Sukses

8 Senam Wajah Ini Buat Kulit Anti Keriput dan Tampak Lebih Muda

Ada 8 senam wajah yang dapat Anda lakukan kapan saja untuk membuat wajah terlihat awet muda dan tanpa kerutan.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, otot-otot di wajah kita cenderung melemah dan akhirnya terlihat kendor. Pada saat itu, banyak wanita memutuskan untuk beralih ke operasi plastik. Namun, kami yakin selalu lebih baik mencari solusi alami, seperti yoga wajah.

Jika dilakukan secara teratur, teknik ini dapat mencegah munculnya kerutan sehingga memperlambat proses penuaan.

Untuk membantu Anda menjaga kulit tetap segar dan kencang, ada 8 senam wajah yang dapat Anda lakukan kapan saja untuk membuat wajah terlihat awet muda dan tanpa kerutan. Dilansir dari Brightside, Kamis (9/2/2023), berikut ulasannya. 

1. Lakukan latihan dorongan lidah untuk mendapatkan leher yang lebih kencang 

Latihan ini akan membantu Anda memperkuat otot platysma yang terdapat di bagian depan leher Anda. Miringkan kepala Anda ke belakang dan perlahan tekan lidah Anda ke langit-langit mulut Anda.

Jika Anda melakukan latihan dengan benar, Anda akan merasakan otot-otot di leher Anda menegang. Kembalikan kepala Anda ke posisi alami dan ulangi gerakan ini 10 kali untuk hasil terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Perkuat otot wajah Anda dengan mengangkat sendok

Setelah memastikan gagang sendok bersih, letakkan di antara bibir Anda. Coba angkat sendok dan turunkan kembali hanya dengan menggunakan otot rahang.

Ulangi ini beberapa kali, lalu cobalah tersenyum dengan sendok masih di mulut Anda. Tahan posisi ini hingga 10 detik untuk mengangkat tulang pipi dan memperkuat otot di leher.

3. Angkat alis agar terlihat lebih muda

Saat dahi Anda mulai melorot, alis Anda cenderung turun lebih rendah. Untuk mencegahnya, letakkan jari telunjuk di antara alis dan kelopak mata. Gunakan otot dahi untuk mengangkat alis setinggi mungkin sambil secara bersamaan menarik kulit di bawah alis ke bawah dengan jari.

Ulangi 10 kali di pagi dan sore hari. Perlu diingat bahwa kulit di sekitar mata itu halus, jadi jangan terlalu menekannya.

3 dari 4 halaman

4. Kurangi kerutan di sekitar mata dengan latihan “V”

Ini adalah latihan favorit untuk mengurangi kerutan di sekitar mata. Sentuh kedua ujung alis dengan jari telunjuk dan jari tengah sehingga membentuk huruf ‘V’.

Tekan sedikit dengan jari dan regangkan alis. Setelah itu, lihat ke langit-langit dan angkat kelopak mata bawah Anda.

Ulangi latihan ini 7 kali, sekali sehari. Tidak hanya akan mengurangi kerutan, tetapi juga membantu menghilangkan bengkak di sekitar mata.

5. Lakukan senyum badut untuk mengencangkan wajah

Latihan wajah badut akan memberi Anda pengencangan wajah secara umum. Pertama, buat seringai lebar sambil menjaga bibir tetap rapat seperti senyum badut.

Kerutkan bibir Anda dan dorong dagu ke bawah dengan jari Anda saat bibir tertutup. Dalam posisi ini, ulangi seringai lebar dan tahan selama 5 detik. Lakukan 10 repetisi sehari untuk melihat perbedaannya.

4 dari 4 halaman

6. Cobalah latihan

Pegangan bibir adalah latihan luar biasa lainnya untuk mengencangkan otot wajah Anda. Rekatkan bibir bawah dan atas Anda. Masukkan sendok di antara bibir Anda dan tekan bibir bersamaan.

Cobalah untuk menarik sendok menggunakan kedua tangan. Tahan posisi ini selama beberapa detik sebelum melepaskannya. Ulangi 4 kali lagi untuk mengencangkan rahang dan kulit di sekitar bibir Anda. 

7. Tersenyumlah untuk menghaluskan wajah Anda

Latihan ini dapat membuat keajaiban bagi pipi Anda. Buka mulut Anda sedikit dan tutupi gigi Anda dengan bibir Anda, sehingga tersembunyi. Lalu tersenyumlah selebar mungkin.

Letakkan jari telunjuk Anda di dagu dan miringkan kepala ke belakang untuk membuka rahang, sebelum kembali ke ekspresi alami Anda. Lakukan 7 repetisi setiap hari. Latihan ini akan membantu Anda mengencangkan kulit, terutama di bagian pipi.

8. Angkat wajah bagian bawah dengan sendok

Satu lagi latihan dengan sendok akan membantu Anda mengencangkan dan mengangkat wajah bagian bawah. Miringkan kepala Anda ke belakang dan rentangkan bibir bawah Anda.

Letakkan sendok di bibir bawah Anda dan coba angkat bibir itu dengan sendok di atasnya. Tahan selama beberapa detik lalu lepaskan. Untuk melihat hasilnya, Anda harus mengulangi latihan ini sebanyak 5 kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.