Sukses

Akhir Pekan Bersama Keluarga, Ini 10 Rekomendasi Theme Park di Indonesia

Menyambut akhir pekan, Anda bisa berlibur bersama keluarga dengan pergi ke theme park yang seru. Berikut ini 10 rekomendasi theme park di Indonesia yang bisa dikunjungi di akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, tak terkecuali bagi mereka yang sudah memiliki keluarga. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan bersama orang tersayang.

Salah satu agenda menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga saat akhir pekan adalah berwisata ke theme park atau taman hiburan. Di Indonesia, terdapat puluhan theme park yang bisa Anda jelajahi bareng keluarga.

Umumnya, theme park di Indonesia tidak hanya dikunjungi untuk mencari hiburan atau seru-seruan semata. Namun, banyak theme park dibangun sebagai sarana edukasi bagi anak-anak dan pelajar. Tak cuma di wilayah Jabodetabek, theme park di Indonesia juga tersebar hingga Bali yang tak kalah serunya.

Selain wahananya yang beragam, theme park di Indonesia juga memiliki Harga Tiket Masuk (HTM) yang bervariasi. Lantas, sudahkah Anda punya rencana ingin berlibur kemana akhir pekan ini?

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 10 rekomendasi theme park di Indonesia yang bisa Anda kunjungi di akhir pekan bersama keluarga:

Jakarta dan Sekitarnya

1. Dufan

Siapa yang tak mengenal theme park terpopuler di Indonesia yang satu ini? Ya, Dunia Fantasi (Dufan) Ancol ini memang terkenal sebagai salah satu destinasi liburan favorit bagi banyak orang. Disini, Anda bisa menjajal beragam wahana yang seru hingga memicu adrenalin. Mulai dari bombom car, roller coaster, hingga Histeria. Anda bisa menikmati keseruan di Dufan dengan membayar HTM Rp 230-300 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jakarta dan Sekitarnya

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Tujuan dibangunnya tempat wisata ini adalah untuk memperkenalkan kebudayaan dan kekayaan alam kepada setiap warga Indonesia maupun luar negeri. Sempat ditutup beberapa waktu lalu karena revitalisasi, kini TMII dibuka kembali dengan wajah baru yang lebih tertata.

Selain terdapat anjungan dari berbagai daerah di Indonesia, Anda juga bisa mengunjungi museum dan taman burung. Untuk HTM-nya, Anda perlu membayar Rp 25.000 saja.

3. BSD XTreme Park

Untuk Anda yang tinggal di kawasan Tangerang, Anda bisa mengajak keluarga menikmati akhir pekan di BSD XTreme Park. Disini Anda bisa berolahraga seru seperti main paintball, gokart, skateboard, dan panahan. Selai itu, terdapat area bike park yang bisa digunakan untuk bermain sepeda dengan lima trek seru. Di antaranya Slopestyle track, Dirt Jump track, Pump track, Cross Country track, serta Foam Pit. HTM-nya Rp 15 ribu hingga 125 ribu.

 

3 dari 5 halaman

Jawa Barat

4. Jungle Land Adventure

JungleLand Adventure Theme Park merupakan taman rekreasi dan bermain yang terletak di Kawasan Sentul Nirwana, Bogor. Destinasi wisata ini menawarkan puluhan wahana bermain yang terbagi menjadi empat zona. Taman rekreasi berlatar Gunung Pancar ini memiliki wahana bermain yang cocok untuk beragam usia.

Setiap zona memiliki konsep unik masing-masing, yakni Zona Mysteria, Zona Carnivalia, Zona Tropicalia, dan Zona Explora. Hampir semua zona memiliki wahana yang mampu memacu adrenalin. Namun, Zona Explora berbeda dari yang lain dengan memperkenalkan berbagai jenis binatang unik hingga dinosaurus. Harga Tiket Masuk (HTM) ke Jungle Land Adventure adalah Rp 55 ribu hingga 245 ribu.

5. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari terletak di Jalan Raya Puncak Km 77 Cilember, Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Kawasan Taman Wisata Matahari atau TWM Park merupakan destinasi wisata yang sesuai untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Banyak wahana permainan di tempat wisata yang dibangun dengan konsep Recreation and Education Park di tengah udara yang sejuk khas puncak. Untuk bisa berlibur disana, Anda harus membayar HTM sebesar Rp 60 ribu hingga 150 ribu.

6. Dago Dream Park

Dago Dream Park adalah wisata kekinian di Kota Bandung dengan luas 13 hektar. Disana terdapat ragam wahana outdoor yang seru dan menantang. Tempat ini juga memiliki banyak jenis spot untuk berfoto yang keren dan instagramable.

Tempat wisata ini mengusung konsep Jawa, Sunda, dan Bali yang dilengkapi berbagai fasilitas dan wahana yang menarik setiap pengunjung. Selain konsep yang unik, tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang sejuk dan indah. Pasalnya, area ini dikelilingi oleh hutan pinus yang masih asri dan alami, serta udara yang segar. HTM-nya sebesar Rp 30 hingga Rp 35 ribu.

 

4 dari 5 halaman

Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jogjakarta

7. Jatim Park

Jatim Park merupakan tempat wisata keluarga dan taman belajar yang terletak di Kota Batu. Destinasi wisata ini berada sekitar 20 km barat Kota Malang, dan telah menjadi ikon dari wisata Jawa Timur.

Ada banyak wahana yang bisa Anda coba di Jatim Park seperti Flying Tornado, Sky Swinger, hingga Funtastic Swimming Pool. HTM Jatim Park sebesar Rp 100 hingga 160 ribu.

8. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park saat ini menjadi salah satu tempat wisata modern yang cukup favorit di Jawa Tengah. Tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan.

Banyaknya wahana yang tersedia menjadi daya tarik tempat wisata ini. Dikutip dari laman resminya, terdapat 25 wahana tematik yang bisa dinikmati sambil berkeliling di tempat wisata seluas 12 hektare. Anda bisa bermain disini dengan membayar HTM sebesar Rp 120 hingga Rp 150 ribu.

9. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark, sebuah destinasi wisata modern yang seru mirip seperti Dufan yang ada di Jakarta. Di sini terdapat beragam wahana seru yang dapat Anda mainkan.

Bedanya di Sndu Kusuma Edupark terdapat beberapa wahana yang memberikan edukasi seperti Omah Musik, Miniatur Candi Prambanan, serta Omah Batik dan mainan tempo doeloe, dan yang lainnya. HTM-nya sebesar Rp 30 hingga 80 ribu.

 

5 dari 5 halaman

10. Bali Wake Park

Jika Anda berencana berkunjung ke Bali bersama keluarga, tidak ada salahnya menikmati serunya bermain di Bali Wake Park & Aqualand. Wisata air di Bali ini memang tergolong baru dan menawarkan berbagai aktivitas seru untuk seluruh anggota keluarga.

Terlebih tempat wisata Bali Wake Park & Aqualand ini memiliki berbagai wahana sesuai usia, termasuk beberapa wahana ekstrem yang memanjakan para pecandu adrenalin. Untuk HTM-nya, Anda perlu membayar sebesar Rp 200 hingga 400 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.