Sukses

Kenali Tanda-Tanda Osteoarthritis yang Muncul di Tangan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 9.6% pria dan 18,0% wanita di atas 60 tahun memiliki gejala osteoarthritis di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 9.6% pria dan 18,0% wanita di atas 60 tahun memiliki gejala osteoarthritis di seluruh dunia.

Osteoarthritis, juga disebut penyakit sendi degeneratif atau artritis "keausan," terjadi ketika tulang rawan di dalam sendi yang melindungi ujung tulang mulai rusak seiring waktu.

Melansir dari Times of India, Jumat (10/2/2023), menurut Mayo Clinic, penyakit ini paling sering menyerang persendian di tangan, lutut, pinggul dan tulang belakang. Meskipun kondisinya bisa dikelola, namun tidak bisa di balik. 

Mengutip Creaky Joints, osteoarthritis bisa menyebabkan nyeri, kekakuan (terutama di pagi hari), pembengkakan, dan nyeri sendi di tangan.

Selain itu, nyeri tangan yang terkait dengan osteoarthritis kadang-kadang bisa mengindikasikan kontraktur Dupuytren, suatu kondisi tanpa rasa sakit yang menyebabkan satu atau lebih jari menekuk ke arah telapak tangan.

Lebih jauh lagi, kondisi tersebut bisa membuat tulang ekstra berkembang di persendian, yang juga disebut osteofit.

Gejala osteoarthritis bisa berkembang secara perlahan dan memburuk seiring berjalannya waktu.

Sementara nyeri pada persendian yang terkena bisa menjadi salah satu gejala yang paling umum, kekauan, nyeri tekan, kehilangan fleksibilitas, sensasi kisi-kisi, taji tulang dan pembengkakan juga menjadi tanda osteoarthritis, menurut Mayo Clinic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa yang berisiko?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), usia tua, obesitas, wanita berusia 50 tahun ke atas, memiliki riwayat keluarga radang sendiri dan cedera sendi sebelumnya.

Begitu Anda mengembangkan kondisinya, itu tidak bisa diubah, tapi bisa dikelola seiring waktu. Tapi jika dibiarkan tanpa pengawasan, itu bisa menjadi cukup parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-harimu.

 

3 dari 3 halaman

Cara meredakan nyeri

Bagi mereka yang mengalami osteoarthritis, senam tangan bisa membantu meredakan rasa sakit. Creaky Joints merekomendasikan untuk mengepalkan tangan, yang bisa membantu menjaga mobilitas persendian.

"Mulailah dengan jari-jari Ana lurus dan kemudian perlahan-lahan tekuk tanganmu," mengutip Creaky Joints. Anda juga bisa mencoba mengangkat jari.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memposisikan telapak tanganmu "datar di atas meja." Lalu angkat masing-masing secara perlahan dari meja, kemudian turunkan kembali sebelum menaikkan yang berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.