Sukses

5 Bahasa Cinta dalam Hubungan, Kamu yang Mana?

Bahasa cinta menggambarkan cara orang menerima dan mengungkapkan cinta dalam suatu hubungan.

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa cinta menggambarkan cara orang menerima dan mengungkapkan cinta dalam suatu hubungan. Ada lima bahasa cinta yaitu words of affirmation, quality time, physical touch, acts of service, receiving gifts. 

Mengetahui bahasa cinta pasangan Anda dan memberi tahu mereka bahasa cinta Anda adalah cara untuk membantu Anda berdua merasa dicintai dan dihargai. Seorang penulis Gary Chapman, menjelaskan bagaimana menggunakan bahasa cinta ini untuk menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda peduli pada mereka dengan cara yang menyentuh hati mereka.

Dilansir dari Very Well Mind, Sabtu (18/2/2023), buku Chapman berjudul "The 5 Love Languages" pertama kali diterbitkan pada tahun 1992. Sebelum menulis buku tersebut, Chapman mulai memperhatikan pola pada pasangan yang konseling.

Dia menyadari bahwa pasangan itu salah memahami kebutuhan satu sama lain. Itu membuatnya menemukan lima bahasa cinta, atau cara orang dalam hubungan mengungkapkan cinta, yaitu: 

  • Words of affirmation atau kata-kata penegasan
  • Quality time atau waktu berkualitas
  • Physical touch atau sentuhan fisik
  • Acts of service atau tindakan pelayanan, dan
  • Receiving gift atau menerima hadiah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Words of affirmation

Words of affirmation adalah tentang mengungkapkan kasih sayang melalui kata-kata yang diucapkan, pujian, atau penghargaan. Ketika ini adalah bahasa cinta utama seseorang, mereka menikmati kata-kata dan dorongan yang baik, kutipan yang membangkitkan semangat, catatan cinta, dan pesan teks yang lucu.

Anda dapat membuat orang ini senang dengan memuji mereka atau menunjukkan apa yang mereka lakukan dengan baik.

3 dari 6 halaman

2. Quality Time

Seseorang dengan bahasa cinta ini menginginkan perhatian penuh. Mereka merasa dicintai jika Anda hadir dan fokus pada mereka saat Anda bersama. Ini berarti meletakkan ponsel, mematikan komputer, melakukan kontak mata, dan mendengarkan secara aktif.

4 dari 6 halaman

3. Physical Touch

Seseorang dengan sentuhan fisik sebagai bahasa cinta utamanya merasakan cinta melalui kasih sayang fisik. Selain seks, mereka merasa dicintai saat pasangannya memegang tangannya, menyentuh lengannya, atau memijatnya di penghujung hari.

Gagasan orang ini tentang kencan yang sempurna mungkin termasuk berpelukan di sofa dengan segelas anggur dan menonton film yang bagus. Mereka hanya ingin dekat dengan pasangannya secara fisik.

5 dari 6 halaman

4. Acts of Service

Tindakan pelayanan adalah hal-hal baik yang Anda lakukan untuk pasangan Anda yang membuatnya merasa dicintai dan dihargai, seperti membantu mengerjakan pekerjaan rumah. 

Jika bahasa cinta utama pasangan Anda adalah tindakan pelayanan, mereka akan memperhatikan dan menghargai hal-hal kecil yang Anda lakukan untuknya. Mereka cenderung melakukan tindakan pelayanan dan kebaikan untuk orang lain juga.

6 dari 6 halaman

5. Receiving Gift

Bagi seseorang yang menggunakan dan menanggapi bahasa cinta ini, pemberian hadiah menunjukkan cinta dan kasih sayang. Mereka tidak hanya menghargai hadiah itu sendiri tetapi juga waktu dan upaya yang diberikan oleh pemberi hadiah.

Orang yang senang menerima hadiah sebagai bagian dari bahasa cinta utama mereka tidak selalu mengharapkan hadiah yang besar atau mahal. Hal itu lebih merupakan upaya dan perhatian di balik hadiah yang diperhitungkan.

Saat Anda meluangkan waktu untuk memilih hadiah khusus untuk mereka, itu memberitahu mereka bahwa Anda benar-benar mengenal mereka. Orang dengan bahasa cinta ini sering dapat mengingat setiap hadiah kecil yang mereka terima dari orang yang mereka cintai karena itu berdampak besar pada mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.