Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat yang Akan Anda Dapat Jika Rutin Berenang

Memasukkan berenang ke dalam rutinitas Anda juga dapat menghasilkan banyak manfaat tanpa efek samping negatif. Berikut ini 5 manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat jika berenang secara teratur.

Liputan6.com, Jakarta Berenang adalah metode pelatihan yang mudah dan efisien yang dapat bermanfaat bagi siapa saja tanpa kerumitan. Para ahli mengatakan bahwa berenang setidaknya selama 30 menit atau menyelesaikan 20-60 putaran dapat meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan. 

Memasukkan berenang ke dalam rutinitas Anda juga dapat menghasilkan banyak manfaat tanpa efek samping negatif. Berikut ini 5 manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat jika berenang secara teratur, dilansir dari Brightside.

1. Kualitas tidur Anda mungkin menjadi lebih baik

Latihan aerobik terbukti meningkatkan kualitas tidur, tak terkecuali berenang. Penelitian menunjukkan bahwa berkeringat saat melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Berenang adalah cara terbaik untuk mencapai manfaat kardiovaskular tanpa mengalami keringat berlebih. Dengan berenang, Anda dapat merilekskan seluruh tubuh, termasuk jantung yang berdetak kencang, yang membantu otak Anda tertidur lebih cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Bisa membuat anak lebih pintar

Griffith Institute for Educational Research di Australia baru-baru ini melakukan penelitian yang melibatkan 7.000 anak di bawah usia 5 tahun, membandingkan mereka yang rutin berenang dengan mereka yang tidak. 

Studi tersebut menyimpulkan bahwa anak-anak yang berenang telah meningkatkan keterampilan motorik dan menunjukkan kemampuan untuk belajar bahasa dan matematika dengan lebih cepat. 

Temuan ini menunjukkan bahwa mengenalkan renang pada anak sejak dini tidak hanya dapat membantu mereka mengembangkan teknik berenang yang tepat, tetapi juga meningkatkan kemampuan kognitif mereka.

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan kapasitas paru-paru Anda

Berenang adalah latihan kardiovaskular yang sangat baik karena membutuhkan jantung untuk memompa oksigen ke otot untuk memfasilitasi gerakan. Saat Anda terus berenang, otot Anda membutuhkan lebih banyak oksigen, menyebabkan detak jantung Anda meningkat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Selain itu, paru-paru Anda bekerja lebih keras untuk memasok tubuh Anda dengan oksigen yang dibutuhkan untuk mempertahankan aktivitas, sehingga kapasitas paru-paru meningkat dari waktu ke waktu. Konsistensi dan mengikuti program renang terstruktur sangat penting untuk menuai manfaat penuh dari latihan ini.

4 dari 5 halaman

4. Dapat memperlambat proses penuaan

Meskipun tidak ada yang sepenuhnya dapat membalikkan proses penuaan, berenang dapat memberikan banyak efek positif. Berenang secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan massa otot, meningkatkan oksigen dan aliran darah secara keseluruhan, serta meningkatkan keseimbangan bagi manula. Selain itu, individu yang menderita nyeri sendi dapat melihat peningkatan yang signifikan dengan berenang secara konsisten.

5 dari 5 halaman

5. Ini juga dapat membantu mengatasi asma

Penderita asma mungkin kesulitan berolahraga di udara dingin atau kering karena dapat menyebabkan saluran bronkial di paru-paru mereka berkontraksi, membuat sulit bernapas. 

Namun, berenang adalah olahraga berdampak rendah yang dapat mengatasi masalah ini. Lingkungan kolam renang yang lembap membantu menggantikan kelembapan yang hilang selama pernapasan aktif, sehingga memudahkan penderita asma untuk berolahraga dengan nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.