Sukses

Ladies, Ini Risiko Kesehatan yang Mengintai Anda Jika Menggunakan Produk Kecantikan yang Sudah Kedaluwarsa

Ahli dermatologi terkemuka membahas tentang risiko penggunaan produk kecantikan yang kedaluwarsa. Berikut ini deretan risiko kesehatan yang mengintai jika Anda menggunakan produk kecantikan kedaluwarsa.

Liputan6.com, Jakarta Baik itu makeup, perawatan kulit, atau perawatan rambut, kita semua tentu memiliki produk kecantikan favorit. Namun terkadang, banyak yang menyukai barang-barang ini sampai pada titik di mana sulit untuk berpisah dengannya, bahkan saat mereka melewati masa kedaluwarsanya. 

Begitu mereka mencapai tanggal kedaluwarsa, sesuatu yang jarang kita periksa, mereka mungkin menjadi tidak layak untuk digunakan. Dan menggunakan produk makeup kedaluwarsa dapat berdampak buruk pada kulit, rambut, dan kesehatan kita secara keseluruhan. 

Ahli dermatologi terkemuka membahas tentang risiko penggunaan produk kecantikan yang kedaluwarsa. Umur simpan produk kecantikan bervariasi dari satu produk ke produk lainnya, tetapi kebanyakan dari produk tersebut memiliki tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasannya. 

Tanggal ini menandakan periode di mana produk tetap stabil dan efektif. Setelah periode tersebut, produk mungkin mulai rusak, kehilangan potensinya, dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur.

"Tanggal kedaluwarsa ada pada produk perawatan kulit untuk menunjukkan tanggal sampai produk terbukti stabil dan bebas kontaminasi," jelas dokter kulit Joshua Zeichner, MD. Dia mengatakan menggunakan produk di luar tanggal kedaluwarsa bukanlah "tidak mutlak", tetapi ada beberapa risiko utama. Berikut ini deretan risiko kesehatan yang mengintai jika Anda menggunakan produk kecantikan kedaluwarsa dilansir dari Bestlife.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bisa menyebabkan jerawat atau reaksi alergi

Dermatologist Jeanette Graf, MD mengatakan produk kecantikan kedaluwarsa dapat menyebabkan reaksi alergi, terutama jika diformulasikan dengan bahan yang dikenal sebagai alergen atau iritan.

Ini biasanya terjadi karena bahan aktif dan tidak aktif terurai seiring waktu, komposisi kimianya dapat berubah untuk menimbulkan iritasi dan atau reaksi alergi, jelas dokter kulit Mona Gohara, MD.

Perubahan komposisi kimia ini dapat menyebabkan peradangan, ruam, iritasi, jerawat, dan kemungkinan dermatitis kontak, tambah ahli bedah kulit Dendy Engelman, MD, FAAD.

Gohara mencatat bahwa, sekali lagi, seiring perubahan komposisi kimia, produk yang lebih ringan dapat mengubah sifatnya menjadi lebih berminyak dan menyumbat pori, yang menyebabkan berjerawat.

3 dari 6 halaman

Bisa menyebabkan sunburn

Baik itu tabir surya atau riasan dengan komponen SPF, menggunakan produk ini setelah tanggal kedaluwarsa sangatlah berbahaya. Di situs web mereka, Food & Drug Administration (FDA) AS memperingatkan bahwa tabir surya yang kedaluwarsa tidak memberikan jaminan bahwa mereka tetap aman dan sepenuhnya efektif.

Jika tabir surya Anda tidak menampilkan tanggal kedaluwarsa, itu harus dianggap kedaluwarsa setelah tiga tahun, saran mereka. Engelman menambahkan bahwa tabir surya dengan bahan alami seperti ekstrak tumbuhan biasanya lebih cepat kedaluwarsa dibandingkan dengan yang mengandung bahan pengawet.

4 dari 6 halaman

Bisa menyebabkan infeksi

Ngomong-ngomong soal pengawet inilah yang membantu menangkal bakteri dalam produk kecantikan. Tapi begitu produk mencapai tanggal kedaluwarsa, mereka tidak efektif, dan krim wajah atau alas bedak Anda menjadi lebih rentan terhadap bakteri dan mikroba lainnya, catat Gohara.

"Menerapkan produk yang terkontaminasi ke kulit Anda, terutama jika ada area terbuka, dapat berarti infeksi potensial," Zeichner memperingatkan.

Engelman mengatakan untuk ekstra hati-hati dengan krim mata untuk mencegah infeksi mata yang dapat menyebabkan masalah penglihatan. Hal yang sama berlaku untuk maskara dan eyeliner kedaluwarsa, yang juga dapat menyebabkan bintil jika bakteri masuk, kata Graf kepada health.com.

5 dari 6 halaman

Produk perawatan kulit mungkin tidak berfungsi

Seperti yang kita ketahui, bahan-bahan dalam produk kecantikan mulai rusak mendekati tanggal kedaluwarsa, yang artinya tidak akan seefektif itu. Produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif seperti retinoid, vitamin C, asam hialuronat, dan asam alfa hidroksi akan mulai kehilangan kekuatannya, kata Engelman.

6 dari 6 halaman

Riasan mungkin berubah warna atau menggumpal

Khusus untuk riasan, dokter kulit Kristina Collins, MD mengatakan pigmen warna akan berubah seiring waktu dan tidak akan bertahan lama di kulit. Menurut Mayo Clinic, hal ini sangat bermasalah dengan produk alas bedak. "Semakin lama foundation disimpan setelah dibeli, maka bisa teroksidasi. Oksidasi ini bisa mengubah warna."

Tekstur alas bedak juga bisa berubah, jadi sulit untuk mencapai aplikasi yang merata, tambah Collins. Maskara juga dapat mengubah tekstur dan menjadi sangat menggumpal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.