Sukses

5 Cara Menghindari Insecure dengan Self Love, Segera Terapkan!

Rasa insecure pada diri sendiri memang kerap muncul mengganggu pikiran dan perasaan, terutama saat ada hal atau kejadian yang membuat kamu merasa belum puas.

Liputan6.com, Jakarta Rasa insecure pada diri sendiri memang kerap muncul mengganggu pikiran dan perasaan, terutama saat ada hal atau kejadian yang membuat kamu merasa belum puas. Meski setiap orang di dunia seakan-akan dipaksa untuk menjadi yang terbaik, namun lebih baik bagi dirimu untuk mengetahui batasan.

Tujuannya untuk menghindari rasa cemas dan khawatir yang berlebih mengenai capaian diri sendiri. Karena sejatinya, setiap orang itu memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Saat kamu ahli di bidang seni lukis, jangan minder jika melihat temanmu diberi apresiasi karena baru saja menjuarai lomba matematika antar kelas. Itu memang bukan keahlianmu.

Daripada kamu terus memikirkan pencapaian orang lain, lebih baik fokus saja pada perkembangan skill yang kamu minati. Jadikan itu sebagai cara buat mencintai diri sendiri sambil melakukan hal yang kamu cintai.

Lantas bagaimana cara agar terhindar dari rasa insecure dengan self love? berikut selengkapnya dilansir dari Healthline:

1. Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain  

Sejak dari kecil manusia memang sudah diajarkan untuk berkompetisi, semuanya dididik untuk belajar agar dapat meraih ranking 1 di kelas. Dari situlah muncul kebiasaan untuk membandingkan diri. Apakah cara pendidikannya salah? Tentu tidak. Kamu hanya sedang dibimbing untuk menemukan pelajaran apa yang kamu gemari.

Tapi jika sampai dewasa kamu masih memiliki kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain, itu yang berbahaya. Intinya jika kamu sudah menemukan apa yang menjadi keahlianmu, fokuskan saja untuk mengembangkan skill tersebut. Korbankan waktu, pikiran, dan raga untuk membuat dirimu semakin mahir di bidang tersebut.

2. Jangan Khawatirkan Pendapat Orang  

Semakin sering kamu khawatirkan pendapat orang lain, semakin kamu minder terhadap diri sendiri. Kamu tidak bisa membuat semua orang bahagia dengan mengikuti kemauannya. Itu hanya akan membuang-buang waktu, dan memperlambat proses menjadi versi terbaik dirimu.

Cara instan untuk berhenti mengkhawatirkan pendapat orang lain adalah dengan berhenti bermain media sosial. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun media sosial juga dapat membahayakan mental health jika tidak bijak dalam menggunakannya. Sebab kamu hanya akan fokus pada kehidupan orang lain yang bahkan tidak berperan dalam keseharianmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mengikuti Kemauan Diri Sendiri 

Jika kamu sibuk mengikuti kemauan orang lain mengenai dirimu, percayalah itu tidak akan ada habisnya. Selama hal yang kamu gemari memiliki manfaat yang baik, maka lakukan saja. Berhenti menuruti kemauan teman, kekasih, bahkan orang tua, jika itu menghambat proses pendewasaanmu.

Setiap orang berhak untuk menentukan arah hidupnya, yakinkan orang-orang sekitar bahwa kamu akan bertanggung jawab atas keputusan yang telah dibuat. Namun, pastikan dulu kamu sudah mempertimbangkan semua aspek kemungkinan buruk yang dapat terjadi, agar tidak jadi bumerang di kemudian hari.

4. Menjaga Kesehatan Tubuh  

Cara terhindar dari insecure dengan mencintai diri sendiri selanjutnya adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Dengan memiliki tubuh yang sehat akan lebih memancarkan aura positif dalam berkegiatan sehari-hari, membuatmu tampil lebih percaya diri di depan umum.

Berikan hadiah terbaik bagi tubuh dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, lebih membiasakan diri untuk minum air putih, dan beristirahat yang cukup. Agar lebih sehat, jauhi juga kebiasaan merokok dan minuman beralkohol.

3 dari 3 halaman

5. Jadikan Kesalahan Sebagai Pelajaran 

Terakhir, buat dirimu untuk memandang sebuah kesalahan sebagai pelajaran. Tidak ada yang sempurna dalam kehidupan ini, maka jangan menyalahkan diri sendiri saat kamu melakukan kesalahan. Bergerak maju dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari.

Itulah 5 cara terhindar dari rasa insecure dengan menerapkan self love dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan bisa mengurangi rasa insecuremu.

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.