Sukses

4 Tips Membersihkan Sikat Gigi Agar Bebas dari Kuman

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua tentu menggunakan sikat gigi untuk menjaga kesehatan mulut kita. Mulut Anda menjadi bebas kuman setelah menyikat secara menyeluruh, tetapi sikat gigimu kini mengandung semua mikroba dan kuman dari mulutmu. 

Selain itu, beberapa orang menyimpan sikat gigi di kamar mandi tempat kuman dapat berlama-lama di udara. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa membilas sikat gigi dengan air saja tidak cukup untuk menghilangkan mikroorganisme yang terkontaminasi. 

Bakteri ini bahkan dapat tumbuh pada gagang dan bulu sikat gigi dan dapat menyebabkan berbagai infeksi mulut seperti flu atau komplikasi kesehatan lainnya. Pembersihan sikat gigi secara menyeluruh dipastikan dapat mengurangi risiko masalah mulut.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips mudah untuk membersihkan sikat gigi Anda secara efektif. Dilansir dari Pinkvilla, Senin (30/1/2023), berikut ulasannya.

1. Cuci sikat gigimu dengan air panas

Cara paling mudah untuk membersihkan sikat gigimu yakni dengan mencucinya dengan air panas sebelum dan sesudah digunakan.

Ini akan membantu menghilangkan pasta gigi dan partikel makanan secara efektif sambil membuat bulunya empuk dan lembut. Anda dapat menggunakan jarimu dengan lembut untuk membersihkan setiap bulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Masukkan dalam obat kumur anti bakteri

Membenamkan sikat gigi ke dalam obat kumur antibakteri adalah cara lain yang efektif untuk menghilangkan bakteri dan kotoran lain yang ada di bulu sikat.

Biarkan sikat gigimu meresap ke dalam obat kumur selama sekitar 2 menit setelah menyikat gigi. Hal ini dapat membuat sikat gigimu menyusut lebih cepat karena obat kumur ini memiliki bahan keras yang akan membantu mengurai bulunya.

3. Gunakan pembersih gigi palsu

Larutan pembersih gigi palsu diformulasikan dengan bahan antimikroba dan dapat dengan mudah mensterilkan sikat gigimu. Ini membasmi bakteri dan plak yang berkembang di mulut Anda dan dipindahkan ke sikat gigi.

Ambil secangkir larutan pembersih gigi palsu dan biarkan sikat gigimu berada dalam larutan ini selama 90 detik agar lebih higienis.

3 dari 4 halaman

4. Biarkan sikat gigi Anda mengering

Lingkungan yang lembap berfungsi sebagai tempat berkembang biak yang meningkatkan perkembangan bakteri. Berbagai penelitian mengatakan bahwa sikat gigi yang disimpan dalam wadah tertutup atau yang memiliki penutup mengandung banyak bakteri dibandingkan dengan yang dibiarkan di udara terbuka.

Setelah Anda selesai menyikat, pastikan untuk menghilangkan kelebihan air. sapukan jarimu melalui bulu untuk menghilangkan air.

Membersihkan sikat gigi dengan air dingin saja tidak cukup untuk menghilangkan bakteri. Pastikan untuk mengikuti tips yang disebutkan di atas untuk membersihkan sikat gigi secara menyeluruh sambil menjaga kesehatan mulutmu.

4 dari 4 halaman

6 Fakta Unik Sikat Gigi dan Cara Penggunaannya yang Benar

Menyikat gigi secara teratur akan membersihkan kotoran dalam gigi sehingga penyakit tidak akan muncul dan Anda akan menjalani aktivitas menjadi lebih mudah.

Menyikat gigi menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap individu sebelum melakukan aktivitas hingga sebelum tidur. Sepertinya hal yang sederhana untuk dilakukan, tetapi kalian akan terkejut mengetahui bahwa banyak dari kita masih melakukan kesalahan saat menyikat gigi.

Kesalahan-kesalahan yang ditemukan dapat muncul karena kadang orang-orang mengabaikan cara yang sebenarnya benar dan malah meyakini dan menerapkan cara yang salah. 

Untuk itu, perlu adanya informasi tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar. Karena menyikat gigi sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, ketahui enam fakta tentang sikat gigi dan cara penggunaannya, seperti melansir dari The Fact Site.

Menyikat Gigi Setelah Makan

Kalian dapat merusak enamel gigi, lapisan luar gigi dengan menyikat gigi tepat setelah makan. Enamel gigi melemah ketika seseorang mengonsumsi makanan asam seperti daging, pasta, dan ikan.

Dokter gigi menyarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi setelah makan. Ini adalah waktu yang cukup bagi enamel gigi untuk mengeras kembali dan mencegahnya rusak.

Menyikat Gigi Tak Ada Gunanya Bila Berkumur

Kalian menghilangkan bahan aktif dari pasta gigi yang disebut fluoride saat berkumur setelah menyikat gigi.

Setelah dihilangkan, gigi akan rentan terhadap masalah kesehatan mulut seperti kerusakan gigi, penyakit gusi, dan erosi asam. Bahkan menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi masih bisa menghilangkan fluoride.

Meludah adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan kelebihan pasta gigi tanpa menghilangkan fluoride pasta gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.