Sukses

Hanya 21 Menit Berolahraga Dapat Meningkatkan Konsenstrasi Saat Bekerja

Penelitian menunjukkan hanya 21 menit berolahraga dapat meningkatkan konsentrasi saat bekerja

Liputan6.com, Jakarta Mari kita akui, hampir semua dari kita akan tahu perasaan menatap kosong ke layar komputer kita di tempat kerja dan mencoba memaksa otak kita untuk bersiap menulis email penting atau memulai laporan yang terlambat itu.

Dan meskipun Anda sudah minum kopi atau berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor, ada kalanya itu tetap tidak membuat Anda kembali fokus pada apa yang tengah dikerjakan.

Menariknya, sebuah studi baru menemukan ada satu hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi Anda di tempat kerja - dan semuanya bermuara pada menjadi lebih aktif.

Dalam eksperimen unik, merek olahraga ASICS mengundang para responded kompetitif - yang berspesialisasi dalam permainan pikiran termasuk catur dan esports dan yang sangat mengandalkan fungsi kognitif mereka - untuk memulai program latihan.

Menurut laporan Mirror, program ini mencakup kardio dan latihan kekuatan dengan dampak sedang dan melihat para peserta berolahraga selama 150 menit seminggu - atau hanya 21 menit setiap hari.

Temuan membuktikan bahwa setelah hanya empat bulan latihan teratur, pikiran para peserta secara signifikan dipertajam dan mereka tampil pada tingkat kompetitif yang lebih tinggi dalam disiplin pilihan mereka.

Menurut penelitian, peserta mendapat manfaat dari peningkatan fungsi kognitif rata-rata 10%, dengan kemampuan pemecahan masalah meningkat sebesar 9%, memori jangka pendek meningkat sebesar 12% dan kecepatan pemrosesan serta kewaspadaan meningkat sebesar 10%.

Latihan ini juga membantu meningkatkan konsentrasi hingga 33%, yang berarti metode latihan 21 menit juga bisa menjadi kunci untuk membantu Anda keluar dari kemerosotan pekerjaan kantor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga meningkatkan fungsi kognitif

Mengomentari hasilnya, Profesor Brendon Stubbs, yang memimpin percobaan, mengatakan: "Kita semua tahu bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan mental dan fisik kita, tetapi dampaknya terhadap fungsi kognitif kurang dieksplorasi. Kami ingin menguji efek olahraga pada orang-orang yang bergantung pada kemampuan kognitif mereka."

Menurut dia, hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam fungsi kognitif para peserta, termasuk tingkat konsentrasi dan kemampuan memecahkan masalah. Faktanya olahraga merangsang pertumbuhan sel di otak dan dengan cepat meningkatkan aliran darah ke hippocampus dan korteks prefrontal, mekanisme yang memungkinkan kita menyimpan ingatan, memproses informasi dengan lebih baik. dan memecahkan masalah dengan cepat.

"Jika olahraga dapat secara signifikan meningkatkan kinerja mental pemain pikiran profesional, bayangkan apa yang bisa dilakukannya untuk kita semua. Dari meningkatkan fokus saat merevisi ujian atau meningkatkan kewaspadaan sebelum presentasi kerja, olahraga benar-benar dapat meningkatkan kekuatan otak."

Selain fungsi kognitif dan konsentrasi yang ditingkatkan, peserta juga melihat peningkatan 44% dalam tingkat kepercayaan kelompok dan penurunan 44% dalam tingkat kecemasan.

Ada juga peningkatan yang tercatat sebesar 31% dalam skor rata-rata State of Mind dari para gamer yang diuji, karena sebelum penelitian skornya berada di bawah rata-rata 58, tetapi pada akhirnya meningkat menjadi 76.

3 dari 4 halaman

5 Zodiak yang Tak Malu Bermesraan di Depan Umum

Dalam hubungan cinta, ada beberapa hal bisa membuat percikan api tetap menyala, salah satunya ciuman.

Ciuman menjadi bentuk kasih sayang fisik dan intim yang bisa membuat hubungan makin lengket. Terkadang ciuman menjadi sangat pribadi, tapi ada segelintir individu yang suka memamerkan hubungannya di depan umum dengan berciuman.

Mereka bahkan menikmati ciuman di depan umum dan mengaitkannya dengan memamerkan hubungan mereka.

Ternyata tipe individu seperti itu bisa dilihat berdasarkan zodiaknya. Nah, berikut beberapa zodiak yang tak malu bermesraan di depan umum menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Senin (30/1/2023).

1. Aries

Aries dikenal individu yang penuh gairah yang suka memamerkan pasangannya kepada orang-orang. Mereka suka menunjukan kasih sayangnya dengan memeluk dan mencium kapan saja dan di mana saja.

Mereka merasa santai dan tak canggung meski bermesraan di depan umum, karena mereka ingin membuat pasangannya selalu merasa nyaman dan dicintai.

4 dari 4 halaman

2. Gemini

Pemilik zodiak ini dikenal kupu-kupu sosial sehingga mengungkapkan cintanya di depan orang lain, dan itu tidak pernah menjadi masalah baginya.

Gemini lebih suka memeluk pasangannya dan berciuman yang begitu bergairah, yang akan membuat pasangannya dicintai.

3 Leo

Leo dikenal sosok yang suka menjadi perhatian publik. Tak heran jika mereka tidak segan menunjukkan rasa cinta pada pasangannya lewat pelukan maupun ciuman saat di depan umum.

Namun, terkadang mereka lupa mempertimbangkan apa yang diinginkan pasangannya.

4. Scorpio

Scorpio adalah individu yang misterius dalam banyak hal. Tapi soal cinta, mereka suka mengekspresikan emosinya kepada pasangannya, di mana pun tempatnya.

Mereka bahkan tak ragu mencium pasangannya di depan umum jika pasangannya menginginkannya.

5. Pisces

Pisces dikenal sosok yang sensitif dan emosional yang hanya menginginkan cinta pasangannya. Mereka tipe individu yang mengungkapkan cinta melalui ciuman.

Pemilik zodiak ini bergantung pada ciuman untuk merasa nyaman, jadi bukanlah masalah besar jika mereka melakukannya di depan umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.