Sukses

Ternyata Ini Alasan Perempuan Sering Merasa Lapar Saat Datang Bulan

Kenapa ya perempuan yang sedang datang bulan (menstruasi) sering merasa lapar

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasa lapar tak berkesudahaan saat datang bulan? Perasaan lapar atau memiliki keinginan makan banyak saat menjelang dan saat menstruasi merupakan suatu yang wajar dan lazim terjadi.

Melansir Cosmopolitan, pendiri The Harper Clinic dan Valerie Agyeman RD, Dr Shahzadi Harper, mengatakan bahwa merasa lapar saat menjelang dan sedang datang bulan adalah hal wajar. 

"Sangat normal dan sangat umum untuk merasa lapar saat menstruasi, serta pada hari-hari menjelang itu," kata Harper yang juga ahli diet kesehatan wanita serta pendiri Flourish Heights.

Rasa lapar yang timbul sebelum dan saat datang bulan terjadi karena hormon progesteron cenderung lebih dominan dibandingkan dengan hormon estrogen. 

Tak hanya lapar, wajar juga jika Anda merasakan mengantuk dan perubahan suasan hati yang cepat.

Meski dirasa wajar merasa lapar saat datang bulan, tapi Anda harus waspada saat rasa lapar terus terjadi sepanjang sikuls datang bulan.

Hal ini terjadi karena adanya tiroid yang sangat aktif, yaitu rasa lapar yang disertai dengan gejala lain seperti gemetar, berat badan tidak bertambah, dan jantung yang berdebar.

Sehingga Anda harus memeriksakannya ke dokter, jika Anda merasakan gejala seperti itu.

"Jika Anda juga memperhatikan salah satu dari ini (gejala), penting untuk memeriksanya" ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hormon yang Mempengaruhi Nafsu Makan

Hormon merupakan zat kimia yang bertindak seperti molekul pembawa pesan dalam tubuh, yang dilansir dari Kids Health.org. 

Hormon bertugas untuk mengontrol berbagai perubahan yang terjadi dalam tubuh selama siklus datang bulan.

Perubahan kadar hormon beirkut dapat mempengaruhi nafsu makan saat menjelang atau sedang datang bulan, melansir Very Well Mind:

1. Estrogen

Pada hari-hari menjelang menstruasi, estrogen mulai menurun. Estrogen adalah hormon yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menekan nafsu makan. Penurunan estrogen dapat meningkatkan rasa lapar Anda. 

2. Progesteron

Selama menjelang datang bulan, kadar progesteron Anda juga turun tetapi tetap menjadi hormon dominan dalam tubuh Anda. 

Progesteron bertanggung jawab untuk merangsang nafsu makan Anda, yang menyebabkan Anda merasa sangat lapar.

 

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

3. Kortisol

Kortisol adalah hormon stres yang dapat memengaruhi nafsu makan Anda. Sebuah meta-analisis yang diterbitkan pada tahun 2020 menunjukkan bahwa wanita dalam fase folikuler memiliki kadar kortisol lebih tinggi daripada wanita dalam fase luteal. 

Fase folikuler merupakan fase awal atau fase pada hari ke 1–14 dalam siklus datang bulan Anda. Fase folikuler dimulai pada hari pertama haid Anda dan berakhir dengan ovulasi saat sel telur melepaskan diri dari ovarium. Sedangkan fase luteal merupakan fase akhir datang bulan. 

Tingkat kortisol yang tinggi dalam tubuh dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan yang menimbulkan rasa makan berlebihan, dan keinginan untuk mengonsumsi makanan enak yang tinggi lemak dan manis.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Lapar Saat Datang Bulan

Berikut 4 cara mengatasi rasa lapar saat datang bulan, melansir Very Well Mind:

1. Olahraga yang teratur

Olahraga dikenal dari meningkatkan kesehatan mental hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu, manfaat olahraga sudah cukup dikenal.

Sebuah studi yang mengamati dampak pandemi COVID-19 terhadap kebiasaan makan menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat dikaitkan dengan keputusan makan yang lebih sehat.

Secara khusus, anda yang lebih aktif nberolahraga cenderung makan lebih sedikit gorengan dan makanan manis.

2. Pertahankan diet seimbang

Pastikan Anda mengonsumsi banyak protein tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian selama siklus datang bulan. Minimalkan asupan makanan olahan, lemak jenuh, kafein, garam, dan alkohol.

Hal itu harus dilakukan, lantaran makanan yang Anda konsumsi berkaitan dengan hormon yang diproduksi dan dilepaskan di dalam tubuh Anda.

Sehiingga pola makan yang penuh dengan makanan padat nutrisi dapat membantu menyeimbangkan hormon dan menahan rasa lapar.

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

3. Tetap terhidrasi

Minum banyak air sesuiai anjuran 2 liter per hari atau 8 gelas per hari. Orang sering mengacuhkan tanda-tanda dehidrasi dengan rasa lapar.

Hla itu terjadi karena perasaan haus terlalu mudah terhiraukan dibandingkan dengan rasa lapar. Jadi sebelum Anda banyak makan, cobalah minum segelas air dan lihat apakah Anda benar-benar merasa lapar atau hanya haus saja.

4. Pilih camilan yang sehat 

Es krim atau donat biasanya dicari banyak orang saat datang bulan. Sebagai gantinya, pilihlah camilan sehat yang tidak menyebabkan kadar gula darah naik. Seperti yogurt rendah lemak, keju, kacang-kacangan, buah, sayuran, dan roti gandum dengan selai kacang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.