Sukses

Ladies, Waspadai 8 Jenis Makanan yang Tingkatkan Risiko Kista Ovarium

Sejumlah makanan yang perlu dibatasi karena memiliki risiko lebih tinggi dalam menyebabkan kista ovarium.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga pola makan sehat tentu sudah menjadi anjuran yang harus dilakukan setiap harinya. Termasuk bagi para wanita yang begitu rentan terkena kista ovarium. 

Dilansir dari laman Webmd, Rabu (10/5/2023), kista ovarium adalah kantong yang berisi cairan di dalam ovarium Anda. Kondisi ini sebetulnya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, kondisinya bisa berbahaya, ketika kista ovarium pecah, memiliki ukuran yang besar, serta dapat menghalangi aliran darah menuju ovarium.

Dalam beberapa kasus, biasanya seseorang yang mengalaminya tidak menyadari adanya kista ovarium dalam tubuh. Jadi terkadang, kista ovarium baru terdeteksi ketika sudah besar. Anda sendiri sebenarnya bisa mengenali beberapa gejala yang mungkin menjadi tanda adanya penyebab kista ovarium pada tubuh, seperti:

  • Sering buang air kecil
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Sering merasa lelah dan pusing
  • Adanya gangguan siklus menstruasi
  • Nyeri panggul sebelum menstruasi
  • Rasa mual disertai dengan muntah
  • Perut yang selalu terasa kembung

Seandainya Anda memiliki beberapa gejala di atas, sebaiknya segera ke dokter untuk melakukan ultrasonografi (USG). Nah, ada salah satu cara yang bisa dilakukan pengidap kista ovarium untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini juga berlaku buat Anda agar terhindar dari penyakit ini. 

Caranya adalah dengan memperhatikan pola makan. Termasuk menghindari beberapa makanan yang punya risiko lebih tinggi menjadi penyebab kista ovarium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Jadi Penyebab Kista Ovarium

Sejumlah makanan bisa mengganggu kadar hormon dan fungsi ovarium. Hal ini mengakibatkan meningkatnya risiko munculnya kista ovarium. Untuk mencegahnya, ini dia jenis-jenis makanan yang wajib Anda hindari:

1. Makanan cepat saji

Siapa yang tidak suka dengan hamburger dan kentang goreng? Rasanya memang enak, tapi ternyata tidak disukai oleh tubuh.

Ini karena makanan cepat saji mengandung gula serta lemak tinggi yang dapat mengganggu fungsi ovarium serta meningkatkan risiko terjadinya kista ovarium. Selain itu, kandungan pengawet dan kolesterol di dalamnya dapat memperburuk kondisi.

2. Makanan yang digoreng

Yuk, coba batasi konsumsi makanan yang digoreng. Makan gorengan memang lezat, apalagi dimakan saat panas-panas. Akan tetapi, makanan yang diproses dengan cara ini juga tidak baik untuk tubuh. Sebab mengandung lemak tinggi, sehingga asupannya perlu dibatasi sebagai langkah mencegah berbagai penyakit, termasuk kista ovarium. 

3 dari 4 halaman

3. Karbohidrat sederhana

Sehari-hari, kita memang tidak bisa terlepas dari mengonsumsi karbohidrat, termasuk karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana memang sangat mudah diserap oleh tubuh serta akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Nantinya, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon insulin untuk mengatur gula darah.

Namun, terlalu sering mengonsumsinya hormon insulin yang terlalu banyak diproduksi, bisa menyebabkan penurunan fungsinya. Padahal, insulin juga punya peran penting dalam mengontrol kerja ovarium untuk menghasilkan hormon reproduksi. 

Oleh karena itu, batasi konsumsi karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti tawar putih, permen, dan kue kering.

4. Makanan berpemanis

Makanan lain yang bisa menjadi penyebab kista ovarium selanjutnya adalah makanan yang terlalu manis atau mengandung banyak pemanis. Contohnya seperti permen, cokelat, manisan buah, dan donat.

Semua pemanis tersebut juga termasuk dalam karbohidrat sederhana. Oleh karenanya, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berpemanis tinggi, ya.

5. Makanan berlemak

Konsumsi makanan berlemak bukan hanya menyebabkan kenaikan berat badan, bahkan bisa memunculkan kista ovarium. Untuk mencegahnya, coba batasi asupan makanan berlemak, yaitu kulit ayam, keripik kentang, mentega, dan keju.

4 dari 4 halaman

6. Minuman soda

Minuman soda atau berkabonasi memang sangat nikmat, apalagi jika diminum saat cuaca sedang panas-panasnya. Namun, jika Anda ingin menghindari kista ovarium atau bahkan sudah memilikinya, sebaiknya hindari minuman tersebut. Hal ini dapat memperburuk keadaan karena dapat meningkatkan kadar estrogen.

7. Minuman kafein tinggi

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk mengonsumsi minuman berkafein. Minuman berkafein dapat mengganggu kondisi hormon dalam tubuh. Untuk itu, konsumsi secukupnya saja.

8. Daging merah

Sebaiknya coba kurangi konsumsi daging merah jika Anda tidak mau terjangkit kista ovarium. Kandungan kolesterol yang cukup tinggi pada daging merah bisa menyebabkan perkembangan sel abnormal pada tubuh.

Awalnya mungkin memang sulit untuk menghindari beberapa makanan tersebut. Namun, itu semua demi kesehatan Anda, kan. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin supaya kadar hormon tetap stabil dan fungsi ovarium tetap dalam kondisi baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.