Sukses

5 Tanda Pasangan Belum Move On dari Mantannya Menurut Pakar Hubungan

Berikut ini tanda-tanda halus pasangan belum move on dari mantannya

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang pernah serius berkencan dengan lebih dari satu orang dalam hidup mereka. Sayangnya, ini berarti Anda mungkin mengetahui bahwa masa lalu pasangan Anda tidak benar-benar ada di masa lalu.

Untuk menghindari patah hati setelah putus cinta, orang akan sering mencoba move on sebelum mereka benar-benar siap—dan hal itu dapat dengan mudah menghancurkan hubungan mereka berikutnya. Lagi pula, tidak ada yang mau mengetahui pasangan mereka masih terpaku pada cinta yang hilang.

Berikut ini tanda-tanda yang harus diwaspadai jika Anda khawatir pasangan Anda tidak melupakan mantannya. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Mereka sepertinya masih berusaha membuat mantan mereka terkesan

Tepat setelah suatu hubungan berakhir, seringkali ada keinginan untuk membuktikan bahwa kita "lebih baik" tanpa mantan pasangan kita. Namun seiring berjalannya waktu, kita melupakan mantan kita, kita cenderung tidak terlalu peduli dengan apa yang mereka pikirkan.

Jadi, jika tampaknya pasangan Anda "masih mencoba membuat mantan mereka terkesan", itu mungkin berarti mereka belum benar-benar pindah, menurut Sarah Watson, seorang psikolog dan COO yang mengawasi penelitian di BPTLAB.

"Apakah mereka sering berbicara tentang seberapa baik mereka dalam beberapa hal daripada mantan? Jika demikian, ini bisa menjadi tanda bahaya bahwa masih ada sesuatu yang melekat pada mereka," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ada banyak pengingat fisik tentang mantan mereka di sekitar

Sebagian besar dari kita sangat menyadari hubungan pasangan kita di masa lalu — jadi hal terakhir yang kita butuhkan atau inginkan adalah terus-menerus diingatkan akan mantan. Namun, ketika seseorang masih terjebak pada mantannya, mereka mungkin lebih cenderung mengingat pengingat fisik orang itu.

"Melihat barang-barang dari masa lalu secara kasat mata bisa menjadi tanda bahwa mereka belum siap melepaskan hubungan mereka sebelumnya," Watson memperingatkan.

Ini tidak selalu sejelas pasangan Anda memegang baju lama mantannya atau foto mereka berdua bersama. Pasangan Anda mungkin juga cenderung membawa Anda ke tempat-tempat yang mengingatkan mereka tentang hubungan mereka di masa lalu, menurut Jennifer Kelman, LCSW, seorang terapis di JustAnswer.

"Jika Anda pergi ke restoran atau tempat menyenangkan lainnya dan pasangan Anda mulai mengenang saat terakhir mereka berada di sana, mungkin mereka mengingat kembali saat-saat yang mereka lalui bersama mantan mereka," jelasnya.

 

3 dari 5 halaman

3. Mereka membuat alasan untuk mantan mereka

Jika pasangan Anda masih memiliki perasaan terhadap mantannya, dia mungkin akan dengan cepat membelanya saat Anda mengkhawatirkannya. Menurut Kelman, Anda mungkin mendapati mereka berusaha membenarkan untuk tetap berhubungan dengan orang itu. Ini dapat bermanifestasi sebagai "membuat alasan untuk mantan jika mereka menghubungi", misalnya.

"Mereka mungkin membuat pernyataan seperti, 'Ibunya sangat sedih kita tidak bersama dan dia mencintai saya dan ingin dia menghubungi saya untuk memberi tahu saya bahwa dia merindukan saya,'" Kelman berbagi.

"Ini memperpanjang kesedihan dan mungkin juga merupakan tanda halus bahwa segala sesuatunya belum benar-benar berakhir dan perasaan masih kuat untuk mantan."

 

4 dari 5 halaman

4. Mereka selalu membandingkan Anda dengan mereka

Wajar jika kita terkadang membandingkan hubungan kita saat ini dengan apa yang kita alami di masa lalu. Tetapi Anda seharusnya tidak merasa percakapan dengan orang penting Anda didominasi oleh perbandingan ini, menurut Watson.

"Jika pasangan Anda terus-menerus berbicara tentang betapa berbeda atau lebih baik hal-hal dalam hubungan mereka sebelumnya, itu adalah tanda yang jelas bahwa mereka belum sepenuhnya pindah," dia memperingatkan.

"Ini mungkin mengkhawatirkan hubungan Anda karena mungkin menunjukkan bahwa mereka perlu diinvestasikan sepenuhnya dalam hubungan saat ini."

 

5 dari 5 halaman

5. Mereka mempermasalahkan tentang melupakan mantan mereka

Kompensasi berlebihan bisa menjadi salah satu tanda paling jelas bahwa pasangan Anda masih terjebak di masa lalu. Seseorang yang benar-benar melupakan mantannya tidak akan terus-menerus mengungkit betapa berlebihannya dia. Dengan mengingat hal itu, perhatikan baik-baik jika pasangan Anda "membuat pernyataan besar" tentang telah pindah, saran Kelman.

"Jika Anda melupakan mantan Anda, maka tidak perlu membuat pernyataan karena itu tidak akan ada di pikiran Anda," jelasnya. "Jika Anda harus membuktikannya, kemungkinan besar Anda masih merindukan atau sarat dengan masalah yang belum terselesaikan di sekitar mantan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.