Sukses

Kasus Sifilis Meningkat di Indonesia, Kenali Gejala Penyakit Ini pada Pria, Wanita hingga Bayi

Sifilis sulit untuk didiagnosis, tetapi tanpa perawatan, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh seiring berjalannya waktu.

Liputan6.com, Jakarta Kasus sifilis atau yang juga dikenal dengan sebutan lain yaitu Raja Singa saat ini telah meningkat secara signifikan di Indonesia. Dalam waktu 5 tahun terakhir, yakni dari tahun 2016 sampai 2022 kasus ini meningkat hingga nyaris 21.000. Dilansir dari Healthline, sifilis disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum dan ditularkan melalui kontak seksual. 

Sifilis sulit untuk didiagnosis, tetapi tanpa perawatan, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh seiring berjalannya waktu.

Orang-orang telah menderita, mengobati, dan bertahan hidup dari sifilis selama ratusan tahun. Faktanya, saat ini pengobatan telah sangat mumpuni sehingga, pada satu titik, dianggap mungkin untuk memberantas sifilis sepenuhnya. 

Seseorang dapat mengidap sifilis tanpa menunjukkan gejala apapun selama bertahun-tahun. Namun, semakin dini sifilis ditemukan, semakin baik. Sifilis yang tidak diobati dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan besar pada organ penting, seperti jantung dan otak.

Memahami gejala dan penyebab sifilis dapat membantu Anda melindungi diri sendiri. Jika Anda memang menderita sifilis, memahami infeksi ini dapat membantu Anda mengenali tanda-tanda kondisi tersebut dan mencegah penularannya.

Sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada tahun 1905, ilmuwan Jerman menemukan bahwa bakteri Treponema pallidum bertanggung jawab atas infeksi tersebut.

Bagaimana sifilis ditularkan?

Satu-satunya cara sifilis ditularkan adalah melalui kontak langsung dengan luka sifilis, atau luka. Luka ini cenderung berkembang pada atau di mulut, penis, vagina, atau dubur. 

Hal ini lantaran sifilis terutama ditularkan secara seksual. Artinya Anda bisa terkontaminasi melalui seks oral, anal, atau vaginal, atau kontak antar kelamin secara langsung.

Bayi bahkan dapat tertular sifilis jika ibunya mengalami infeksi yang tidak diobati. Ini disebut sifilis kongenital. Sifilis juga dapat ditularkan melalui transfusi darah, meskipun itu sangat jarang terjadi.

Meski begitu, Anda tidak dapat tertular sifilis dengan cara berbagi toilet, mengenakan pakaian orang lain, hingga menggunakan peralatan makan orang lain. Hal ini dikarenakan bakteri penyebab sifilis tidak dapat hidup lama di luar tubuh manusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa yang paling berisiko terkena sifilis?

Siapa pun dapat tertular sifilis. Namun, faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan peluang Anda tertular infeksi. Berikut beberapa kelompok orang yang memiliki risiko tertular sifilis:

  • Orang yang berhubungan seks tanpa metode penghalang, seperti kondom, dengan banyak pasangan
  • Laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki
  • Orang yang mengidap HIV
  • Orang yang memiliki pasangan dengan sifilis
3 dari 4 halaman

Gejala Sifilis

Sementara itu dilansir Mayoclinic, sifilis berkembang secara bertahap, dan gejala bervariasi pada setiap tahapnya. Tetapi tahapannya mungkin tumpang tindih, dan gejalanya tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama. Anda mungkin terinfeksi sifilis tanpa memperhatikan gejala apapun selama bertahun-tahun.

Sifilis primer

Gejala pertama dari sifilis adalah luka kecil yang disebut chancre. Luka muncul di tempat bakteri tersebut masuk ke tubuh Anda. Sementara kebanyakan orang yang terinfeksi sifilis hanya mengembangkan satu chancre, beberapa orang mengembangkan beberapa di antaranya.

Chancre biasanya berkembang sekitar tiga minggu setelah paparan. Banyak orang yang menderita sifilis tidak memperhatikan chancre karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, dan mungkin tersembunyi di dalam vagina atau rektum. Luka akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu tiga sampai enam minggu.

Sifilis sekunder

Dalam beberapa minggu setelah penyembuhan chancre asli, Anda mungkin mengalami ruam yang dimulai di satu bagian tubuh Anda tetapi akhirnya menutupi seluruh tubuh Anda bahkan telapak tangan dan telapak kaki Anda.

Ruam ini biasanya tidak gatal dan bisa disertai luka seperti kutil di mulut atau area genital Anda. Beberapa orang juga mengalami kerontokan rambut, nyeri otot, demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Tanda dan gejala ini dapat hilang dalam beberapa minggu atau berulang kali datang dan pergi selama setahun.

 

4 dari 4 halaman

Sifilis Bisa Menular kepada Bayi

Sifilis laten

Jika Anda tidak diobati untuk penyakit sifilis, penyakit berpindah dari tahap sekunder ke tahap tersembunyi (laten), saat Anda tidak memiliki gejala. Tahap laten bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Tanda dan gejala mungkin tidak pernah kembali, atau penyakit dapat berlanjut ke tahap ketiga (tersier).

Sifilis tersier

Sekitar 15% hingga 30% orang yang terinfeksi sifilis yang tidak mendapatkan pengobatan akan mengalami komplikasi yang dikenal sebagai sifilis tersier. Pada stadium akhir, penyakit ini dapat merusak otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan persendian. Masalah ini dapat terjadi bertahun-tahun setelah infeksi awal yang tidak diobati.

Neurosifilis

Pada tahap apapun, sifilis dapat menyebar dan, antara lain, menyebabkan kerusakan pada otak dan sistem saraf serta mata.

Sifilis bawaan

Bayi yang lahir dari wanita yang menderita sifilis dapat terinfeksi melalui plasenta atau selama kelahiran. Sebagian besar bayi baru lahir dengan sifilis kongenital tidak menunjukkan gejala, meskipun beberapa mengalami ruam di telapak tangan dan telapak kaki.

Tanda dan gejala selanjutnya mungkin termasuk ketulian, kelainan bentuk gigi dan hidung pelana dimana jembatan hidung tidak rata. Namun, bayi yang lahir dengan sifilis juga bisa lahir terlalu dini, bisa meninggal dalam kandungan sebelum lahir atau bisa meninggal setelah lahir.

Kapan harus ke dokter?

Hubungi dokter Anda jika Anda atau anak Anda mengalami keputihan yang tidak biasa, sakit atau ruam, terutama jika terjadi di daerah selangkangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.