Sukses

Usir Rasa Kantuk saat Belajar dengan Lakukan Beberapa Hal Ini!

Rasa kantuk terkadang muncul di setiap aktivitas yang Anda jalani, tak terkecuali belajar.

Liputan6.com, Jakarta Rasa kantuk terkadang muncul di setiap aktivitas yang Anda jalani, tak terkecuali belajar. Ketika rasa kantuk tiba, hal tersebut dapat menganggu fokus dan mendistraksi proses belajar.

Terdapat beberapa hal yang memicu terjadinya rasa kantuk saat belajar. Mulai dari mengonsumsi makanan yang berlebih senelum belajar, kurang tidur, hingga perut kosong yang menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Jika kondisi tersebut menghampiri Anda, ada beberapa cara mengatasi rasa kantuk saat belajar. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Duduk yang Tegak

Salah satu cara mengatasi ngantuk saat belajar adalah dengan memperbaiki posisi duduk Anda. Pastikan tubuh Anda tetap dalam posisi tegak. 

Posisi tersebut dapat meningkatkan aktivitas saraf simpatetik dalam tubuh. Saraf tersebut memiliki fungsi sebagai pengendali otak agar tetap fokus dalam belajar.

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Anda juga bisa melakukan aktivitas fisik di sela-sela waktu belajar. Anda bisa melakukan gerakan kecil, seperti meregangkan tangan atau kaki.

Selain itu, Anda bisa cuci muka agar terasa lebih segar, berjalan di sekitar ruangan, atau ke luar ruangan hanya untuk menghirup udara segar. Aktivitas tersebut dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar dan rasa kantuk akan hilang.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Untuk mengusir rasa kantuk, Anda dapat mengonsumsi makanan sehat. Sebelum belajar, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, vitamin, dan protein tinggi. 

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan glukosa agar energi tetap terjaga. Kandungan tersebut dapat memicu otak bekerja dengan baik dan tidak mudah ngantuk.

3 dari 3 halaman

4. Pastikan Cahaya Memadai

Anda juga perlu memastikan bahwa cahaya di tempat belajar memadai. Cahaya yang memadai dapat membuat mata tetap lebih terjaga, fokus, dan mudah menerima informasi dari sebuah bacaan. 

Bahkan, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa protein dalam metabolisme akan bekerja ketika tubuh terkena sinar cahaya.

5. Minum Air Putih

Minum air putih juga salah satu cara ampuh dalam mengusir rasa kantuk yang terjadi. Pasalnya, dehidrasi dapat membuat fungsi kognitif Anda terganggu. Fungsi kognitif tersebut merupakan kinerja dari otak dan melibatkan memori, fokus, nalar, serta daya berpikir.

Untuk itu, Anda harus minum air putih yang cukup sebelum belajar. Selain menjaga agar tetap fokus, bisa membantu menghidrasi tubuh Anda dengan baik.

Ketika tubuh Anda sudah tercukupi kebutuhan cairannya, alirah darah ke otak akan berjalan dengan lancar dan baik. So, jangan lupa untuk minum air putih yang kaya akan mineral esensial, ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini