tangan, di mana kulit menjadi lebih gelap dari biasanya, krim ini bekerja untuk mencerahkan kulit dengan memudarkan bercak-bercak gelap. Menggunakan krim siku dan tangan dua kali sehari dapat menghasilkan kulit yang cerah.

4 dari 5 halaman

4. Lidah Buaya sebagai Penguat Kolagen

Lidah buaya memiliki kemampuan meningkatkan kolagen. Ini memiliki molekul yang dikenal sebagai sterol. Sterol ini meningkatkan produksi kolagen yang membantu kulit mempertahankan kelembapan.

Akibatnya, kerutan dan garis halus terlihat kurang terlihat. Mengoleskan selapis tipis krim siang atau malam yang diresapi lidah buaya dapat membuat kulit terhidrasi.

5 dari 5 halaman

5. Lidah Buaya sebagai Pelembap

Humektan dalam lidah buaya mengikat kelembapan pada kulit. Menggunakannya sebagai pelembab dapat membantu merangsang serat kolagen dan elastin, meningkatkan elastisitas kulit Anda. Menggunakannya dengan murah hati pada tubuh, sesuai kebutuhan, dapat membuat kulit terhidrasi dan ternutrisi.

Sifat serbaguna lidah buaya menjadikannya obat alami yang populer untuk perawatan kulit, penyakit ringan, dan produk kecantikan. Namun, pengalaman dan kepekaan individu dapat bervariasi, jadi sebaiknya selalu berhati-hati dan mencari nasihat profesional saat menggunakan lidah buaya untuk tujuan tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.