Sukses

Berapa Lama Sebaiknya Kita Berkencan Sebelum Menikah?

Pernikahan adalah tonggak penting dalam hidup seseorang. Hal ini membuat banyak pasangan bertanya-tanya berapa lama untuk berkencan sebelum menikah atau seberapa cepat terlalu dini untuk melamar.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan manjadi tonggak penting dalam hidup seseorang, tetapi mengambil keputusan akhir untuk menikah dapat menghangatkan hati bagi sebagian orang dan menyusahkan bagi pasangan lain. 

Hal ini membuat banyak pasangan bertanya-tanya berapa lama untuk berkencan sebelum menikah atau seberapa cepat terlalu dini untuk melamar. Sekarang, ingat meskipun ada faktor tertentu yang dapat Anda pertimbangkan, pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang cocok untuk semua, karena setiap hubungan itu unik dan berkembang dengan kecepatannya sendiri. 

Berbagai faktor seperti kepercayaan pribadi, pengaruh budaya, kesiapan individu, dan tingkat komitmen semuanya dapat berperan dalam menentukan waktu yang tepat untuk keputusan penting ini.

Memahami elemen-elemen ini dapat membantu pasangan menavigasi keputusan ini dengan lebih mudah dan percaya diri. Lantas berapa lama Anda harus menjalin hubungan sebelum memutuskan untuk menikah?

Di dunia yang serba cepat saat ini, pertanyaan tentang berapa lama pasangan harus berkencan sebelum mempertimbangkan untuk menikah telah menjadi topik perdebatan yang populer. 

Perspektif masyarakat tentang status hubungan telah berkembang dari waktu ke waktu, sehingga penting untuk mengevaluasi kembali norma dan kerangka waktu tradisional. 

Sementara beberapa pasangan percaya pada romansa angin puyuh yang mengarah ke penyatuan cepat, yang lain menganjurkan pendekatan yang lebih hati-hati meluangkan cukup waktu untuk memahami pasangan romantis mereka secara mendalam. 

Agar lebih aman, idealnya, pakar hubungan menyarankan agar pasangan menghabiskan sekitar 1-3 tahun bersama sebelum terjun ke pernikahan. Dengan membahas perbedaan budaya, preferensi pribadi, stabilitas hubungan, pemahaman, kecocokan, dll, pasangan dapat menavigasi kerumitan dan menentukan garis waktu yang ideal untuk perjalanan mereka menuju pernikahan yang sukses.

Bagaimana Anda Tahu Anda Siap Melamar atau Menikah?

Mari memahami aspek-aspek penting yang memengaruhi waktu ideal yang harus dihabiskan pasangan sebelum memutuskan untuk menikah.

Setelah melalui daftar ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang posisi hubungan Anda saat ini, tetapi Anda juga akan dapat mengenali titik lemah dan bekerja untuk membangun ikatan yang lebih kuat dan tahan lama. Dilansir dari Pinkvilla, Kamis (13/4/2023),  berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anda Berkomunikasi Secara Terbuka Satu Sama Lain

Memiliki kebijakan komunikasi yang terbuka adalah suatu keharusan untuk pernikahan yang sehat dan bahagia. Ketika Anda menciptakan ruang yang aman bagi pasangan Anda untuk berbagi pemikiran dan perasaan mereka tanpa takut dihakimi, Anda sedang menciptakan fondasi agar hubungan itu berkembang. 

Selain itu, berkomunikasi secara terbuka dengan pasanganmu memungkinkan Anda untuk mengenal mereka lebih baik, dan menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda tertarik dengan pendapat dan sentimen mereka. Dengan komunikasi yang tepat, Anda juga dapat mengatasi masalah yang menyebabkan Anda stres atau cemas. 

Dengan melakukan ini, Anda akan dapat mengatasi masalah dengan cara yang konstruktif. Di sisi lain, jika Anda tidak berkomunikasi secara terbuka dengan pasangan Anda, akan ada celah di antara Anda berdua yang akan menyebabkan Anda merasa terputus satu sama lain, yang mengarah ke hubungan yang tidak sehat selama jangka waktu tertentu.

3 dari 6 halaman

2. Anda Menghormati Satu Sama Lain

Menghormati pasangan Anda, terlepas dari situasi atau perbedaan pendapat, adalah elemen yang tidak dapat dinegosiasikan dari hubungan yang sehat. Jadi, sebelum Anda terlalu bersemangat memulai fase baru dengan pasangan, duduk dan renungkan fakta ini. 

Ingat kembali saat-saat di mana Anda mungkin telah membiarkan emosi mengambil alih dan bagaimana Anda mungkin telah menyakiti atau tidak menghormati pasangan Anda dalam prosesnya. Demikian pula, renungkan saat-saat ketika pasangan Anda mungkin tidak menghormati Anda. 

Juga, pikirkan tentang bagaimana Anda masing-masing bereaksi dalam situasi tertentu itu. Pahami, bahwa saling menghormati harus bertahan terlepas dari pilihan hidup, individualitas, kesalahan, dan ketidaksepakatan Anda. 

Yang terpenting, Anda berdua harus tahu bagaimana menjaga rasa saling menghormati itu terlepas dari perbedaan pendapat dan perspektif, dan tidak bermain kotor dengan merendahkan orang lain berdasarkan penilaian Anda.

Jika Anda yakin itu adalah sesuatu yang Anda dan pasangan Anda setujui atau telah kerjakan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil langkah selanjutnya dalam hubungan Anda.

4 dari 6 halaman

3. Anda adalah Sebuah Tim

Menjadi tim atau unit adalah aspek yang sangat penting dari kehidupan pernikahan yang sukses. Jadi, periksa apakah Anda adalah pemandu sorak, sistem pendukung, dan orang kepercayaan satu sama lain.

Juga, periksa seberapa sering Anda membela satu sama lain atau saling melindungi di belakang mereka. Jika Anda adalah sebuah tim, Anda harus dapat mempercayai satu sama lain dan mengutamakan kepentingan terbaik satu sama lain. Jika Anda memiliki motif tersembunyi, Anda belum siap untuk hubungan atau pertunangan jangka panjang.

5 dari 6 halaman

4. Anda Jujur dan Transparan Satu Sama Lain

Kejujuran dan transparansi diperlukan untuk membangun kepercayaan dan mempertahankan hubungan yang langgeng. Jadi, periksa apakah Anda jujur ​​dan transparan dengan pasangan Anda dan sebaliknya. 

Meskipun kami memahami bahwa tidak mungkin untuk berbagi setiap dan segalanya dengan pasangan kami, menyembunyikan informasi relevan yang entah bagaimana dapat menyakiti mereka atau menyebabkan kerugian mereka tidak dapat diterima dalam hubungan yang bahagia.

Jika Anda tidak sepenuhnya tulus dengan pasangan Anda, Anda harus berbagi kebenaran dengan mereka dan memberitahu mereka bahwa Anda mungkin tidak akan bertahan lama.

6 dari 6 halaman

5. Anda Mengenal Satu Sama Lain Luar Dalam

Dipercayai bahwa rata-rata pasangan yang berhasil bertahan melewati "fase bulan madu" cenderung saling mengenal satu sama lain luar dalam. Mereka sangat tergila-gila dan berbagi chemistry yang mendalam satu sama lain.

Mereka tidak hanya benar-benar menikmati kebersamaan satu sama lain, tetapi mereka juga saling memahami tentang apa yang disukai, tidak disukai, ketakutan, rasa tidak aman, dan pola pikir mereka.

Selain itu, pasangan seperti itu menerima satu sama lain apa adanya tanpa penilaian atau ekspektasi yang tidak rasional. Begitu Anda mencapai fase ini, Anda sedang menuju ke level berikutnya yaitu pernikahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.