Sukses

Top 3: 8 Potret yang Harus Dilihat Lebih dari Sekali Biar Enggak Terkecoh

Artikel tentang deretan potret yang harus dilihat lebih dari sekali biar enggak terkecoh menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak foto ilusi optik yang kerap mengecoh mata siapa saja yang melihatnya. Terkadang kita harus melihatnya lebih dari dua kali agar tak tertipu dengan ilusi optik tersebut. Artikel tentang deretan potret yang harus dilihat lebih dari sekali biar enggak terkecoh menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang deretan potret yang menipu mata. Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang video singa yang tabrak mobil pengunjung Taman Safari Prigen dan menjadi viral di media sosial. 

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ketipu Mata Sendiri, 8 Potret yang Mesti Dipelototin Lebih dari Sekali Biar Enggak Siwer

 

Pernahkah kamu seperti dipermainkan oleh matamu sendiri? Mungkin kamu pernah melihat sesuatu yang sangat membingungkan, sampai-sampai kamu harus mengucek mata dan melihatnya lagi? Kemungkinan kamu telah ditipu oleh ilusi optik.

Mengutip dari Wonderopolis, ilusi optik adalah gambar atau objek yang kita anggap berbeda dari yang sebenarnya. Dengan kata lain, ilusi optik terjadi ketika mata kita mengirimkan informasi ke otak yang menipu kita untuk memahami sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Beberapa ilusi optik bersifat fisiologis. Ini berarti bahwa mereka disebabkan oleh semacam sarana fisik di mata atau otak. Sementara itu, ilusi optik lainnya bersifat kognitif.

Ilusi kognitif terjadi ketika otak kita secara otomatis membuat asumsi berdasarkan informasi yang dikirim mata. Ilusi ini terkadang disebut 'permainan pikiran.' Beberapa contoh ilusi kognitif adalah ilusi ambigu, distorsi, dan paradoks.

Ilusi ambigu adalah gambar atau objek yang dapat dilihat dengan lebih dari satu cara, sementara ilusi distorsi menggunakan teknik berbeda untuk membuat objek dengan ukuran, panjang, atau kelengkungan yang sama tampak terdistorsi.

Selengkapnya…

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 10 Potret yang Menipu Mata, Dilihat dengan Angle Berbeda Malah Bikin Bingung

Dalam hidup, pernahkan Anda melihat sesuatu yang ketika dilihat lagi, ternyata tak seperti apa yang pikirkan awalnya? Bila iya, kemungkinan Anda baru saja melihat ilusi optik.

Mengutip dari nei.neh.gov, ilusi optik adalah sesuatu yang mempermainkan penglihatan Anda. Ilusi optik mengajarkan kita bagaimana mata dan otak kita bekerja sama untuk melihat. Anda hidup di dunia tiga dimensi, jadi otak Anda mendapat petunjuk tentang kedalaman, bayangan, pencahayaan, dan posisi untuk membantu Anda menginterpretasikan apa yang Anda lihat.

Namun saat Anda melihat gambar dua dimensi, otak Anda bisa tertipu karena tidak mendapatkan petunjuk yang sama.

Selengkapnya…

3 dari 3 halaman

3. Viral Singa Tabrak Mobil di Taman Safari, Warganet: Pemiliknya Kok Enggak Marah?

Sebuah video viral menunjukkan momen mobil Yaris berwarna merah ditabrak secara keras oleh seekor singa. Menurut video yang diunggah di Tiktok oleh akun @youkopi107, peristiwa tersebut terjadi di Taman Safari Prigen, Pasuruan.

Video tersebut tampaknya direkam oleh penumpang mobil yang berada di belakang dan menyaksikan kejadian tersebut. Awalnya, video itu menunjukkan deretan mobil yang berjalan perlahan di jalanan Taman Safari Prigen.

Kemudian, kamera mengarah ke arah sekelompok singa di bagian kiri mobil. Tampaknya, terjadi perkelahian antara dua ekor singa jantan yang tengah berebut sesuatu. 

Kedua ekor singa itu berkejar-kejaran menuju jalan raya yang dipenuhi mobil. Salah satu singa kemudian menabrak mobil Yaris berwarna merah secara keras dengan kepalanya. Mobil yang ditabrak oleh singa itu sempat sedikit bergoyang dan kaca lampu belakangnya pecah.

Selengkapnya…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.