Sukses

6 Fakta Unik Film Home Alone yang Kerap Meriahkan Natal, Mulai Plagiat hingga Nostalgia Iklan Google

Film yang dirilis pada tahun 1990 ini sangat ikonis dengan nuansa Natal.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu film populer di waktu Natal adalah Home Alone yang dirilis pada 1990 silam. Film ini berhasil melejitkan nama Macaulay Culkin, sang aktor pemeran Kevin McCallister. 

Film tersebut pun dinilai sangat ikonis dengan nuansa Natal, kaya nilai pendidikan, dan dapat ditonton oleh seluruh keluarga. Sehingga tak ayal, film Home Alone menjadi pilihan favorit untuk mengisi waktu luang di hari spesial ini.

Home Alone digarap oleh Chris Columbus, yang juga membuat film-film berunsur Natal lainnya seperti Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001), Christmas with the Kranks (2004), dan The Christmas Chronicles 2 (2020).

Home Alone berbudget sekitar US$18 juta dolar, dan berhasil meraup pendapatan lebih dari US$476 juta dolar setelah selama 12 minggu berhasil menduduki posisi pertama Box Office. 

Dengan kesuksesan itu, film Home Alone berhasil menjadi film terlaris kedua di tahun 1990, mengalahkan Pretty Woman, Back to the Future Part III, dan Die Hard 2. Home Alone hanya berada di bawah film Ghost karya Jerry Zucker, yang saat itu berhasil meraup pendapatan lebih dari US$505 juta dolar.

Dilansir The Sun, Minggu (25/12/2022), pendapatan itu juga berhasil mengantar Home Alone mencetak rekor lain yang lebih mengesankan, yakni tercatat dalam Guinness World Records sebagai film live-action komedi terlaris sepanjang masa saat itu.

Selain dari sisi komersial, Home Alone juga memiliki beberapa fakta unik yang kebanyakan orang belum tahu. Berikut lima fakta unik tersebut dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Plagiarisme

Home Alone bercerita mengenai seorang bocah laki-laki bernama Kevin McCallister. Saat keluarganya pergi liburan Natal ke Paris dan secara tidak sengaja meninggalkan dirinya sendirian di rumah, Kevin harus menjaga rumah beserta dirinya dari dua pencuri yang konyol.

Ternyata, cerita Kevin ini dianggap sebuah plagiarisme dari film thriller Prancis berjudul 3615 code Père Noël atau Deadly Games yang dirilis pada 1989.

Sutradara sekaligus penulis filmnya, René Manzor, menyebut Home Alone telah membuat ulang filmnya tanpa persetujuan.

Dari sinopsis, 3615 code Père Noël bercerita mengenai bocah laki-laki bernama Thomas de Frémon yang di rumah bersama kakeknya yang sudah lanjut usia dan harus menangkis orang-orang jahat yang memasuki rumah berpakaian seperti Sinterklas. 

Untuk menghalang mereka, Thomas memanfaatkan sistem keamanan dan mempersiapkan berbagai jebakan.

3 dari 7 halaman

2. Novel dan Komik

Ternyata Home Alone tidak hanya hadir dalam versi film saja, tetapi juga versi lain. Di tahun 1990 bertepatan perilisan filmnya, Home Alone dibuat menjadi novel oleh Todd Strasser.

Lalu pada 6 Oktober 2015, untuk merayakan ulang tahun ke-25 film tersebut, sebuah buku bergambar mengenai Home Alone dirilis oleh Kim Smith dan Quirk Books.

 

4 dari 7 halaman

3. Banyak Ditonton di Polandia

Home Alone menjadi film yang paling sering diputar di dunia saat waktu Natal tiba. Salah satu contoh negara yang dekat dengan film ini adalah Polandia.

Tercatat pada 29 Desember 2000, sebanyak 8,9 juta orang menonton Home Alone yang disiarkan melalui stasiun televisi Polsat.

Lalu sekitar 4 juta orang menonton Home Alone pada malam Natal tahun 2017 dan peningkatan menjadi 4,51 juta penonton pada malam Natal tahun 2018.

Perlu diketahui bahwa saat ini Polandia memiliki jumlah warga sekitar 37 juta orang.

5 dari 7 halaman

4. Adik Asli

Dalam Home Alone, Macaulay Culkin ternyata melibatkan adik kandungnya untuk ikut berperan, yakni Kieran Culkin sebagai sepupu Fuller McCallister. Dirinya juga tampil di sekuel, Home Alone 2: Lost in New York (1992).

Di industri, Kieran Culkin telah tampil di beberapa judul terkenal seperti Scott Pilgrim vs. the World (2009), serial Fargo (2015), dan serial Succession (2015) yang mengantarkan dirinya nomminasi Emmy Awards dan Golden Globe.

 

6 dari 7 halaman

5. Nominasi Bergengsi

Kesuksesan Home Alone ternyata tidak hana di sisi komersial, tetapi juga sisi kritikus. Terbukti film ini berhasil masuk nominasi bergengsi seperti Golden Globe dan Academy Awrds atau yang dikenal dengan Oscar.

Di Golden Globe, Home Alone mendapatkan nominasi  Best Motion Picture kategori Musical or Comedy. Lalu di Academy Awards mendapatkan nominasi Best Original Score dan Best Original Song.

Home Alone juga mendapatkan nominasi Grammy Awards, yakni nominasi Best Song Written Specifically for a Motion Picture or for Television untuk lagu 'Somewhere in My Memory'.

7 dari 7 halaman

6. Iklan Google

Setelah bertahun-tahun perilisannya, film berdurasi 103 menit ini masih memiliki tempat di hati para penggemarnya. 

Mengetahui hal itu, Google pun membuat ulang sedikit adegan film ini pada 2018 lalu seraya sedikit nostalgia bersama para penggemar.

Di video itu Kevin terlihat menggunakan berbagai fitur Google untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mengecek kalender, mengatur pengingat, memesan pizza, dan mengatur temperatur suhu rumah. Hal-hal yang di film aslinya Kevin lakukan dengan tangan sendiri.

Lalu saat mobil penjahat terlihat berhenti di depan rumah, Kevin meminta Google mengaktifkan 'Operasi Kevin' yang menunjukkan kemampuan interaksi sistem keamanan berteknologi. Para penjahat pun langsung kabur ketakutan tanpa perlu Kevin dibuat ribet.

Secara keseluruhan, iklan ini ingin memamerkan betapa canggih dan pentingnya Google Assistant. Merespons video ini, kebanyakan penggemar mengaku senang dengan konsep iklan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.